Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus 14, Zephyrus 16, dan TUV Gaming 15 Terbaik Untuk Gamers

Laptop gaming asus terbaru

Laptop gaming yang tipis, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana, dengan tampilan yang kece dan stylish abis, punya spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang gaya hidup para kreator. Laptop gaming ASUS jawabannya! 


Baru-baru ini, ASUS meluncurkan laptop gaming terbarunya yaitu ROG Zephyrus Series, ROG Strix, dan TUF Gaming. Beruntungnya saya berkesempatan hands on series terbaru ini dalam acara ROG Media Gathering Roadshow yang diselenggarakan di hotel Sheraton Surabaya pada Minggu 17 Maret 2024, sekaligus acara buka bersama ASUS. 

Pada kesempatan kali ini tim ASUS membawa 3 unit laptop yaitu ROG Zephyrus 14, ROG Zephyrus 16, dan TUF Gaming 15. Menghadirkan narasumber mas Muhammad Firman selaku Head of Public Relation ASUS Indonesia juga kak Nadia Sefia selaku Public Relation ASUS Indonesia. Keduanya memberikan pemaparan spesifikasi dan juga kelebihan laptop gaming terbaru dari ASUS. 


Spesifikasi ROG Zephyrus 14, Zephyrus 16, dan TUV Gaming 15 

ROG Zephyrus 14

ROG Zephyrus 14 (GU403) 

ROG Zephyrus G14 merupakan AI gaming laptop dengan layar 14 inch, hadir dengan ketebalan hanya 1,59 cm dan bobot hanya 1,5 kg membuatnya nyaman dibawa kemana-mana buat kalian yang mobile. 

Biarpun tipis tapi nggak bisa dianggap remeh karena seri ini dibekali prosesor AMD Ryzen™ 9 8945HS, untuk chip grafisnya mengusung NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU. Sudah pernah diuji coba main game Cyberpunk terbukti nggak ada stuttering sedikit pun, semua lancar tanpa kendala.

Untuk audionya sendiri bisa dibilang sangat mewah, ROG Zephyrus sudah dibenamkan 4-speaker (dual force woofer) system, 2 Tweeters, serta AI noise-canceling technology jadi nggak bakal ada lagi pengalaman noise. Selain itu juga dibekali Dolby Atmos, Hi-Res certification, dan Smart Amp Technology, cakep nggak tuh. 

Kita bakal dimanjakan dengan teknologi layar Nebula display 3K OLED 120Hz / 0.2 ms pertama dari ROG, dengan dukungan VESA display HDR true black 500. ROG Intelligent cooling, teknologi tri-fan, liquid metal, heatpipes yang punya terknologi terbaru, dan Arc flow fan 2.0. Up to 16GB LPDDR5X, 1TB, dan pastinya fast charging. 

Untuk mendukung desain yang makin cakep dan stylish, pada body ROG Zephyrus dibuat LED indicator eksklusif bernama Slash Lighting yang bisa di setting tampilannya melalui aplikasi Armoury Crate. Dengan adanya Slash Lighting ini bikin tampilannya makin garang dan stylish tentunya. 

ROG Zephyrus G16

ROG Zephyrus 16 (GU605) 

ROG Zephyrus G16 sendiri merupakan pionir AI gaming laptop layar 16 inch paling tipis dan paling ringan yang punya bobot hanya 1,85 kg dan ketebalan 1,49 cm. Dibekali ROG Intelligent cooling, vapor chamber, liquid metal, heatpipes yang makin bagus, dan Arc flow fan 2.0 juga dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu Slash lighting dari ROG.

ROG Zephyrus G16 ditenagai Intel® Core™ Ultra Processor, dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 pada konfigurasi tertingginya, membuatnya terasa gahar. Layarnya Nebula display 2.5K OLED 240Hz/0.2ms pertama dari ROG dengan dukungan VESA Display HDR True black 500.

ROG Zephyrus G16 juga telah menyabet penghargaan yaitu IF Design Award 2024. Dolby vision atmos, dual force canceling wooper, Trifan design. Dilengkapi juga Intel A.I. Boost NPU, up to 514 A.I Tops 4090.


Kedua seri ROG Zephyrus ini merupakan laptop gaming OLED pertama di dunia dengan VRR (variable refresh rate). Berkat NVIDIA G-SYNC®, memberikan pengalaman bermain game yang mulus tanpa gangguan tearing atau stuttering. 

Nggak diragukan lagi. Selain untuk gaming, ROG Zephyrus juga merupakan laptop dengan performa mumpuni untuk pekerja kreatif berkat NVIDIA® GeForce RTX™ 40 Series yang bikin perangkat ini mampu mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, serta mendukung eksperimen Artificial Intelligence.

ROG TUV Gaming

TUV Gaming A15 (FA507U) 

Sekarang saatnya kita berkenalan sama TUF Gaming. TUV Gaming sendiri merupakan laptop AI gaming untuk lini mainstream.

TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan pionir AI gaming laptop paling terjangkau di Indonesia yang ditenagai AMD Ryzen 9 845H dengan fitur Ryzen AI. Kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop GPU dengan NVIDIA Advance optimus dan DLSS3.

ASUS memang bukan kali ini aja menghadirkan seri TUF Gaming, tapi yang sangat membedakan dengan generasi sebelumnya ialah adanya pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi sehingga bahkan untuk lini mainstream, ASUS menghadirkan AI gaming laptop yang sesungguhnya.

Ngegame bakal makin puas dengan layar hingga FHD 144Hz dengan dukungan G-SYNC dan 100% sRGB, serta bezel ramping yang memberikan rasio screen to body sebesar 80%. USB 4.0, penyimpanan up to 2TB, RAM DDR5, baterai 90Wh, fast charging, Dolby atmos bakal memberikan kualitas suara yang terbaik, dan juga teknologi Two-Way AI Noise Cancelation. Dilengkapi 4 exhaust vents, 84-Blade ARC Flow fans, Anti-Dust Filter. 

TUF Gaming merupakan seri laptop ASUS yang menyandang superior durability, dan nggak banyak laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan US Military Grade MIL-STD-810H.


Harga

Udah lihat spesifikasi dari ketiga produk diatas, penasaran nggak berapa harganya? Nah kalian bisa langsung cek harganya di bawah ini. 

  • ROG Zephyrus G14 (GA403) – Rp.29.999.000,
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) – Rp.32.999.000,
  • TUF Gaming A15 (FA507U) – Rp.23.999.000,-


Laptop gaming asus
Blogger Gathering ASUS Surabaya

Setelah sesi pengenalan produk, acara kemudian berlanjut ke games Kahoot dan IG Reels Competition yang bertabur hadiah. Selanjutnya ditutup dengan acara buka bersama dengan menu yang mevvah nan memanjakan lidah. 

Oh iya teman, karena tingginya permintaan pasar, untuk series ROG Strix saat itu tidak ditampilkan karena unitnya sedang kosong aka sold out. Buat kalian yang berminat, jangan kuatir karena dalam waktu dekat unitnya bakal ready lagi secara berkala. 


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus 14, Zephyrus 16, dan TUV Gaming 15 Terbaik Untuk Gamers "