Sabtu, 04 Januari 2020

Flashback 2019 Tahun Penuh Kejutan Merubah Hidup Jadi Penuh Makna


Hai teman..
Saya baca di blog teman-teman, banyak yang menulis tentang resolusi tahun 2020 ini. Yang namanya resolusi memang harus di buat sebaik-baiknya karena itu bentuk doa dan target yang berusaha di capai di tahun ini, dan yang namanya doa pasti kita akan minta yang terbaik kan! Saya juga memiliki doa-doa terbaik tapi tidak saya tuliskan di sini. Rasanya saya malu aja buat nulisnya, takut juga kalau nggak kesampaian targetnya malah malu sendiri.. hihi..

Di tulisan kali ini saya hanya mau flashback dengan apa aja yang sudah saya kerjakan di tahun 2019 kemarin, entah itu yang receh ataupun yang garing saya ingin menulisnya karena jujur saya orangnya suka lupa apalagi tentang hal-hal kecil. Wkwk..

Mengawali tahun 2019 saya sedang hamil 13 week si baby Hazel. Beda dengan kakaknya hamil kali ini harus bed rest total, sempat rawat inap juga tapi Alhamdulillah terlewati dengan baik. Terasa banget beda nya karena yang awalnya saya bisnis cemilan dan biasanya nganter orderan kesana kemari sampai harus istirahat total karena badan nggak bisa di ajak ngapa-ngapain.

Sekitar bulan Februari saya melihat di timeline Facebook Munasya ada launching google local guide di alun-alun Lamongan, Entah mengapa saya merasa harus hadir. Karena memang selama ini saya sudah ikut mereview di sana dan sudah dapat bintang 6. Minta izin ke suami, dia sempat ragu karena melihat sebelumnya saya selalu tiduran. Minta izinnya juga setengah memaksa akhirnya suami kasih izin dengan syarat dia antar sampai tempatnya.

Dari situ saya bisa berkenalan dengan blogger senior lamongan, mbak Ika, kak Rudi, bu Tridi dan Fitri. Saya merasa mendapatkan angin segar setelah sekian lama memeluk bantal. Hehe..
Sebelumnya saya sudah pernah di buatkan blog sama mbak mun, tapi belum aktif juga. Nah pulang dari launching LLG itu baru saya membulatkan tekad mengisi blog saya dengan hal yang saya sukai, awalnya saya isi puisi buatan saya, lama-lama jadi tempat curhat dll.

Event pertama ikut mbak muns ke Grand Darmo Surabaya. Nggak ada kewajiban apapun jadi nggak ada fee, pertama kali juga naik kereta sama anak-anak, tau juga cara order taksi online karena selama ini nggak pernah. Kalo mau kemana-mana kalo nggak naik bus, naik sepeda motor atau sewa mobil. Jadi waktu itu semua serba pertama.

Di event itu juga bisa ketemu dan berkenalan sama mbak Nurul, mbak Avy, dll. Juga ngobrol soal event berikutnya bareng kompasiana, yang awalnya nggak punya akun kompasiana jadi paham gimana rasanya jadi cipo. Alhamdulillah dari situ banyak hal-hal baru, teman baru, lingkungan baru. Ibaratnya saat kaki kian menapak maju, makin banyak juga yang belum saya kenali dan pahami. Semakin menapak lagi kian luas lagi pengetahuan yang saya dapat.

Sebelumnya pakai bank BRI, tapi setelah ngeblog pindah ke lain hati. Jadi sebelum fee pertama turun, buka rekening BCA dan memilih yang Xpresi karena baca review dari teman-teman, pembukaan awal hanya 50k dan kalau di ambil saldo minimal hanya 10k. Nggak pakai buku rekening jadi pakai aplikasi BCA mobile. Lebih praktis jadinya.

Awalnya pakai blog gratisan dulu di wordpress https://myfionaz.wordpress.com dan https://myfionaz.blogspot.com sampai beberapa waktu saya coba pahami mana yang lebih cocok di hati. Dan akhirnya diminta teman untuk ganti TLD pilihan saya jatuh ke blogspot karena lebih mudah dipahami bagi pemula, beli domain pun nunggu fee cair dulu. Memang sih dari awal event ataupun job di sosmed saya belum pernah pakai uangnya jadi pas beli domain pun uang dari pendapatan ngeblog. Alhamdulillah..

Saya sudah aktif di wattpad sejak membuka blog, isinya kebanyakan puisi dan prosa. Ada juga cerpen tapi saya masih bingung menentukan alurnya jadi sekarang mangkrak begitu saja cerpennya, kalau puisi saya masih sering update. Entah mengapa kalau bikin puisi langsung connect aja.

Sampai saya lihat di timeline Facebook guru sekolah saya dulu yang juga seorang sastrawan Lamongan. Dalam rangka ulang tahun kostela mereka mengharapkan partisipasi dari sastrawan Lamongan yang berminat mengirim karya nya, saya tertarik dan mengirim 5 puisi dan dari 5 puisi terpilih 3 puisi saya yang termuat dalam buku antologi "memoar purnama di kampung halaman". Sebenarnya beberapa kali ada tawaran bikin buku antologi tapi belum saya terima karena takut tidak se visi misi. Jadi ini kali pertama saya berpartisipasi dalam buku antologi, Alhamdulillah..

Akun Instagram yang biasanya hanya sebagai reminder pun sejak alih profesi jadi blogger lebih bermanfaat, di awal memang follower baru ratusan dan usaha untuk nambah follower sampai mencapai 5ribuan itu juga nggak mudah ya. Jadi saya ambil hikmah ketika si bayi minta nenen malam hari. Cerita lengkapnya di Suka Duka Nambah Follower Instagram

Tiap hari hanya seorang ibu rumah tangga dan full time blogger nambah juga jadi buzzer dan influencer, Allah juga beri kemudahan termasuk kalau butuh talent nya anak-anak. Jurus sedikit senyum rayu atau kadang pembagian 50:50 pun dapat. Alhamdulillah anak-anak gampang di arahkan.

Jadi intinya setelah ngeblog hidup saya banyak berubah, makin banyak informasi yang di dapat karena banyak membaca tulisan teman-teman dari blog walking, makin banyak membaca informasi tentang suatu hal dengan detail kalau mau mereview sesuatu, dan belajar motret yang benar biarpun cuma pakai hp, cari angle yang pas jadi foto keliatan apik biar nggak di bilang sama klien fotonya durjana.. hehe..

Dan sebagai penutup, ucap syukur kepada Allah yang maha baik, maha pemberi apa yang di perlukan hambanya. Tahun 2019 kemarin hidup saya cukup berubah dan lebih berarti. Semoga di tahun 2020 ini makin banyak belajar, makin banyak yang di dapat dan makin  memberi arti untuk orang lain. Amin..

32 komentar:

  1. Alhamdulillah ya Mbak, tahun 2019-nya jadi penuh warna. Semoga makin semangat ngeblognya di tahun 2020 ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwnwe banget mbak, tahun ini saya merasa hidup makin berwarna

      Hapus
  2. Hampir sama sama saya Mba.
    Saya pun akhir 2018 ,baru gabung ngeblog di komunitas padahal sudah punya blog gratisan sejak 2008.

    Lalu, dengan dorongan buat kawan-kawan membuat berani beli domain terus semakin banyak tawaran kerjasama. Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dari 2008 lama juga ya mbak,, memang kadang butuh satu dua alasan untuk selangkah lebih maju. hehe

      Hapus
  3. Wah banyak pengalaman yang seru dilewati di 2019 ya mbak. Saya juga menjadi fokus ngeblog di tahun 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, tahun 2019 jadi sangat berarti dan sangar butuh banyak belajar

      Hapus
  4. Wow... Wow
    Hebat banget, sambil nenenin adik bayi masih ngurus blog dan instagram
    Multitasking banget
    Sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. memanfaatkan waktu semaksimalnya..
      Biar waktunya nggak kebuang percuma.

      Hapus
  5. Kejadian tahun 2019 yang lalu, semoga menjadi flashback dan dorongan ke kita untuk mengucap syukur serta melangkah maju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, perlu banyak belajar juga dari para senior seperti kak hani..

      Hapus
  6. Segala sesuatu yang kita lakukan pertama kali itu berkesan ya, Mbak.
    Perlu awal untuk hal-hal besar selanjutnya.
    Semoga 2020 lebih banyak pengalaman yang mengkayakan ya, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. semoga makin berkah hari-hari nya.. hehe

      Hapus
  7. Alhamdulillah untuk pencapaian tahun 2019-nya ya Mbak
    Semoga dimudahkan dan dilancarkan-Nya perjalanan di tahun 2020 ini/
    Semoga makin sukses ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Masih perlu banyak belajar juga kak.. karena yang saya pahami baru sebutir debu.. hehe

      Hapus
  8. Baca ini saya kok jadi kepikiran bikin postingan flashback 2019 aja ya dibanding postingan resolusi 2020? Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kak, biar nggak lupa apa aja pencapaian kita tahun sebelumnya

      Hapus
  9. Masya Allah banyak kisah ya di tahun 2019 semoga semakin dewasa dan memahami makna hidup ini, super sekali sharingnya ya Mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak..
      Sebenarnya masih malu juga karena baru segitu pencapaiannya, tapi biar bisa buat batu loncatan ya kak

      Hapus
  10. Kurang lebih mirip mbak dnegan saya di tahun 2019. Mulai dr bikin ATM BCA buat kerjaan blog,trus dpt job dr blog dll. Semoga di tahun 2020 lbh baik lg ya mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kak.. sama-sama belajar dan berusaha ya kak

      Hapus
  11. Sama mba. Meski sudah bikin blog dari awal 2017, tapi baru aktif lagi di akhir 2018 dan 2019.

    Gara2 iseng beli domain akhirnya kepikiran sayang juga punya blog tapi ngga diseriusin.

    Mudah2an 2020 makin bagus perkembangannya dan lebih fokus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Iya kak sayang banget kalo udah beli domain tapi nggak serius. Ibarat buang2 duit.. hehe

      Hapus
  12. selamat tahun baru ya kak, semoga 2020 semakin sukses dan jaya selalu ya :D

    BalasHapus
  13. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi pengalaman :)

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah tahun kemarin lancar ngeblog nya. Semoga tahun ini makin semangat ngeblog dan nambah penghasilan

    BalasHapus
  15. perubahan dari gratis ke berbayar domain :D keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. belinya pun pakai duit dari fee hasil ngeblog.. hhh

      Hapus
  16. Seru ya mbak, perjalanannya. Yang saya rasakan setelah ngeblog itu adalah jalinan pertemanan jadi luas. Beberapa kali ketemu di Event, ngobrol, terus dekat deh...ngeblog memang asyik ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak.. yang awalnya hanya tau lewat sosmed, kalo ketemu lgsg lebih seru

      Hapus