Hai teman, puasa udah memasuki hari ke 13 nih. Gimana puasanya lancar-lancar aja kan? Alhamdulillah.

Ramadhan kali ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ada pandemi Covid-19 ini kita di wajibkan dirumah aja dan mengurangi aktivitas di luar rumah, biasanya sambil menunggu azan magrib berkumandang kita bisa ngabuburit sambil belanja takjil, tapi ramadhan ini kita harus tahan dulu.

Kalaupun nggak bisa belanja takjil toh kita bisa buat sendiri dirumah, karena dengan membuat sendiri jelas lebih aman dan sehat ya. Dan kita tentu tau betul kebersihan bahan yang akan kita masak.

Kali ini saya mau sharing nih, makanan pembuka atau biasa kita sebut takjil untuk berbuka puasa dan udah jadi tradisi kan kalau buka puasa pasti yang pertama kali dicari ya si takjil ini,

Lalu apa saja kah menu takjil yang selalu ada saat buka puasa ramadhan? yuk simak selengkapnya.


1. Es


Wah kalau ini sih pasti selalu ada tiap hari ya, setelah berpuasa seharian penuh kita pasti haus jadi yang kita ingin pasti yang segar-segar di awali dengan si es ini, kalau menu es nya tergantung selera ya, yang paling gampang di buat ialah es teh manis, selanjutnya bisa es susu, es buah, es kelapa muda, es blewah, jus buah dengan es juga nikmat lho.

2. Aneka gorengan


Setelah minum es biasanya kita suka makan yang ringan dulu untuk mengganjal perut sebelum sholat magrib, jadi gorengan akan jadi pilihan yang pas. Pilihannya juga bermacam-macam ada bakwan sayur (di beberapa tempat namanya beda-beda ya, ada yang menyebut bala-bala, kalau disini namanya ote-ote) selanjutnya ada bakwan jagung, tempe goreng, tahu isi, cakwe, kalau mau yang manis ada ubi goreng, roti goreng, dan masih banyak lagi.

3. kolak


Si manis berkuah santan ini emang juara ya, cara buatnya juga cukup mudah buah direbus kemudian diberi santan dan gula udah jadi. Pilihan isian kolaknya pun bermacam-macam, ada kolak kacang hijau, kolak ubi, kolak pisang, kolak singkong, kolak nangka, kolak tape dll. Bisa juga bikinnya di mix sesuai selera.

4. Bubur


Memilih bubur untuk mengawali berbuka puasa juga pas banget ya, karena bisa untuk menambah energi sebelum sholat magrib, apalagi untuk orang yang nggak suka langsung makan makanan berat. Jenis buburnya juga bermacam-macam, ada bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur mutiara, ada juga yang cara penyajiannya dengan mencampur varian bubur tersebut.

Gimana, dari keempat menu di atas selalu ada di setiap menu berbuka kan. Cara buatnya yang gampang bikin kita nggak perlu sedih karena nggak bisa ngabuburit, jadi sembari menunggu azan magrib kita bisa mengajak anak-anak untuk membuat menu takjil kesukaan mereka.

Libatkan mereka dalam memilih menu apa yang ingin di buat juga pengerjaannya. Dijamin bonding dengan anak akan terjalin dengan baik, waktu menunggu buka puasa juga nggak terasa karena sibuk bikin menu kesukaan, plus puasa pun akan lebih bermakna biarpun dijalani di tengah pandemi Covid-19 ini.

Jadi teman jaga kesehatan, tetap waras, tetap sehat, tetap semangat biarpun ramadhan kali ini terasa berbeda ya.

38 Komentar

  1. Kalau kami di rumah, kurang suka makanan manis jadi kalau ditanya mau buka apa ya pilihannya yang gurih-gurih. kayak pempek, siomay, gorengan dan lainnya. Makannya dicocol ma cuko. Hehehe..

    BalasHapus
  2. Tinggal kolak sama bubur mba yang belum menjadi menu berbuka kami. Soalnya saya enggak bisa buat kolak. Untuk bubur rencana mau buat bubur kacang hijau tapi semangat masih naik turun 😥. Semoga kesampaian buat bubur juga, aamiin

    BalasHapus
  3. Wahhh saya suka kolak haha
    Aneka kolak kami coba, mumpung di rumah aja hehe
    Cuma ga bisa pulkam ini jd lemessss

    BalasHapus
  4. Menu takjil yang aku pengen banget buat tuh jajanan pasar, Mbak. Entah kenapa, nyari tepung beras ketan kok ya kosong melulu. Lalu kepengen juga buat puding atau bubur mutiara. Eh, mutiara juga nggak kunjung ketemu. Apa mereka sedang jaga jarak sama aku nih, ya? Wkwkwk ...

    BalasHapus
  5. Wah bulan Ramadan ini udah saya coba semua kecuali nomor 1
    Walau setiap waktu bisa menyantap tapi berbuka dengan 4 takjil tsb emang beda ya?

    BalasHapus
  6. Menu yang dicari selama Ramadhan ya :)
    Kalo saya minumnya teh hangat atau air putih.

    BalasHapus
  7. Kolak sih, menu utama saat awal puasa lalu, dan kesampaian juga. Lagi mengurangi makan gorengan juga saat buka, tenggorokan suka gatal.

    BalasHapus
  8. Itu bubur apa mbak? Aku belum pernah nih bikin bubur selama puasa ini. Seringnya kolak, teh, atau gorengan aja

    BalasHapus
  9. Es sudah pasti meski hanya sekadar air es ditambah perasan jeruk nipis dan madu..hihi. Kolak dan gorengan juga jadi menu wajib yang sering berseliweran di meja makan saat buka puasa. Tapi, kalau anek bubur manis begini nggak pernah, Mbak. Next harus dicoba :)

    BalasHapus
  10. Gorengan itu...susah ditolak :D Tahun ini lebih tenang karena semua gorengan dibikin di dapur sendiri, jadi minyak gorengnya juga terjamin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget mbak. Anakku kalau ditanya maunya buka gorengan, apalagi sebagai orang sumsel kami selalu sedia cuko pempek. Jadi makan gorengannya dicocol cuko.

      Hapus
  11. Enak semuanya, saya seringnya buat sop buah, gorengan paling bikin bala-bala, gehu, tempe kadang dikasih juga. Dikirim ortu. Alhamdulillah

    BalasHapus
  12. Apapun minumannya, kalau yg manis manis dan dingin, pasti rasanya surga banget waktu berbuka

    BalasHapus
  13. Waah makanan favorit saya semua itu lurr. Apa lagi bubur kacang ijo ditambah es, segarnya sampai ke ubun-ubun.

    BalasHapus
  14. Kalo di rumah pas buka ga berani langsung minum es, takut perutnya kaget hehe. Nah kalo kolak nih selalu jadi menu andalan.

    BalasHapus
  15. Semuanya pernah dicobaaaa. Hehehe. Biar kata orang gak sehat buka pake gorengan, justru saya tetap menikmatinya. Gorengan plus teh manis angat. Duh, segarnya.

    BalasHapus
  16. semua di atas sungguh nikmat tiada tara untuk berbuka puasa, sekarang saja apapun itu buka yang manis dan menyehatkan.. gorengan bakwan juga nikmat hehe

    BalasHapus
  17. Kalau dikeluarga saya buka pakai kurma sama buah buahan. Gak pernah ada es sama sekali.. soalnya pada gak tahan minum dingin.

    BalasHapus
  18. Es dan gorengan, walau pun tahu nggak baik buat tenggorokan tapi entah kenapa perpaduan keduanya untuk berbuka tuh enaaaak banget.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah puasa masih lancar.
    Kalau saya, gorengan itu harus selalu ada hehehe.... minimal kerupuk lah

    BalasHapus
  20. Kalau di tempat saya, pokoknya es sama gorengan itu menu wajib. Entah buber sama teman-teman, buber di masjid atau dapet takjil di jalan. Pasti isinya gorengan trs minumannya kalau gak es ya air mineral.

    BalasHapus
  21. Ketiganya emang juara dibuat buka puasa ya mba. Eh yg nomor 4 tapi aku blm pernah nyoba gimana kalo dibuat hidangan berbuka. Bisa jadi pilihan nih untuk buka puasa besok

    BalasHapus
  22. Kok sama semua sih k fionaz menu takjil buka puasa selama ramadhannya. Hahaha itu semua selalu ada di meja makan saya. Ya ampun balas dendam banget ya kayanya. Sehat selalu juga k fionaz.

    BalasHapus
  23. Es dan kolak itu lumayan sering deh kami bikin pas buka puasa, Mbak... Selain seger juga manis, kan sunnahnya berbuka dg yg manis² hehe

    BalasHapus
  24. boleh percaya boleh gak ya kak, sampe pertengahan ini di rumah belum juga masak kolak huaaaaaa pengeeeen

    BalasHapus
  25. Kalo aq lebih suka minum teh anget dulu buat batalin puasanya... Baru deh setelahbitu nyomot gorengan hehe

    BalasHapus
  26. Aku paling sering berbuka ama kue-kue manis juga. Gorengan dan bubur manis di atas juga lumayan beberapa kali hehe, Kayaknya enak aja gitu kalau buka pakai bubur ketan tambah yang asin gorengan

    BalasHapus
  27. Es minuman wajib di rumah ini mbak. plus kurma. seger deh.

    BalasHapus
  28. es dan gorengan. Ya Allah enggak terpisahkan. harus tobat sih biar abis ramadan kolestrol enggak makin naik haha. saya biasanya enggak lagi pakai es buah, tapi buah potong aja. menghindari gula. sebisa mungkin makan yang di rebus selain gorengan, walaupun ada tapi dikit, hihi.

    BalasHapus
  29. bubur apa ini mbak fionaz? kalau aku denger kata bubur langsung kepikiran bubur nasi pake suwiran ayam sama kuah kuning juga kerupuk dan daun bawang, kacnag kedelai juga sambel. baru tau ada bubur manis begini

    BalasHapus
  30. Waduh, menu andalan emak saya semua tuh, hampir tiap berbuka bikin menu takjil seperti di atas, aku paling suka gorengan, hahah.

    BalasHapus
  31. Kalau di rumah saya biasa buka pakai kurma dan teh anget,itu udah nikmat banget dan tahan sampe selesai tarawih, baru deh makan berat

    BalasHapus
  32. Aku gara gara buka puasa langsung minum es dan makan gorengan langsung radang amandel udah seminggu. Nyiksa banget huhu sama dokter diomelin katanya harusnya buka puasa jangan es dulu apalagi gorengan kalau punya riwayat radang amandel. Karna amandel aku emang sensitif, salah makan dikit langsung radang

    BalasHapus
  33. No 2 dan 4 selalu ada. No 3 Kadang2. Sedangkan no 1 gak ada. Aku ga boleh minum es banyak.

    BalasHapus
  34. Gorengan jadi favorit saya nih kalah berbuka. Hehehe. Kalau kolak sya kurang suka

    BalasHapus
  35. Gorengan tidak pernah absen di rumah. Sekuat tenaga saya hindari, tetap belum mampu. Hihi ....

    BalasHapus
  36. Kesukaan saya adalah kolak
    Menu wajib saat berbuka :D

    BalasHapus
  37. Memang beda2 ya kebiasaan setiap keluarga.
    Kalau kami lebih memilih Kurma dan buah sebagai menu buka dan takjil, lebih ringan di pencernaan.

    BalasHapus

Posting Komentar