4 Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan


4 Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan - Hai teman, puasa udah memasuki hari ke 13 nih. Gimana puasanya lancar-lancar aja kan? Alhamdulillah.

Ramadhan kali ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ada pandemi Covid-19 ini kita di wajibkan dirumah aja dan mengurangi aktivitas di luar rumah, biasanya sambil menunggu azan magrib berkumandang kita bisa ngabuburit sambil belanja takjil, tapi ramadhan ini kita harus tahan dulu.

Kalaupun nggak bisa belanja takjil toh kita bisa buat sendiri dirumah, karena dengan membuat sendiri jelas lebih aman dan sehat ya. Dan kita tentu tau betul kebersihan bahan yang akan kita masak.

Kali ini saya mau sharing nih, makanan pembuka atau biasa kita sebut takjil untuk berbuka puasa dan udah jadi tradisi kan kalau buka puasa pasti yang pertama kali dicari ya si takjil ini. lalu apa sajakah menu takjil yang selalu ada saat buka puasa Ramadhan? yuk simak selengkapnya.

4 Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan


1. Es


Wah kalau ini sih pasti selalu ada tiap hari ya, setelah berpuasa seharian penuh kita pasti haus jadi yang kita ingin pasti yang segar-segar di awali dengan si es ini, kalau menu es nya tergantung selera ya, yang paling gampang di buat ialah es teh manis, selanjutnya bisa es susu, es buah, es kelapa muda, es blewah, jus buah dengan es juga nikmat lho.

2. Aneka gorengan


Menu takjil buka puasa Ramadhan selanjutnya ialah gorengan. Setelah minum es biasanya kita suka makan yang ringan dulu untuk mengganjal perut sebelum sholat magrib, jadi gorengan akan jadi pilihan yang pas. Pilihannya juga bermacam-macam ada bakwan sayur (di beberapa tempat namanya beda-beda ya, ada yang menyebut bala-bala, kalau disini namanya ote-ote) selanjutnya ada bakwan jagung, tempe goreng, tahu isi, cakwe, kalau mau yang manis ada ubi goreng, roti goreng, dan masih banyak lagi.

3. kolak


Si manis berkuah santan ini emang juara ya, cara buatnya juga cukup mudah buah direbus kemudian diberi santan dan gula udah jadi. Pilihan isian kolaknya pun bermacam-macam, ada kolak kacang hijau, kolak ubi, kolak pisang, kolak singkong, kolak nangka, kolak tape dll. Bisa juga bikinnya di mix sesuai selera.

4. Bubur


Memilih bubur untuk mengawali berbuka puasa juga pas banget ya, karena bisa untuk menambah energi sebelum sholat magrib, apalagi untuk orang yang nggak suka langsung makan makanan berat. Jenis buburnya juga bermacam-macam, ada bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur mutiara, ada juga yang cara penyajiannya dengan mencampur varian bubur tersebut.


Gimana, dari keempat menu di atas selalu ada di setiap menu berbuka kan. Cara buatnya yang gampang bikin kita nggak perlu sedih karena nggak bisa ngabuburit, jadi sembari menunggu azan magrib kita bisa mengajak anak-anak untuk membuat menu takjil kesukaan mereka.


Libatkan mereka dalam memilih menu apa yang ingin di buat juga pengerjaannya. Dijamin bonding dengan anak akan terjalin dengan baik, waktu menunggu buka puasa juga nggak terasa karena sibuk bikin menu kesukaan, plus puasa pun akan lebih bermakna biarpun dijalani di tengah pandemi Covid-19 ini.


Jadi teman menu takjil buka puasa Ramadhan yang sudah saya sebut tadi juga menjadi menu berbuka puasa kalian nggak? jangan lupa jaga kesehatan, tetap waras, tetap sehat, tetap semangat biarpun ramadhan kali ini terasa berbeda ya.
Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

38 komentar untuk "4 Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan"

Comment Author Avatar
Kalau kami di rumah, kurang suka makanan manis jadi kalau ditanya mau buka apa ya pilihannya yang gurih-gurih. kayak pempek, siomay, gorengan dan lainnya. Makannya dicocol ma cuko. Hehehe..
Comment Author Avatar
Tinggal kolak sama bubur mba yang belum menjadi menu berbuka kami. Soalnya saya enggak bisa buat kolak. Untuk bubur rencana mau buat bubur kacang hijau tapi semangat masih naik turun 😥. Semoga kesampaian buat bubur juga, aamiin
Comment Author Avatar
Wahhh saya suka kolak haha
Aneka kolak kami coba, mumpung di rumah aja hehe
Cuma ga bisa pulkam ini jd lemessss
Comment Author Avatar
Menu takjil yang aku pengen banget buat tuh jajanan pasar, Mbak. Entah kenapa, nyari tepung beras ketan kok ya kosong melulu. Lalu kepengen juga buat puding atau bubur mutiara. Eh, mutiara juga nggak kunjung ketemu. Apa mereka sedang jaga jarak sama aku nih, ya? Wkwkwk ...
Comment Author Avatar
Wah bulan Ramadan ini udah saya coba semua kecuali nomor 1
Walau setiap waktu bisa menyantap tapi berbuka dengan 4 takjil tsb emang beda ya?
Comment Author Avatar
Menu yang dicari selama Ramadhan ya :)
Kalo saya minumnya teh hangat atau air putih.
Comment Author Avatar
Kolak sih, menu utama saat awal puasa lalu, dan kesampaian juga. Lagi mengurangi makan gorengan juga saat buka, tenggorokan suka gatal.
Comment Author Avatar
Itu bubur apa mbak? Aku belum pernah nih bikin bubur selama puasa ini. Seringnya kolak, teh, atau gorengan aja
Comment Author Avatar
Es sudah pasti meski hanya sekadar air es ditambah perasan jeruk nipis dan madu..hihi. Kolak dan gorengan juga jadi menu wajib yang sering berseliweran di meja makan saat buka puasa. Tapi, kalau anek bubur manis begini nggak pernah, Mbak. Next harus dicoba :)
Comment Author Avatar
Gorengan itu...susah ditolak :D Tahun ini lebih tenang karena semua gorengan dibikin di dapur sendiri, jadi minyak gorengnya juga terjamin :)
Comment Author Avatar
Sama banget mbak. Anakku kalau ditanya maunya buka gorengan, apalagi sebagai orang sumsel kami selalu sedia cuko pempek. Jadi makan gorengannya dicocol cuko.
Comment Author Avatar
Enak semuanya, saya seringnya buat sop buah, gorengan paling bikin bala-bala, gehu, tempe kadang dikasih juga. Dikirim ortu. Alhamdulillah
Comment Author Avatar
Apapun minumannya, kalau yg manis manis dan dingin, pasti rasanya surga banget waktu berbuka
Comment Author Avatar
Waah makanan favorit saya semua itu lurr. Apa lagi bubur kacang ijo ditambah es, segarnya sampai ke ubun-ubun.
Comment Author Avatar
Kalo di rumah pas buka ga berani langsung minum es, takut perutnya kaget hehe. Nah kalo kolak nih selalu jadi menu andalan.
Comment Author Avatar
Semuanya pernah dicobaaaa. Hehehe. Biar kata orang gak sehat buka pake gorengan, justru saya tetap menikmatinya. Gorengan plus teh manis angat. Duh, segarnya.
Comment Author Avatar
semua di atas sungguh nikmat tiada tara untuk berbuka puasa, sekarang saja apapun itu buka yang manis dan menyehatkan.. gorengan bakwan juga nikmat hehe
Comment Author Avatar
Kalau dikeluarga saya buka pakai kurma sama buah buahan. Gak pernah ada es sama sekali.. soalnya pada gak tahan minum dingin.
Comment Author Avatar
Es dan gorengan, walau pun tahu nggak baik buat tenggorokan tapi entah kenapa perpaduan keduanya untuk berbuka tuh enaaaak banget.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah puasa masih lancar.
Kalau saya, gorengan itu harus selalu ada hehehe.... minimal kerupuk lah
Comment Author Avatar
Kalau di tempat saya, pokoknya es sama gorengan itu menu wajib. Entah buber sama teman-teman, buber di masjid atau dapet takjil di jalan. Pasti isinya gorengan trs minumannya kalau gak es ya air mineral.
Comment Author Avatar
Ketiganya emang juara dibuat buka puasa ya mba. Eh yg nomor 4 tapi aku blm pernah nyoba gimana kalo dibuat hidangan berbuka. Bisa jadi pilihan nih untuk buka puasa besok
Comment Author Avatar
Kok sama semua sih k fionaz menu takjil buka puasa selama ramadhannya. Hahaha itu semua selalu ada di meja makan saya. Ya ampun balas dendam banget ya kayanya. Sehat selalu juga k fionaz.
Comment Author Avatar
Es dan kolak itu lumayan sering deh kami bikin pas buka puasa, Mbak... Selain seger juga manis, kan sunnahnya berbuka dg yg manis² hehe
Comment Author Avatar
boleh percaya boleh gak ya kak, sampe pertengahan ini di rumah belum juga masak kolak huaaaaaa pengeeeen
Comment Author Avatar
Kalo aq lebih suka minum teh anget dulu buat batalin puasanya... Baru deh setelahbitu nyomot gorengan hehe
Comment Author Avatar
Aku paling sering berbuka ama kue-kue manis juga. Gorengan dan bubur manis di atas juga lumayan beberapa kali hehe, Kayaknya enak aja gitu kalau buka pakai bubur ketan tambah yang asin gorengan
Comment Author Avatar
Es minuman wajib di rumah ini mbak. plus kurma. seger deh.
Comment Author Avatar
es dan gorengan. Ya Allah enggak terpisahkan. harus tobat sih biar abis ramadan kolestrol enggak makin naik haha. saya biasanya enggak lagi pakai es buah, tapi buah potong aja. menghindari gula. sebisa mungkin makan yang di rebus selain gorengan, walaupun ada tapi dikit, hihi.
Comment Author Avatar
bubur apa ini mbak fionaz? kalau aku denger kata bubur langsung kepikiran bubur nasi pake suwiran ayam sama kuah kuning juga kerupuk dan daun bawang, kacnag kedelai juga sambel. baru tau ada bubur manis begini
Comment Author Avatar
Waduh, menu andalan emak saya semua tuh, hampir tiap berbuka bikin menu takjil seperti di atas, aku paling suka gorengan, hahah.
Comment Author Avatar
Kalau di rumah saya biasa buka pakai kurma dan teh anget,itu udah nikmat banget dan tahan sampe selesai tarawih, baru deh makan berat
Comment Author Avatar
Aku gara gara buka puasa langsung minum es dan makan gorengan langsung radang amandel udah seminggu. Nyiksa banget huhu sama dokter diomelin katanya harusnya buka puasa jangan es dulu apalagi gorengan kalau punya riwayat radang amandel. Karna amandel aku emang sensitif, salah makan dikit langsung radang
Comment Author Avatar
No 2 dan 4 selalu ada. No 3 Kadang2. Sedangkan no 1 gak ada. Aku ga boleh minum es banyak.
Comment Author Avatar
Gorengan jadi favorit saya nih kalah berbuka. Hehehe. Kalau kolak sya kurang suka
Comment Author Avatar
Gorengan tidak pernah absen di rumah. Sekuat tenaga saya hindari, tetap belum mampu. Hihi ....
Comment Author Avatar
Kesukaan saya adalah kolak
Menu wajib saat berbuka :D
Comment Author Avatar
Memang beda2 ya kebiasaan setiap keluarga.
Kalau kami lebih memilih Kurma dan buah sebagai menu buka dan takjil, lebih ringan di pencernaan.