Tips Sukses Memulai Usaha Laundry

 

Usaha laundry


Usaha laundry bisa dibilang peluang usaha yang menguntungkan di era yang serba cepat ini, kenapa begitu? karena saat ini banyak dari kita menganggap mencuci ialah pekerjaan yang melelahkan dan cukup menguras tenaga dan juga waktu. Mengingat repotnya proses mencuci mulai dari memilah-milah warna pakaian dan juga jenisnya, harus teliti saat ada noda membandel, mengucek dan menyikat, sampai jemur-jemur. 

Pastinya begitu melelahkan apalagi kalau proses mencuci ini nggak dilakukan tiap hari, sudah bisa dipastikan pakaian bakal menumpuk. Belum lagi saat masuk proses menyetrika yang membutuhkan niat kuat dan mood yang bagus, kalau nggak gitu bisa-bisa acara menyetrika hanya wacana karena lebih memilih rebahan sambil scroll Tiktok. Kalau ini memang saya banget, hehehe

Selain Tiktokan, saya juga sering tergoda nonton drama Cina. Beberapa judul yang saya tonton biasanya saya dapat dari blog Curhat si Ambu yang sering mengulas tentang dracin. 

Makanya saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk membawa permasalahan baju kotor ini ke jasa cuci baju (laundry) karena dirasa lebih efektif dan efisien.

Dari pengalaman tersebut, apa kalian akhirnya punya ide untuk membuka usaha laundry di rumah? Usaha laundry bisa dibilang peluang usaha jangka panjang karena selalu memiliki peminat apalagi kalau kita sudah punya pelanggan tetap. Nah buat yang pengen tau bagaimana cara memulai bisnis laundry, yuk simak selengkapnya.


Peralatan yang diperlukan Untuk Usaha Laundry

Usaha laundry merupakan usaha jasa cuci untuk pakaian, selimut, karper, boneka, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha laundry ini kita membutuhkan modal awal untuk membeli beberapa peralatan, diantaranya:

  • mesin cuci
  • pengering
  • timbangan
  • sabun cuci dan pewangi
  • jemuran dan hanger
  • keranjang
  • setrika dan papan setrikaan
  • plastik kemasan
  • alat tagging


Jenis-jenis Usaha Laundry

Usaha laundry dibedakan beberapa tipe, diantaranya:

Laundry Kiloan

Laundry kiloan ialah jasa cuci konvensional untuk jenis pakaian, selimut, bad cover, dan berbagai jenis lainnya. Jenis ini biasanya menggunakan paket kiloan yang jatuhnya lebih murah dari pada jasa satuan. Target marketnya, biasanya masyarakat yang tinggal di daerah dekat kampus atau perkantoran.

Laundry Koin (Laundromat)

Dulu kita hanya tau laundry jenis laundromat ini hanya ada di luar negeri saja, tapi semakin kesini laundry jenis ini mulai ada banyak di mana-mana. Laundromat ini sendiri merupakan laundry dengan sistem self service, jadi customer memproses cuciannya secara mandiri tanpa melibatkan pekerja laundry, untuk pengoperasian mesinnya customer tinggal memasukkan koin.

Kelebihan laundry koin ini biasanya harganya relatif lebih terjangkau karena tidak perlu membayar jasa pegawai, untuk proses pengerjaannya juga lebih cepat antara 1 - 2 jam saja.

Laundry Hotel

Sesuai dengan namanya, laundry hotel ini hanya mengambil orderan dari hotel saja. Laundry hotel biasanya melayani pencucian seprei, bed cover, selimut, handuk, dll yang berhubungan dengan perlengkapan hotel. Dan untuk mendapatkan pelanggan kita hanya bisa menjalin kerja sama dengan suatu hotel.  


Tips Sukses Usaha Laundry

Buat para pemula, kalian bisa simak tips sukses usaha laundry berikut ini.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk memulai usaha laundry, hal utama yang perlu dipikirkan dengan matang ialah memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis memudahkan customer untuk datang ke laundry kita, biarpun melayani jasa antar jemput tapi kalau lokasinya jauh maka biaya operasionalnya akan membengkak.

2. Tentukan Harga yang Sesuai

Tentukan harga yang sesuai seperti yang ada di pasaran, jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu murah. Saat kita memasang harga terlalu tinggi, maka customer akan memilih pindah ke tempat lain. Tapi sebaliknya, saat kita mematok harga terlalu rendah, maka kita akan rugi.

3. Desain Tempat yang Menarik

Mendesain tempat usaha laundry yang menarik bakal membuat laundry mu memiliki kesan terpercaya dan berkualitas. Mendesain tempat usaha yang cantik tak hanya membuat customer nyaman tapi juga bisa meningkatkan nilai lebih dari pada tempat lain.

4. Berikan Promosi Menarik

Promosi yang menarik bakal bikin customer senang, jadi selain memberikan layanan antar jemput kalian juga bisa memberikan promosi dengan menawarkan paket cuci setrika, paket cuci express, dll. Selain itu, kalian juga bisa mengamati kompetitor sebagai tolak ukur dalam mengembangkan bisnis kita. Amati cara pengoperasionalan sampai pelayanan pada pelanggan demi mengevaluasi bisnis kita.


Kelebihan Usaha Laundry

  • Usaha laundry termasuk jenis usaha yang tidak membutuhkan skill khusus, karena umumnya mencuci dan menyetrika baju sudah biasa kita lakukan di rumah.
  • Bisa dikerjakan di rumah aja. Jadi kalaupun kita tidak punya tempat usaha khusus, kita tetap bisa menjalankan usaha ini dari rumah aja.
  • Mudah dijalankan karena tidak membutuhkan peralatan yang sulit.
  • Pendapatan yang lumayan, terutama kalau kita sudah punya pelanggan tetap.

Jadi teman, itulah tadi tips sukses memulai usaha laundry yang bisa kalian terapkan. Semoga tips ini membantu buat kalian yang sedang punya rencana buka usaha laundry ya. Semoga sukses..

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Tips Sukses Memulai Usaha Laundry"

Comment Author Avatar
temenku di Bali banyak banget yang buka jasa laundry juga, sangat menguntungkan :D