Eksplore Jakarta Seharian, Kemana aja?

Akhir bulan November 2023 kemarin saya berkesempatan solo traveling ke Jakarta, bisa dibilang ini kesempatan yang sangat langka buat saya karena selama ini kalau mau traveling selalu ada temannya.

Trus kenapa kali ini pengen solo traveling? Alasan utama karena saya pengen me time plus menguji nyali, seberapa berani diri ini mengikuti arah langkah kaki ingin berjalan. Terkesan lebay ya, tapi emang itulah alasannya. Diawali ke kota Jakarta, semoga next bisa mengunjungi kota-kota indah lainnya.

Perjalanan saya mulai dari st. Lamongan ke st. Pasar Senen, untuk penginapannya saya booking di Reddoorz Near Plaza Atrium Senen. Saya memang sengaja eksplore area yang gak jauh-jauh dari area Pasar Senen karena terhitung saya di Jakarta hanya sehari 2 malam, dan besoknya saya sudah harus pulang di jam 11 siang.

Eksplore Jakarta Seharian, Kemana aja?

Cuaca Jakarta pagi itu sangat cerah, setelah bangun tidur saya chat teman buat nanya tempat-tempat wisata yang rekomen buat dikunjungi. Sebenarnya sejak sebelum keberangkatan saya sudah buat itinerary, tapi menurut saya alangkah baiknya kalau bertanya pada warga Jakarta langsung. Kemudian saya putuskan untuk ke Kota Tua lebih dulu.

Wisata Kota Tua dengan Keunikannya

Setelah prepare, saya langsung order ojol menuju Wisata Kota Tua. Bapak drivernya sangat humble, sepanjang perjalanan kami ngobrol dan bapaknya juga kasih tau saya lokasi-lokasi wisata yang ada di dekat situ. Kami pun sampai ajak saya berkeliling dulu demi biar saya paham jalanan yang ada di area Mangga Dua, dll.

Sesampai di Kota Tua, saya sempatkan buat ajak bapak drivernya foto bareng buat kenangan kalau masih banyak orang baik di bumi ini. Setelah mengucapkan terima kasih, saya mulai jalan-jalan menikmati suasana Kota Tua pagi itu.

Karena saya datang pada weekday jadi pengunjung Kota Tua nggak begitu banyak, jalan santai di antara bangunan-bangunan tua emang vibesnya seolah membawa kita ke Jakarta tempo dulu. Cuaca kala itu belum begitu panas, biarpun sendirian saya tetap bisa menikmati suasana.

Setelah lelah berkeliling, saya lalu duduk sambil menikmati cilok dan es teh yang saya beli di area food court yang letaknya sebelah Bobobox. Btw, awalnya saya kepikiran buat nginep di Bobobox ini waktu itu, tapi dengan beberapa pertimbangan akhirnya saya putuskan buat nginep di Reddoorz Near Plaza Atrium Senen.

Duduk sendirian, mata saya sambil mencari-cari mas-mas tukang foto yang biasanya selalu ready di tempat wisata. Dan bener aja, nggak lama saya melihat mas fotografernya. Jujurly, yang bikin susah kalau pas solo traveling itu kalau mau ambil foto yang menampakkan diri kalau kita nggak bawa tripod.

Bapak ojol yang mengantar saya ke kota tua
Juga jadi tour guide saya pagi itu

Akhirnya setelah negosisasi harga, saya dapat 20k per 4 file foto. Oke, saya rasa 4 foto diri udah cukup (alasan ngirit juga sih, belum pindah lokasi wisata lainnya juga kan ya). Setelah menentukan lokasi, sesi foto pun aman (kalau kita nggak jago pose, mas nya bakal bantu ngarahin gaya yang ok). Oh iya teman, nggak usah malu kalau mau minta tolong mas nya buat foto pake hp kita sendiri, kemarin saya juga gitu dan mas nya dengan senang hati bantuin.

Pasar Pagi Mangga Dua

Setelah sesi foto kelar dan cuaca udah mulai agak panas biarpun waktu itu udah mulai mendung-mendung manja, saya kemudian memutuskan buat melanjutkan jalan-jalan yang beneran jalan ke Pasar Pagi Mangga Dua.

Oke berbekal informasi dari bapak ojol pagi tadi, saya jalan keluar dari Wisata Kota Tua menuju mall Mangga Dua melewati stasiun Jakarta Kota. Awalnya saya pikir lokasinya lumayan dekat, ternyata setelah ditempuh rasanya Alhamdulillah lumayan bikin kaki pegel. Untungnya saya jalan dengan santai sambil menikmati suasana jadi nggak begitu berasa capeknya.

Sesampai di mall Mangga Dua, rasanya langsung berasa lega. Capeknya kaki akibat jalan tadi langsung hilang berganti semangat pas lihat baju-baju yang tergantung manja ingin segera dijamah. Karena memang awalnya saya mau belikan buat anak-anak.

Setelah puas berkeliling rasa capek kembali menyerang, padahal niatnya setelah dari sini saya mau lanjut ke perpustakaan yang letaknya tak sebelah Monas, trus lanjut nyore di Monas. Tapi apalah daya, tenaga saya seolah minta dicharge. Jadi saya putuskan untuk kembali ke pengInapan untuk tidur siang sebentar.

Menikmati Keindahan Gereja Katedral

Setelah energi kembali terisi, sekitar jam setengah 4 sore saya sudah sampai di Gereja Katedral, agak ragu juga sebenarnya buat masuk ke pelataran gereja ini, karena saya muslim dan dilihat dari tampilannya yang pakai hijab.

Tapi dari pada ragu, akhirnya saya mendekat ke pos satpam dan tanya sama penjaga di sana apa boleh masuk ke halaman untuk berfoto di sana? untungnya penjaganya sangat ramah dan mempersilahkan saya masuk. Pak satpam yang saya tanyai ini usianya lebih dari 50an sepertinya, waktu itu beliau bertanya apa saya sendirian? Saya jawab dengan sopan kalau saya memang sendirian, lalu beliau memanggil teman satpam lainnya yang usianya lebih muda sekitar 40an untuk membantu saya berfoto. Alhamdulillah seneng banget rasanya.

Setelah sesi foto selesai saya nggak langsung cabut dari situ, saya masih duduk di pojokan menikmati suasana sore yang tenang di pelataran katedral.

Akhirnya Menginjakkan Kaki di Masjid Istiqlal

Langkah kaki saya sore itu berlanjut ke Masjid Istiqlal, ya masjid yang biasanya hanya saya lihat melalui layar kaca, akhirnya saya bisa merasakan sendiri atmosfer masjid terbesar se-Asia Tenggara ini.

Saya masuk lewat pintu timur tepat di depan gereja Katedral. Suasananya begitu menenangkan, apalagi sore itu pengunjung yang melewati pintu timur nggak begitu ramai tapi juga gak sepi.

Di sebelah kiri berjajar stand penjual makanan dan juga pernak pernik khas Istiqlal dan Jakarta, ada baju, gantungan kunci, hiasan berbentuk Monas, dan masih banyak lagi.

Melipir ke arah kanan, kita bakal melihat taman bunga dengan berbagai warna. Lanjut jalan ke masjid kita melewati jembatan yang dibawahnya ada air yang mengalir semakin memperindah suasana.

Sayangnya saat itu saya nggak sempat berkeliling area yang lebih luas lagi karena saya sudah punya list destinasi yang selanjutnya. Jadi setelah puas menikmati area timur, saya kemudian pesan ojol untuk menuju destinasi wisata selanjutnya.

Kurang Beruntung, Monas Sudah Tutup

Tujuan saya berikutnya ialah Monumen Nasional atau kita kenal dengan nama Monas. Saya turun dari ojol di area Patung Kuda, awalnya agak bingung juga apa itu Patung Kuda. Tapi setelah sampai lokasi barulah saya paham, ada berjejer patung kuda yang di sekelilingnya terdapat air mancur.

Sayangnya saya tidak bisa melihat Monas dari jarak yang lebih dekat karena waktu sudah menunjukkan pukul 5.15 menit, setelah saya cari-cari info ternyata Monas sekarang tutup di jam 5 sore. Ada sedikit kecewa karena saya kurang informasi, tapi ya sudahlah kalau bukan untuk hari ini, mungkin saya berjodoh di lain waktu yang bisa membuat saya menginjakkan kaki di puncak Monas.

Jadilah akhirnya saya menghabiskan sore sampai menjelang malam di Monas, menikmati tumbangnya sang surya dan digantikan warna-warna lampu ibu kota. Tak bisa dilukiskan, biarpun saat itu pengunjung sudah sepi tapi rasanya kaki ini tak juga ingin beranjak.

Saat itu saya sudah janjian dengan bapak fotografer untuk minta difotokan, kita deal di 30k per 5 file foto. Sayangnya saat itu lampu di depan gerbang Monas sedang mati jadi hasilnya masih kurang menurut saya. Dan kalian tau, apa yang bikin saya agak nyesel? Nggak lama setelah saya bayar jasa foto lalu saya berkemas barang, lampu jalannya nyala sodara-sodara wkwkwkw

Ya sudahlah, akhirnya sambil menunggu ojol saya ngobrol dengan bapak fotografernya yang ramah, beliau menjelaskan beberapa lokasi yang bisa saya datangi. Saya lalu berpamitan untuk jalan ke Patung Kuda, sesampainya, saya cek lagi hasil foto dan lemes lagi gegara pas foto tadi masker saya masih ada di leher. Baiklah, mungkin lain kali saya memang harus datang ke Monas lagi untuk foto yang lebih bagus lagi.

Sarinah, Oh Sarinah

Sebenarnya, tujuan saya berikutnya ialah sky deck Sarinah, saya ingin melihat keindahan ibu kota dari ketinggian. Tapi lagi-lagi karena kurangnya informasi, ngobrol sama mas ojol juga beliau kurang faham, akhirnya saya diturunkan di depan Sarinah Mall.

Saya lagi nggak pengen belanja, juga nggak pengen jalan mengitari mall. Sesampai di Sarinah, saya hanya jalan berkeliling di area pelataran Sarinah yang ditata dengan begitu cantiknya dengan bunga-bunga dan juga lampu-lampu yang menghiasi.

Langkah kaki saya terhenti di tempat duduk yang sudah disediakan yang menghadap halte Bawaslu. Ada beberapa orang yang duduk bergerombol, ada juga yang menyendiri seperti yang saya lakukan.

Suasana malam itu begitu syahdu, entah mengapa duduk sendirian berteman kan lampu-lampu gedung bertingkat, sambil memikirkan banyak hal, membuat hati saya hangat. Beberapa kilasan hal-hal yang pernah saya lalui membuat air mata jatuh tak terbendung, selanjutnya saya hanya menikmati malam di kota yang tak pernah tidur ini.

Makan Bebek Madura Tanpa Rencana.

Saat malam kian larut, akhirnya saya putuskan untuk pulang ke penginapan. Ojol yang saya tumpangi, drivernya masih mas-mas. Di perjalanan beliau membuka pertanyaan area penginapan saya, tapi saya jawab kurang paham karena saya hanya menginap 2 hari di sana.

Sesekali mas ojol ajak ngobrol tapi karena pikiran saya sedang kurang baik mungkin karena kelelahan, jadinya beberapa kali saya misskom sama beliau. Saat saya sudah mendekati hotel, barulah perut ini terasa lapar. Saya terlalu excited dengan perjalanan kali ini sampai lupa nggak makan seharian, saya hanya makan cilok di Kota Tua dan makan roti di Katedral itu saja.

Saya tanya ke mas ojol, sesampai di depan hotel mau nggak beliau mengantarkan saya untuk cari makanan sekalian menemani saya makan? Alhamdulillahnya beliau mau.

Makanan pertama yang terlintas di kepala saya ialah mie ayam, tapi setelah diskusi yang panjang dan lebar dengan mas ojol, akhirnya saya sepakati makan bebek Madura di daerah Pasar Baru. Agak jauh memang dari Pasar Senen ke Pasar Baru sekitar 15-20 menit, tapi tak apa demi makan bebek yang rekomen menurut mas ojolnya.

Mas ojol yang nganter nyari bebek Madura

Sesampai di lokasi, kami pesan bebek dengan bumbu warna hitam yang taste nya agak pedas tapi saya tetap makan pakai sambel. Kami nggak banyak berbincang, karena pikiran saya sedang melayang. Tepat saat makanan saya habis, hujan gerimis menyapa dengan manis.

Mas ojol menawarkan untuk berteduh, tapi saya putuskan untuk langsung balik ke hotel dengan resiko basah. Tak apa, toh waktu kecil dulu saya dilarang hujan-hujanan. Jadi mungkin inilah saatnya saya puas mandi hujan. Hehe

Sesampai di hotel, mas ojolnya nggak mau dibayar untuk kelebihan orderannya. Beliau bilang sudah cukup dengan traktiran bebek Madura aja. Jadi ya sudahlah setelah mengucapkan terima kasih, saya kemudian menuju kamar hotel untuk istirahat.

Sejujurnya, ngetrip sehari di Jakarta itu kurang cukup menurut saya. Masih banyak destinasi lain lain yang belum sempat saya kunjungi. Jadi kalau tidak hari ini, mungkin suatu hari saya bisa berkunjung lagi untuk eksplore Jakarta lebih luas lagi.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com