Ikuti Cara Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung Ini Agar Hasilnya Lebih Bersih

 


Jaman sekarang mesin cuci sudah menjadi barang yang wajib ada di rumah, dengan menggunakan mesin cuci kegiatan mencuci baju jadi lebih mudah, praktis, dan efisien.


Dirumah, anggota keluarga saya ada 6 orang terdiri dari saya, suami, 3 anak dan 1 keponakan. Bisa dibayangkan seberapa banyak pakaian kotor yang tercipta tiap hari? Telat mencuci satu hari saja keranjang baju kotor akan meluber. Makanya saya memerlukan mesin cuci sebagai penolong saat genting.


Ada beberapa mesin cuci yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, ada mesin cuci dua tabung, mesin cuci satu tabung top loading dan mesin cuci satu tabung front loading. Kebetulan dirumah saya menggunakan mesin cuci 1 tabung yang jenis front loading, Alhamdulillah masalah cuci mencuci sudah bisa teratasi.

 

Tips mencuci baju dengan mesin cuci agar lebih bersih.

Pisahkan jenis pakaian

Beberapa jenis pakaian tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci seperti sutra dan bahan halus lainnya, jadi sebaiknya pisahkan pakaian berdasarkan jenisnya. periksa label pakaian yang tertera, perhatikan yang berlabel “hand wash only” dan “dry clean only” agar pakaian lebih awet.


Pisahkan pakaian berdasarkan bahannya.

Usahakan mengelompokkan pakaian kita berdasarkan tingkat ketebalan kain, misalkan yang berbahan jeans atau denim, celana katun tebal, handuk mandi, sweater dan jaket. pakaian ringan seperti pakaian dalam jangan dicuci bersamaan sebaiknya cuci secara terpisah.


Pisahkan pakaian menurut warna.

Pewarna pada pakaian baru biasanya akan luntur saat pertama kali dicuci, agar tidak merusak pakaian lainnya sebaiknya pisahkan pakaian yang berwarna gelap dan terang. Kalau pakaian kita ada nodanya sebaiknya bersihkan noda lebih dulu baru dimasukkan ke mesin cuci.


Setelah memilah-milah jenis pakaian kemudian kita beralih ke proses pencucian, karena saya menggunakan mesin cuci jenis front loading jadi saya mau memberi tutorial mesin cuci jenis ini ya..

 

Cara menggunakan mesin cuci satu tabung.

1. Pertama-tama pastikan selang air pada mesin cuci dan kran air terpasang dengan benar, kran air juga harus selalu menyala karena mesin cuci jenis ini secara otomatis akan mengisi tabung air. Volume air yang masuk juga otomatis disesuaikan oleh mesin cuci.


2. Masukkan cucian kedalam tabung, ingat jangan memasukkan baju terlalu banyak agar hasil cucian bisa bersih optimal.


3. Masukkan deterjen ketempat yang sudah disediakan, kalau ingin menambahkan cairan pewangi atau pelembut kita tinggal memasukkan ke tempat yang sudah disediakan biasanya ada disebelah tempat deterjen.


4. Pilih siklus pencucian, pada mesin cuci otomatis kita harus langsung memilih setelan pencucian, terdiri dari seberapa lama waktu pencucian, pembilasan dan tingkat pengeringan. Setelah semua diatur lalu tekan tombol start.


5. Setelah memencet tombol start tutup pintu mesin cuci yang otomatis akan terkunci. Dan mesin akan secara otomatis mengisi air sampai batas standart. Kemudian mesin cuci akan memulai proses mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian secara otomatis tanpa perlu ditunggui.


6. Setelah proses pencucian selesai ditandai dengan nada alarm, keluarkan pakaian lalu tinggal kita jemur dibawah terik matahari atau cukup diangin-anginkan saja agar warna pakaian tidak cepat pudar.

 

Nah itu tadi tips cara menggunakan mesin cuci satu tabung, saya lebih memilih mesin cuci satu tabung yang jenis front loading karena hasil pencuciannya lebih bersih, hemat air, hemat listrik, dan tidak merusak baju.


Untuk deterjen yang biasa saya gunakan saat mencuci adalah Rinso cair, kenapa saya memakai Rinso cair? Sebab Rinso cair dilengkapi formula anti noda yang 3x lebih aktif mengangkat noda pada pakaian. selain itu tidak meninggalkan residu yang bisa menyebabkan selang air pada mesin cuci kotor dan untuk hasil pencucian lebih bersih, lembut dan wangi tanpa perlu menambahkan softener lagi.

 

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

29 komentar untuk "Ikuti Cara Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung Ini Agar Hasilnya Lebih Bersih"

Comment Author Avatar
Menarik panduan cerita pengalaman menggunakan produk tersebut...
Comment Author Avatar
Saya di rumah masih pakai mesin cuci 2 tabung nih, mba
Ada cita-cita juga mau pakai front loading
Berapa lama mba, dari awal sampai siap jemur?

Rinso emang selalu jadi andalan detergent ya...
Comment Author Avatar
Untuk lama prosesnya bisa diatur mbak, jadi setelan waktunya bisa disesuaikan mau berapa lama gitu
Comment Author Avatar
Tipsnya boleh nih kak, bisa dicoba nih untuk digunakan dirumah.
Comment Author Avatar
Yup kak, anti ribet2 club ya
Comment Author Avatar
Saya pakai mesin cuci satu tabung. Antiribet, karena mulai dari ON sampai OFF, pakaian udah jadi, udah kering, udah wangi. Hihihi. walau pun secara ukuran jauh lebih kecil dan pakaian yang dicuci pun gak bisa sebanyak mesin cuci 2 tabung.
Comment Author Avatar
Aq suka pakai mesin cuci satu tabung karena praktis kak, nggak pake nungguin tau2 udah bersih dan wangi aja
Comment Author Avatar
aku di rumah juga pakai mesin cuci satu tabung mbak
dan juga emang klo mencuci dgn mesin cuci detergennya harus yg khusus mesin ya, biar nggak merusak mesin dan pakaian
Comment Author Avatar
Iya mbak, deterjen lain kadang meninggalkan residu di selang dll jadi nggak baik buat mesinnya
Comment Author Avatar
Saya masih meneliti berapa maksimal pakaian yang bisa dicuci optimal oleh mesin cuci di rumah saya. Sebab saya masih merasa belum bersih juga hasil bilasannya meskipun telah diperas sampai 3x.
Comment Author Avatar
Memang rerata hasil kerja mesin cuci nggak sebersih hasil ngucek pakai tangan mbak, tapi ya dari pada ribet dan capek ya sudah aq terima aja hasil kerja mesin cuci saya.. Hihihi
Comment Author Avatar
Memang mesin cuci satu tabung itu praktis ya...maka sejak punya mesin cuci saya pilih jenis ini. Apalagi makin lengkap jika sabun cucinya Rinso yang memang sudah ternama kualitasnya. Pas jadinya!
Comment Author Avatar
Iya mbak, praktis dan nggak perlu repot nungguin dll. Tinggal masukkin aja bajunya ntar udah kelar sendiri
Comment Author Avatar
mesin cuci ini emang sangat membantu meringankan urusan mencuci pakaian. Kalau urusan detergen, serahkan pada ahlinya yang sudah melegenda, rinso
Comment Author Avatar
Aku kalo nyuci gak pernah pilah-pilah. Masukin aja semuanya :D mungkin udah saatnya kudu insaf
Comment Author Avatar
Enak ya mba kalau yg 1 tabunh jadi ga perlu keluarin masukin lagi tau tau cucian udah beres tinggal dijemur deh
Comment Author Avatar
Praktis banget mesin cuci satu tabung ini. Kalau aku pake yg dua tabung sih. Namun lumayan untuk menghendel cucian yang banyak tiap harinya. Saya dan suami, anak SD dan bayi pasti cucian selalu menumpuk setia hari. Nah, deterjen nya juga pastinya pake Rinso Cair sehingga lebih bagus buat mencuci di mesin cuci.
Comment Author Avatar
Di rumah saya adanya mesin cuci 2 tabung, konon katanya mesin cuci 1 tabung lebih bagus ya. Pengen cobain juga, tapi harus beli dulu kayaknya niih
Comment Author Avatar
6 tahun sejak menikah sampai sekarang saya pakai mesin cuci satu tabung. Enak, tinggal masukin pakaian, tuang deterjen, puter keran, udah beres deh tinggal tunggu bunyi tombol OFF tanda cuciannya beres dan sudah kering. Tinggal dijemur sebentar aja deh. Memang kekurangannya adalah tabungnya jauh lebih kecil dibanding mesin cuci 2 tabung.
Comment Author Avatar
Aku memang pakai mesin cuci 1 tabung di rumah Kak jadi lebih bisa menyimpan tenaga untuk pekerjaan rumah lainnya. Memang pasangan yang pas untuk mesin cuci 1 tabung ya rinso cair.
Comment Author Avatar
Aku jadi inget beli ini ga kepake gara2 ga bisa narik air huhu... endignnya di jual beli yang bisa narik air hehe
Comment Author Avatar
Wah beneran baru tau kalo nyuci di mesin cuci harus pakai detergent khusus. Biar ngga rusak. Huhu kemana aja aku nii, ketauan banget nggapernah nyuci 😢
Comment Author Avatar
kalau saya masih menggunakan mesin cuci dua tabung yang kebetulan masih bagus kondisinya walau sudah berumur delapan belas tahun.. namun untuk detergen, dari dulu hingga sekarang tetap fanatik sama rinso
Comment Author Avatar
Kalau saya masih belum pede cuci pakai satu tabung, hihihi. Entah kenapa dr dulu tersugesti pakai dua tabung. Walau ingin jg punya yg satu tabung, denger2 emang lebih praktis
Comment Author Avatar
Waduh kak, kalo saya mah nyucinya masih manual pake tangan aja deh, sembari olahraga hehe. Tapi thanks ya infonya sangat berguna nih..
Comment Author Avatar
Kalau dirumah mesin cucinya 2 tabung, tapi yg berfungsi cuma 1 tabung. Maklum pengeringnya sedang rusak. Hehe
Biarpun begitu pemakaian mesin cuci khusus 1 tabung jg harus diperhatikan ya
Comment Author Avatar
Saya juga sama menggunakan front loading Kak. Tahan lama juga karena sudah pakai bertahun-tahun. Jenis detergen yang digunakan kalau saya bervariasi antara detergen cair dan detergen bubuk. Biasanya detergen bubuk khusus untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian putih.

Tapi kini sudah ada rinso cair juga ya yang cocok dipakai untuk jenis mesin cuci ini.
Nanti saya cobain deh. Kalau ingat noda membandel, entah kenapa jadi ingat Rinso hehe
Comment Author Avatar
pantesan cucianku kadang kurang bersih, lha kebanyakan isinya sih, hehheehe
Comment Author Avatar
Aku masih pake 2 tabung. Budgetnya segitu waktu itu. Hahahaha. Worth it enggak ya kalo upgrade ke 1 tabung front loading?