Assalamualaikum
Siapa disini yang penggemar ayam? Pasti semua jawab iya.

Lauk ayam memang sudah lumrah ada dalam menu masakan harian ya, daging ayam yang mudah diolah sebagai menu jenis apapun membuat ibu-ibu nggak perlu pusing memikirkan "besok masak apa ya?".

Di pasaran penjual daging ayam ada dua jenis yaitu ayam negeri dan ayam kampung, perbedaannya ayam negeri tekstur dagingnya lebih lunak jadi tidak perlu waktu lama dalam memasak. Yang ke dua ayam kampung dagingnya lebih alot biarpun usia ayam masih muda. Jadi kalau memasak membutuhkan waktu yang sedikit lama, bila ingin cepat bisa menggunakan panci bertekanan tinggi atau presto.

Baca juga; resep donat anti gagal

Biarpun lama dalam proses memasaknya keluarga saya lebih menyukai ayam kampung karena tekstur nya lebih kenyal dan gurih. Nah biar nggak cuma di bikin ayam goreng kali ini saya mau bagikan resep ayam bakar rumahan favorit keluarga saya, nggak perlu lama-lama yuk kita siapkan bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

1kg ayam
7 buah cabe merah besar
10 buah cabe rawit
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Jahe 1 ruas jari
Kemiri 5 buah
Tomat 1 buah
Merica bubuk seperempat sdt
Asam jawa 1 sdt
Daun salam 1 lembar
Sereh 1 batang
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Santan 2 gelas.

Cara buatnya:

Potong-potong ayam sesuai selera. Kemudian rebus hingga daging ayam sedikit empuk. (Saya pakai ayam kampung, jadi merebusnya sedikit lebih lama)


Haluskan bumbu, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, jahe, kemiri, tomat. Kemudian tumis bumbu halus, sereh dan daun salam hingga harum lalu masukkan santan tambah gula merah, merica, garam, penyedap rasa dan kecap. Koreksi rasa bila sudah pas lalu masukkan ayam yang sudah di rebus tadi.
Tumis bumbu halus lalu masukkan santan

Ungkep ayam dengan bumbu biar meresap

Ungkep sampai bumbu meresap kedalam daging ayam. Lalu bakar di atas bara arang atau kalau nggak suka ribet maka cukup pakai teflon anti lengket. Angkat dan sajikan dengan sisa bumbu sebagai sausnya. Untuk pelengkap biasanya saya buat urap-urap, untuk resep urapnya lain kali aja ya.

Jadi ini resep gampang banget dibuat, saya sering bikin ayam bakar ini kalau sedang kumpul-kumpul dan makan bareng dengan keluarga atau teman, anak-anak juga suka tapi kalau untuk anak-anak cabenya saya kurangi jadi rasanya dominan gurih dan manis.

Kalian punya resep masakan apa teman, share yuk biar saya juga bisa nyontek.

Post a Comment