Kuliner tentu saja sudah menjadi hal wajib di lakukan saat traveling, dan mengunjungi suatu kota bakal kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Pengertian makanan khas daerah ialah makanan yang sudah legendaris, yang sering kita jumpai di daerah tersebut, juga jarang di temui di kota lain dan menjadi ikon dari daerah tersebut.


Kalau kita bicara tentang kota Lamongan apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita? warung makan. Ya tentu saja karena warung tenda bertajuk pecel lele Lamongan mudah kita jumpai karena sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke.


Bahkan baru-baru ini Anang sekeluarga datang ke Bali, saat mereka mencari resto ternyata semua tutup, akhirnya mereka memutuskan makan di warung pecel lele Lamongan dan kesan yang di dapat dalam videonya dia berkata “makanannya enak dan nggak kalah dengan restoran”.


Buat kalian yang belum tahu Lamongan itu dimana sih? sebelumnya yuk kita kenalan dengan kota Lamongan..


Letak kota Lamongan

Lamongan ialah suatu kota kecil yang berada di Jawa Timur, di sebelah barat berbatasan dengan kota Tuban dan Bojonegoro, sebelah selatan berbatasan dengan kota Jombang, sebelah timur berbatasan dengan kota Gresik dan sebelah utara langsung mengarah ke laut Jawa.


Nah kalau kalian sedang berkunjung ke Lamongan, ada baiknya mencicipi kuliner-kuliner khas Lamongan yang pasti bikin kangen. Apa saja itu? Yuk kita simak makanan khas daerah Lamongan dan ciri khasnya;

Soto.

Soto - makanan khas Lamongan
Pic by Maulludiyah


Kita pastinya sudah familiar dengan soto, di beberapa daerah kita juga bisa menemukan soto dengan ciri khas masing-masing misalnya coto Makasar, soto Betawi, atau rujak soto dari Banyuwangi.

Topping yang digunakan memang hampir sama yaitu ayam suwir, daun bawang, bawang goreng, irisan kol, bihun, tauge dan potongan telur rebus. tapi yang membedakan dengan soto Lamongan ialah memiliki cita rasa yang khas dari bubuk koya, jangan lupa tambahkan sambal dan kerupuk yang menambah rasa segar dan nikmat.


Tahu campur.

Tahu campur - makanan khas daerah Lamongan
Pic by Google


Makanan khas selanjutnya yang tak kalah nikmat ialah tahu campur, makanan ini juga sering kita temukan di banyak daerah, satu porsi tahu campur berisi potongan lontong, tahu goreng, tauge, irisan selada, daging tetelan dan kerupuk. Tapi yang membuatnya berbeda adalah petis udang dan tambahan topping perkedel dari kacang tolo atau biasa disebut lentho yang makin memperkaya rasa.


Sego boranan

Sego boranan - makanan khas daerah Lamongan
Pic by Ari S.


Hampir di setiap sudut kota Lamongan banyak ditemui penjual sego boranan bahkan di pinggir jalan sekalipun. Ciri khas wadah tempat nasinya terbuat dari anyaman bambu yang biasa disebut boran. Nah dari sinilah nama nasi boranan tercipta.

Dalam satu porsi sego boranan berisi nasi, urap-urap, empuk (tepung terigu yang diberi bumbu dan digoreng), Cita rasa saus bumbunya pedas, gurih dan segar berpadu dengan aneka lauk mulai dari ayam, jeroan, ikan mujair, ikan gabus hingga ikan sili.


Lodeh kutuk

Lodeh kutuk - makanan khas daerah Lamongan

Kuliner yang satu ini bisa dijumpai di beberapa daerah tapi tentu cita rasanya berbeda. Olahan ikan kutuk atau yang lebih umum disebut ikan gabus ini lebih dulu di asapi, kemudian di masukkan dalam kuah santan pedas berbumbu keluwak. Warna kuahnya cenderung gelap dan rasanya sudah pasti pedas, gurih dan segar.

Untuk lebih lengkapnya bisa di baca disini ya.. 

Lodeh Kutuk, Kuliner Enak Dengan Segudang Manfaat


Wingko babat

Wingko babat - makanan khas daerah Lamongan
Pic by A. Fauzi


Makanan khas daerah Lamongan selanjutnya ialah Wingko yang tergolong sebagai camilan ya teman. berbahan dasar kelapa muda parut, gula dan tepung ketan. Rasanya manis dan legit cocok dimakan bersama teh atau kopi. Penganan ini selalu ada di acara seserahan lamaran ataupun nikahan. Penjual penganan yang satu ini mudah dijumpai di dalam kota Lamongan juga di area Babat.


Jumbrek

Jumbrek - makanan khas daerah Lamongan
Pic by javatravel.net


Berbahan dasar tepung beras, santan dan gula merah yang dibungkus lilitan daun lontar. Jumbrek memiliki cita rasa manis, legit dan lembut yang khas. Jumbrek mudah dijumpai di area pantura, harganyapun cukup bersahabat seikat jumbrek berisi 3 dihargai 5ribu rupiah.


Es siwalan

Es siwalan - makanan khas daerah Lamongan
Pic by Anik H.


Es dawet yang cukup legendaris dari Lamongan ialah es dawet siwalan, terbuat dari santan, gula aren dan isian buah siwalan atau buah dari pohon lontar. Rasanya segar apalagi kalau diminum pas siang hari ditemani gorengan hangat.


Es batil

Pic by Yusuf A.


Es batil sebenarnya sama dengan es dawet siwalan tapi isiannya masih di tambah dengan serutan agar-agar, kacang hijau rebus dan irisan batil. Batil itu penganan sejenis apem tapi lebih lembut. Setelah bersatu dalam seporsi es batil rasanya lebih segar dan mengenyangkan.

 

Sekarang kita sudah tahu makanan khas yang wajib dijajal saat berkunjung ke kota Lamongan ya. Saya sendiri sebagai warga asli yang lahir dan besar di Lamongan juga turut mendukung pelestarian makanan khas daerah dengan cara menyukai juga belajar memasak makanan-makanan yang sudah saya sebutkan tadi.


Sampai disini dulu sharing kita ya teman, kalau kalian pernah menikmati makanan khas Lamongan yang sudah saya sebutkan tadi, bagaimana sih rasanya? yuk ceritakan di kolom komentar..

14 Komentar

  1. yang familiar cuma soto lamongan
    udah ngehits dimana-mana
    tapi yg lain kayaknya enak juga
    kalo ke lamongan, ajak kulineran ya mbak

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak banget ya khasnya. Kalau di tempatku lamongan nan itu banyak banget kak. Dan laris manis. Masakannya juga enak2. Aku sering beli di lamonganan

    BalasHapus
  3. Unik2 yah. Kalo soto n tahu camput banyak nih di Malang. Yg lainnya ak blm coba

    BalasHapus
  4. Dari berbagai makanan ini, hampir semua dah pernah nyoba kecuali es2an nya hehehe. Sama jumbrek juga blm pernah. Penasaran. Btw lamongan soto nya juara lah

    BalasHapus
  5. Wah asyik banget keliatahnnya diantara itu semua saya baru nyoba wingko babat dan soto aja deh hehe jadi penasaran nih rasa yang lainnya...

    BalasHapus
  6. Makanan khas Lamongan yang paling kuingat dan kusuka ya soto lamongan. Waktu di Surabaya, ada tuh depot soto lamongan yang enak banget dan hampir tiap hari aku makan di sana. Kalau Jumbrek itu mirip apa ya? Kayaknya pernah makan juga yang mirip seperti Jumbrek ini, tapi kalau di Surabaya namanya beda

    BalasHapus
  7. Wingko Babat, ya Allah jadi kangen banget makanan ini. Dulu, sering dapet oleh-oleh dari saudara yang balik ke jawa. Rasanya legit banget.

    BalasHapus
  8. Wingko. Aku suka wingko. Kalau teman temen pulang kampung pasti titip wingko. Ntah ya, rasanya lebih enak kalau dari daerah asalnya hehe

    BalasHapus
  9. Beberapa menunya tidak asing bagi saya, namun ada 2 makanan yang menarik dan pengen icip-icip langsung yaitu sego boranan sama jumbrek nih. keliatan menggoda banget, :)

    BalasHapus
  10. Daku engehnya Kuliner lamongan itu soto sama wingko, karena pernah coba itu. Kalau yang lain, kudu coba banget nih, masuk list Kuliner yang perlu diicip

    BalasHapus
  11. SOTO LAMONGAAAAN!!! Favorit banget. Jadi pengen aku kak Fio
    Apalagi disini pas mau ujan gini. Wiiih pasti enak banget nih makan soto lamongan.
    Btw aku kangen loh sama wingko babat. Rasa kelapa yang dipanggang ituloh. Joss deh pokoknya

    BalasHapus
  12. Penasaran sama lodeh klutuk kyk apa itu ya rasanya..pedas tidak ya?

    BalasHapus
  13. yang paling aku suka tuh wingko babattt, parah sih enaknya, rasa kelapa nya gurih banget yaaa

    BalasHapus
  14. Ingin coba semuanyaaaaaaa huhuhu.

    BalasHapus

Posting Komentar