Ikuti Tips Motret Dengan Kamera Hp Berikut Ini Agar Hasil Maksimal

 

Tips motret dengan kamera hp


Bekerja di dunia digital membuat saya harus berkutat dengan dunia fotografi juga, tuntutan melahirkan karya yang maksimal membuat saya berfikir bagaimana cara mendapatkan hasil foto yang terbaik.


Seringnya saat membuka media sosial kita melihat postingan foto yang keren, kualitas gambar jernih dan tentunya nggak malu-maluin kalau di pajang di media sosial kan. Makanya kita pun berlomba-lomba menghasilkan foto yang bagus dan instagramable.


Foto yang keren biasanya dihasilkan dari kamera yang keren juga, sayangnya nggak semua orang mempunyai kamera DSLR/mirorrles. Sebagai solusi saat ini makin banyak orang yang memanfaatkan kamera hape sebagai alat untuk fotografi.


Ada beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan kamera hp dari pada kamera profesional, antara lain;

  • hp menjadi benda yang wajib dibawa saat kemana2 jadi alasannya demi mobilitas dan kepraktisan. 
  • software dan hardware kamera hp sudah mengalami peningkatan yang drastis jadi kita nggak usah ragu lagi mengenai kualitas foto yang dihasilkan. 
  • harga kamera profesional tergolong mahal jadi tidak semua orang mampu merogoh kocek lebih dalam demi sebuah kamera.
  • Merasa ribet kalau kemana-mana membawa kamera yang nggak kecil.


Poin ke tiga ini nih yang saya alami, harga kamera profesional tergolong mahal bagi saya, dan kalaupun ingin membeli harus merogoh kocek yang dalam dulu. Karena alasan-alasan ini lah makanya kita lebih memilih menggunakan kamera hp sebagai senjata saat ingin mengabadikan suatu momen.


Tapi nggak perlu sedih karena kualitas foto kurang memuaskan kalau motret pakai hp, sekarang coba ikuti langkah-langkah motret pakai hp berikut ini agar komposisi fotografi makin maksimal.


Tips motret dengan kamera hp.

1. Pakai hp terbaik sesuai kemampuan.

Saat membeli smartphone, pintar-pintarlah memilih sesuai kemampuan keuangan kamu, jangan lupa cari yang fiturnya mumpuni sesuai kebutuhanmu. Karena harga yang mahal belum tentu memiliki spesifikasi yang baik dan lengkap, jadi jangan ragu untuk menggali informasi seputar gadget yang kamu butuhkan.


Saat ini saya menggunakan hp xiaomi sebagai senjata andalan untuk menunjang pekerjaan saya di dunia digital, juga sebagai teman setia saat fotografi. hp xiaomi redmi note 8 pro ini mampu membidik momen yang terbaik dan kualitas gambar yang dihasilkanpun jernih.


2. Pengaturan cahaya harus sesuai.

Pastikan cahaya yang menerangi obyek cukup ya, caranya kita bisa memanfaatkan sinar matahari, kalau dalam ruangan nyalakan lampu atau buka jendela agar cahaya matahari bisa masuk dalam ruang. Minim cahaya bisa menyebabkan hasil foto berbintik karena kamera akan mendorong ISO ketingkat yang lebih tinggi. Kalian nggak mau kan hasil foto jadi noise!


3. Cari angle terbaik.

Lokasi juga dapat menentukan baik dan buruknya suatu foto, kita terbiasa memotret Di posisi eye level (sejajar pandangan) selain itu kita juga bisa membidik di posisi bird eye ( meninggikan kamera) atau ant eye (menurunkan kamera serendah-rendahnya) yakin deh trik fotografi smartphone ini bikin hasil foto akan terlihat ciamik..


4. Bersihkan kaca kamera.

Sebelum mengambil foto usahakan untuk selalu membersihkan kamera. Pengaturan foto yang baik, pencahayaan yang cukup tetap akan terlihat fail kalau kaca kamera buram.


5. Gunakan aplikasi filter dan edit dengan foto wajar.

Di playstore sudah banyak tersedia aplikasi yang digunakan untuk edit foto. Efek filter bisa memberi kesan yang tadina biasa terlihat lebih menarik. Tapi ingat, jangan memberikan efek yang berlebihan karena malah akan membuat fotomu membosankan,  cukup gunakan mood, kontras atau cropping untuk hasil foto yang sempurna.


6. Mendekatlah ke objek saat ingin hasil zoom optimal.

Saat ingin membidik benda kecil sebaiknya mendekatlah ke objek yang ingin di abadikan. Hindari mengzoom layar karena hasilnya gambar akan pecah.


7. Pakai HDR.

Saat memotret di out door kita bisa gunakan mode HDR (High Dynamic Range) gunanya untuk menyesuaikan kecerahan dll. Coba potret objek yang sama dalam mode HDR dan tidak, maka bedanya akan jelas terlihat.


8. Stabilkan posisi, Usahakan jangan goyang.

Sebagian kamera HP high-end ada yang menyematkan fitur image stabilizer biarpun hasilnya tentu tidak semaksimal DSLR/Mirrorless. Jadi, cara yang tepat digunakan untuk menghindari foto kabur, usahakan pegang HP sestabil mungkin.

Jangan memegang HP terlalu jauh dari posisi tubuh, tapi dekatkan sedikit ke dada agar tangan ada topangan atau penyangga, dan bila perlu gunakan bantuan peralatan fotografi hp seperti tripod dll.


9. Sering berlatih dan potret sebanyak mungkin.

Saat kemampuan memotret dengan baik minim, sebaiknya sering-seringlah memotret sebagai bahan perbandingan apakah hasil jepretan kita sudah bagus atau belum. 

Banyak-banyaklah memotret, dan saat akan  mengunggah ke sosial media kita tinggal memilah-milah foto mana yang hasilnya bagus. 

Pelajari juga fungsi dari fitur-fitur yang tersedia di kamera hp agar tau bagaimana cara memperindah suatu objek.


Jaman sudah semakin canggih ya, jadi nggak perlu insecure kalau kita nggak punya peralatan fotografi yang lengkap, cukup ikuti tips motret dengan kamera hp ini agar hasil jepretan lebih maksimal. 


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

33 komentar untuk "Ikuti Tips Motret Dengan Kamera Hp Berikut Ini Agar Hasil Maksimal"

Comment Author Avatar
Mengaktifkan HDR nih yang saya masih sering lupa melakukan saat mau ngambil gambar pakai ponsel.
Sepakat mbak, dengan terus berlatih, walau cuma pakai kamera hp, tetap bisa menghasilkan foto yang bagus kalau sudah tahu tekniknya
Comment Author Avatar
Yes. Sering berlatih. Ak tmbhin ya...sering melihat referensi dari fotografer lainnya. Atau paling gak liat2 hasil foto di mdsos lainnya
Comment Author Avatar
Tips nya bagus, terlebih tentang Sinar matahari, saya sering batal motret kalo matahari terlalu terik atau sebaliknya
Comment Author Avatar
Aku lagi suka banget nih k belajar motret dengan kamera hp, suka aja kayaknya cari angle yang cocok di hati hihi.
Comment Author Avatar
makasih ya mbak tipsnya..
meski punya kamera, tapi aku sih lebih sering moto oake kamera hp, lebih praktis
Comment Author Avatar
Daku juga lagi latihan motret pakai hape biar terbiasa lagi. karena berfoto dengan hape lebih simple cepet buat ngejepret juga kalau ada momen bagus.
Comment Author Avatar
Seringkali abai soal membersihkan kamera, nih. Dipikir aman-aman aja, pas hasil ngeblur yang disalahin hapenya.. Hahahaha..
Comment Author Avatar
Memotret dengan kamera HP kini semakin mudah dan bagus karena spesifikasi hp sudah setinggi kamera profesional, bahkan lebih. Apalagi disertai keahlian mengoperasikan fitur kamera, hasil foto hp akan semakin menakjubkan. Enaknya motret pakai HP, praktis dibawa dan praktis digunakan ya mbak :)
Comment Author Avatar
Bener banget. Sekarang, dengan meningkatnya kapabilitas HP, memotret jadi lebih efisien dan efektif. Tinggal kitanya terus belajar meningkatkan skill kita dalam memotret
Comment Author Avatar
Terus belajar dan menggali ilmu dari para photographer yang berkualitas akan membantu kita untuk terus berkembang skill nya. Termasuk tentunya terus berlatih dan berlatih.
Comment Author Avatar
wuah makasih tipsnya
iya nih, kadang aku juga cari tips2 motret
sebagai blogger, kita dituntut juga untuk punya foto2 yang cakep yak
biar makin keren gitu blognya
Comment Author Avatar
Makasih mbak Fiona tipsnya, manfaat banget nih buat Aku secara kalau ada job ya pegangnya kamera hp aja.
Comment Author Avatar
Tim memotret pakai smartphone hadiiirrr ... Hahaha, ya gimana memang punyanya kamera dari smartphone aja, sih. Tapi kalau sedang beruntung, hasilnya nggak kalah bagus, kok. Eh kubilang kalau lagi beruntung karena aku kerap berada di dalam rumah yang pencahayaan tuh kurang banget. Jadi ya gitu deh. Hasil foto kurang maksimal. Makanya, setuju banget bahwa kualitas pencahayaan meski kita pertimbangkan.
Comment Author Avatar
Setuju nih dengan utamakan cahaya, selain itu pahami berapa buaan lensa atau f kamera hp kamu, karena dengan mengetahui f kamu bisa menentukan atau batasan jepret di dalam minim cahaya
Comment Author Avatar
Siap mencoba menerapkan ilmunya mbak, makasih ya. Denga kamera ponsel pun sekarang hasil jepretannya juga bagus-bagus ya.
Comment Author Avatar
Masih belajar banget buat motret pake kamera ini terutama kalo urusan cahaya.
Kadang terlalu silau jadi objeknya overlight. Kadang malem juga nggak puas ama hasilnya karena kurang bright.
Comment Author Avatar
Justru saya lebih suka pake kamera yang ada di HP, karena lebih simpel dan praktis. Hanya perlu meningkatkan ketrampilan menggunakan kamera HP tersebut agar mendapatkan hasil yang oke.
Comment Author Avatar
Saya masih perlu banyak belajar nih, secara saya belum punya kamera canggih. Padahal bagi seorang blogger perlu foto yang bagus untuk kontennya. Tapi kalo nerapin tips ini di kamera ponsel, semoga hasilnya sesuai dengan ekspektasi ya
Comment Author Avatar
Makasi tipsnya mba, saya kalau foto produk atau makanan tetap aja gak jago2 mungkin perlu tips khusus ya
Comment Author Avatar
emang sebenernya nggak penting sih alatnya, yang penting "the man behindnya". Hihi. Maaci tipsnya mba, mau.coba praktekin biar makin kece ah hasil jepret dari hapeeee..
Comment Author Avatar
Memang sih, kita lebih sering pake kamera hape buat motret. Sekarang sih masih suka asal jepret. Nggak tahu apa yang harus dipertimbangkan. Ada objek tinggal jepret.

Ternyata nggk semudah itu ya buat dapatkan hasil yang bagus. Baiklah. Yuni akan coba satu demi satu caranya.
Comment Author Avatar
Memang lebih praktis ya motret pakai ponsel. Apalagi ponsel sekarang cukup mumpuni lah. Nah, itu dia, susah supaya engga goyang. Aku sampai tahan nafas lhooo...Haha...
Masih belajar kalo tentang pencahayaan. Makasih sharingnya...
Comment Author Avatar
Bagian membersihkan kaca kamera itu duu au suka kelupaan. Sampia suatu ketika ada teman bilang, kalau mau moto bersihkan dulu kacanya.

Sejak saat itu aku selalu bersihkan kaca sebelum take pict hehe
Comment Author Avatar
Bersihkan kameranya itu bener banget, pernah soalnya daku lupa bersihkan kirain sih efek bokeh, lah ternyata karena nggak sikap dulu kameranya haha
Comment Author Avatar
tips yg bermanfaat, beneran harus dilakuin ni..lha mau gimana lagi, kan emang punyanya camera hp, hehe
Comment Author Avatar
aku setuju banget tuh untuk membersihkan kamera HP sebelum mengambil foto/video
karena biasanya kita gk sadar kalau kamera kita itu kotor. efeknya pun lumayan bikin jernih kak hehehe
Comment Author Avatar
Yoi bener kak nggak perlu insecure dg peralatan krn kl manfaatin dr kamera smartphone bisa dilakukan, selain itu mmg skrg ini banyak kamera smartphone yg sdh mendukung keperluan content creator
Comment Author Avatar
Aku juga ngapa-ngapain ngandelin hp, termasuk buat foto. Blm kebeli kamera khusus mah, hehe.
Emang kitanya harus rajin ngulik dan berlatih ya Mbak, biar hasil foto bagus meski pakai hp...
Comment Author Avatar
yes betuuul, aku juga sampai sekarang masih belajar untuk mengatur cahaya agar hasil foto lebih baik karena itu salah satu kunci berhasil hehe
Comment Author Avatar
nah ini, motret pake hp juga bisa jadi kece badai asal tau ilmunya ya kak, aku ada beberapa temen yang jepretannya pake hp bisa keren bgt, pengen belajar juga jadinya
Comment Author Avatar
Gw juga seringnya kalo moto pake HP. Alasannya sih klasik, gak punya kamera, wkwkwkwk
Comment Author Avatar
Aku nerapin semua tips ini kalau ngelakuin ptografi. Soalnya biar kerjanya lebih terstruktur aja sih sebenarnya.
Comment Author Avatar
Eh tosss, aku juga Mi Lovers, sayangnya belum upgrade2 nih HP nya dari Redmi Note 5 wkwkwk. Entah kapan ya bisa upgrade HP... Btw, makasih tips2nya.. aku yang suka lupa itu bersihin kamera hihi.