Cara menampilkan domain authority

7 Cara Menaikkan Domain Authority Terepat - Hampir 3 minggu ini saya mengikuti kelas 30 Hari Menaikkan DA batch 2 yang di gagas oleh coach PeWe dan coach Irwin. Pematerinya juga kece badai ya, selain kedua coach tersebut ada juga coach Bahrul Ilmi, coach Ilham Sadli dan coach RiKu. Sudah pasti mereka sangat kompeten dan profesional di bidangnya, jadi saya merasa amat dan sangat beruntung bisa mengikuti kelas ini.

Aturan yang ketat membuat peserta serasa dipecut untuk segera maju untuk mempelajari cara meningkatkan domain rating. Bahkan aturan-aturan yang terkesan nyeleneh juga bakal kita temukan disini,

seperti saat pembagian kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, tiap kelompok berisi 4 atau 5 orang, barang siapa tidak mengerjakan tugas maka satu kelompok bakal di keluarkan.

Aturan lainnya ialah, saat kita bersalah teman kita yang akan dikeluarkan dari kelas.

Kok bisa gitu?
Tenang.. tenang.. ini niatnya baik kok. Maksud para coach agar kami saling mengoreksi dan saling mengingatkan, jadi kami bisa maju dan lulus bersama-sama.

Baca juga; yuk belajar seo on page

Di tulisan kali ini, saya mau memberikan 7 cara meningkatkan Domain Authority tercepat, tapi sebelum itu kita harus memahami dulu apa pengertian domain authority atau otoritas domain?

Pengertian DA (Domain Authority)


Bagi seorang blogger DA (Domain Authority) sangat penting lho. Domain Authority adalah tolak ukur kekuatan sebuah domain. Besaran angka DA di ukur dari angka 1-100 yang mana semakin tinggi nilainya semakin bagus nilai blog tersebut.

Domain Authority ini dikembangkan oleh Moz sebagai tolak ukur seberapa kuatnya sebuah domain bersaing di mesin pencari, tapi perlu digaris bawahi Domain Authority bukan metrix buatan Google ya.

Sebenarnya bukan hanya DA saja yang menjadi fokus para blogger masih ada PA, Alexa rank dll. Tapi setidaknya untuk mencari job masih diperlukan standar DA yang bisa diterima suatu agensi.

Situs untuk mengukur Domain Authority.

Sebenarnya banyak situs yang bisa diakses untuk mengetahui seberapa besar DA kita tapi website yang sering saya gunakan sebagai domain authority checker ialah;
1. Smallseotools.com
2. Websiteseochecker.com
3. Moz.com

Cara meningkatkan Domain Authority.

Berikut cara-cara meningkatkan Domain Authority dengan cepat,
antara lain;

1. Research keyword.

Sebelum menentukan bagaimana isi dari tulisan kita, hal yang paling awal dilakukan adalah menentukan judul. Nah sebelum menentukan judul dan isi dari tulisan kita alangkah baiknya kalau kita melakukan research keyword terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci apa yang bisa kita bidik untuk pembaca.

2. Membuat konten yang berkualitas.

Di kelas ini kami di ajari bagaimana cara membuat konten yang menarik, berbobot dan lebih lagi bisa bermanfaat untuk pembaca.

3. Memperbaiki struktur blog.

Perbaikan pada struktur blog penting banget dilakukan untuk mendukung blog yang sehat hingga meningkatkan DA juga meningkatkan jumlah viewers.

4. Menerapkan SEO on page.

Ternyata menerapkan SEO on page itu penting banget untuk suatu artikel, bagus atau tidaknya juga bisa dilihat apakah sudah sesuai dengan kaidah SEO, hal ini juga bisa jadi pendorong artikel kita masuk halaman pertama Google lho.

5. Meningkatkan SEO off page.

Selain memperbaiki internal blog, kita juga harus menerapkan SEO off page dengan membangun link building, back link dan social media marketing.

6. Memahami cara kerja Google Analytik.

Setelah mengikuti kelas ini, sekarang Google Analitik (GA) sudah menjadi teman setia. Di kelas ini kita diajari cara untuk membaca laporan dari tiap tools yang mencakup laporan seluruh trafik blog baik itu dari search engine, direct, iklan maupun sosial media.

7. Mempelajari cara kerja Google Search Console.

Sebelumnya saya kurang memahami apa perbedaan Google Analytik dan Google Search Console karena keduanya sama-sama menyediakan fitur untuk meningkatkan trafik, di kelas ini kita diajari kelebihan dari GSC yaitu mampu menganalisa keyword yang dicari pembaca, kita juga bisa memanfaatkan tools yang bisa membuat artikel kita terindeks oleh Google, dan banyak fitur lainnya.


Teman belajar menaikkan DA.

Selama berada di kelas ini saya juga merasa senasib sepenanggungan dengan teman-teman dengan DA yang berada dibawah angka 10, kali ini yang mau saya ulas dikelas ini ada Double Dyah, kebetulan banget kan. Yuk langsung kita kenalan aja..

1. Dyah Ummu Aura.

Pemilik roemahaura ini emang udah hobi nulis dari dulu, mulai ngeblog dari tahun 2017 dan lebih serius ngeblog Desember 2018. Karena keseriusannya makanya mbak Dyah ikut kelas ini dengan tujuan agar blognya lebih berkualitas.

Mbak Dyah, begitu kami sekelas menyebutnya, terlahir di Muara Enim, Sumatera Selatan. Tapi sering berpindah-pindah tempat sejak menikah di tahun 2011 lalu, terhitung sudah ada 6 kota yang menjadi domisili sementaranya.

Kesehariannya ialah seorang ibu yang bekerja di ranah domestik. Begitu mencintai dunia literasi dan jalan-jalan serta menaruh minat yang besar terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan anak dan parenting.

Motivasinya dalam menulis antara lain; 

  • Menulis itu mengikat ilmu kita. karena manusia mudah lupa jadi kita perlu menulis untuk mengasah daya ingat.
  • Media mengungkapkan isi hati dan bisa menjadi diri sendiri.
  • Instrumen bagi kesehatan psikologis.
  • Sarana dakwah. Di jaman digital seperti sekarang akan lebih mendukung jika kita berdakwah melalui tulisan.
  • Memproduktifkan diri dan memanjangkan keberkahan usia.


2. Dyah Kusuma Susanti.

Saya rasa mbak yang satu ini multitalenta banget ya, selain berprofesi sebagai blogger beliau juga seorang make up artist yang memiliki studio make up di Malang, senang juga memberi kursus make up karena memiliki sertifikat resmi dari LSP dan BNSP Jakarta.

Sudah menggunakan blogspot dari tahun 2008 sebagai ajang mencari rejeki melalui bisnis MLM yang bahkan brand ini sendiri di tahun tersebut belum memiliki website resminya. Di tahun 2016 bertemu dengan seorang rekan blogger dan diajak buat gabung dengan blogger Malang.

Lama tak jumpa dengan teman tersebut akhirnya mereka bertemu kembali di tahun 2018 saat mbak Dyah menjadi reseller produk kuliner, kemudian diajak kembali untuk aktif ngeblog. Dari situ mbak Dyah juga mendapat info kalau pekerjaan ngeblog dapat juga menghasilkan cuan.

 Setelah pertemuan dengan temannya itu mbak Dyah memutuskan kembali aktif dengan domain wordpress Happydyah yang banyak mengulas tentang wisata dan kuliner di Batu Malang.

Mbak Dyah masih ingin terus belajar seperti mengikuti kelas menaikkan DA bareng saya juga karena ingin menaikkan nilai DA nya yang semula berada di angka 11 anjlok ke angka 2, kemudian pelan-pelan naik ke angka 9.

Selain menaikkan DA juga tertarik belajar SEO karena dulunya tau SEO hanya sekedar meraba-raba belum paham sepenuhnya. Alhamdulillah perjuangan selama 3 minggu ini membuahkan hasil, di awal kelas DA nya 9 sekarang sudah mentereng manis di angka 15. Selamat ya mbak..

Ini nih hasil dari ikut kelas gratis menaikkan Domain Authority  yang baru jalan selama 3 minggu, semoga nanti kami bisa lulus sama-sama juga bisa dapat job bertubi-tubi ya..


Dan itulah tadi 7 cara menaikkan domain authority tercepat kedepannya saya juga ingin belajar cara meningkatkan page authority juga biar seimbang dan yang paling penting segera terapkan, percuma ya kalau hanya dibaca tapi tidak diterapkan.

Kalau kalian ingin ikutan kelas SEO on page berikutnya yang pasti materinya lebih lengkap, klik aja banner dibawah ini. Ada promo potongan harga yang menarik jadi jangan sampai terlewat ya..

 Kelas SEO on page

29 Komentar

  1. Eh jadi malu deh, uhuk.. Uhuk.. Uhuk.. Makin sukses ya mba Fionaz. DAnya makin melejittt 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mbak, sama2 pejuang DA.. hehehe

      Hapus
  2. Wah keren dik fionaaa, makasih sharingnyaa, aku besok tak ke rumahmu ajaaa tak belajar wkwkwk

    BalasHapus
  3. Tipsnya mantep banget ini mbak. Memang urusan DA ini printilannya banyak ya. Harud benar2 totalitas jika DA mau naik. Kelasnya keren nih mbak. Jadi penasaran

    BalasHapus
  4. Setelah baca penjelasan diatas baru paham ternyata jadi blogger bukan hanya sekedar nulis ya..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Aku kadang lupa riset keyword padahal itu penting buat menimbang mana kata kunci yang mau dioptimalkan. Sejauh ini minimal SEO on Page terus diterapkan, plus tambah belajar Google Analytics. Memang capek dan kadang malas, tapi apa daya biar dapur berkepul. Senang banget belajar naikin DA rame-rame dengan coach yang udah mahir. :)

    BalasHapus
  7. Hari ini bloger kalau ga serius ngejar peningkatan DA ya agak riskan tertinggal peluang job. Habis gimana, job selalu lihat skor DA sih, mau ga mau ya berusaha mendongkrak. Blogku juga stagna padaha udah setahun, banyak PR terutama update rutin. Makasih ya share-nya. SEO on Page kayaknya belum optimal nih makanya blogku masih adem ayem DA-nya :)

    BalasHapus
  8. Malah baru belakangan nih belajar Google Search Console dan Analytics. Terlalu asyik sama WP dotcom jadi ga melirik GSC sama sekali. Aku setuju banget memang SEO on page itu primadona, setidaknya mesti dipakai kalau elemen lain belum bisa diterapkan. Alhamdulillah beberapa tulisan bisa nangkring di page one Google berkat optimasi SEO on Page. Makasih ya sharing-nya.

    BalasHapus

  9. waah..duo dyah yg diolah sama2 henat, da nya sama2 tinggi, mba fionaz juga keren..semangat belajarnya mba...

    BalasHapus
  10. point 3-7 blm paham aku..seharusnya emang ikut kelas ya agar bisa optimal dlm mengelola blog saya pribadi hehehe

    BalasHapus
  11. Double dyah yang DA nya melesat Di kelas ini ya mbak hehe. Ketika ngeblog untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah terasa betul Kita harus bekerja keras. Semangat!

    BalasHapus
  12. Mantep banget mba tips tips nya untuk diterapkan... Beruntung banget bisa belajar seo dan menaikan DA juga.

    BalasHapus
  13. Mau dong jd teman belajarnya hehe
    Emang PR saya bgt nih Seo dan DA
    Karena blm bgs dan perlu belajar
    Makasih tips nya 🙏😊

    BalasHapus
  14. Mantap banget mba. Kece bisa lolos masuk kelas DA nya coach PeWe dan coach Irwin. Duh saya harus banyak belajar lagi nih nampaknya.

    BalasHapus
  15. Aku pun jadi teman belajarnya Mbak Fiona. Hihi ... Seneng banget ya bisa ikutan kelas ini. Aslinya DAku sekarang naik lagi, udah dua kali lipat dari semula. Masyaallah.

    BalasHapus
  16. Cara kerja GSC daku kurang paham, cuma tahunya kalau grafiknya naik berarti banyak yang klik dan lihat artikel tersebut. Selebihnya perlu belajar banyak ini

    BalasHapus
  17. wah, keren nih punya waktu utk belajar SEO. semangat belajar ya...semoga DAnya makin melesat tinggi

    BalasHapus
  18. Seru ya mba kalo punya sparing partner untuk bareng-bareng naikin DA Blog, aku masih meraba-raba banget soal SEO on page nih, jadi masih belum terlalu paham juga apa yang harus diperbaiki

    BalasHapus
  19. seneng ya, para pakar blogging mau meluangkan waktu
    Saya pingin banget ikutan, sayang ngga lolos, hiks

    BalasHapus
  20. Wah mbak keren banget! Aku pas perlu banget ini, alhamdulillaah dapat pencerahan! DA aku turun drastis 2 tahun ini enggak rajin nulis 😭 makasih mbak, kucontek tipsnya 🤗 happy!

    BalasHapus
  21. Senang baca tulisan yang sangat informatif dan inspiratif ini. Jadi semangat untuk lebih telaten mengelola blog supaya lebih bermanfaat dengan belajar SEO pada pakarnya. Trims for sharing ya mbak.

    BalasHapus
  22. Ah benar emang ini caranya. Tapi emang harus diterapkan secara konsisten ya

    BalasHapus
  23. Kepengen banget ikutan belajar SEO, udah pusing ini ngoprek2 ngurus blog belum sesuai ekspektasi hehe

    BalasHapus
  24. Aku udah pasang GSC tapi baru paham gunanya waktu di kelas 🙈, Alhamdulillah banget keangkut kelas ini 😆

    BalasHapus
  25. Wah, lagi rame yang belajar meningkatkan DA-PA nih. Seru pasti belajarnya ya, Mba? Dan memang, DA/PA itu adalah topik yang sangat seksi dan penting bagi para blogger. Ah, thank you so much sharingnya, Mba.

    BalasHapus
  26. Ini kapan lagi ya ada kelasnya Mba? Apalah dibuka terus setiap bulan?

    BalasHapus
  27. Senang banget bisa ikut kelas ini, ketemu dengan teman-teman yang punya passion yang sama

    BalasHapus
  28. Dari semua yang disebutkan di atas yang paling susah menurut saya itu optimasi struktur blog. Ribet banget, kadang udah optimasi yang satu, muncul lagi error di bagian yang lain :(. BTW Terima kasih tips nya kak.

    BalasHapus

Posting Komentar