Sempat Panik, Google Down Secara Massal!

Malam kemarin, tepatnya tanggal 13 Desember 2020 mulai pukul 18.47 Google mengalami down. Nah down nya si Google kali ini terjadi hampir di semua produknya termasuk Gmail, Gform, YouTube, dan produk Google lainnya. 


Awalnya sempat panik saat mau mengisi sebuah laporan pekerjaan, pas saya klik Gform report nya kok nggak bisa dibuka. Sampai saya akali buka Gform nya dengan email cadangan tapi tetap nggak bisa. 


Saya masih berusaha dengan mengirimkan link Gform tersebut ke hape teman, tapi setelah dibuka memang hasilnya nggak bisa. Opsi lain, tanya ke teman sesama pengakses Gform yang sama, teman saya bilang tadi bisa dan sudah sukses laporan dari sore. 


Wah makin kalang kabut jadinya,  karena saya tipe orang yang nggak mau menunda-nunda kerjaan apalagi yang berhubungan dengan banyak orang. Saya nggak mau terlihat tidak profesional biarpun itu dalam hal kecil. 


Akhirnya saya lapor ke grup saja, niatnya mau bilang Gform nya nggak bisa diakses. Dan sedikit lega rasanya saat tau teman yang lain juga mengalami hal yang sama. Ah ternyata bukan masalah sinyal atau gmail saya yang bermasalah. 


Pas buka twitter ternyata memang sudah jadi trending topik, kenapa ya? Apa cuma di negara saya tercinta aja yang mengalami down? 




Google Down, Apa Penyebabnya? 


Berdasarkan situs DownDetector, eror kali ini diperkirakan mulai pukul 18.30 WIB penyebabnya ialah masalah kuota penyimpanan internal dan perkiraan sudah normal lagi di jam 19.32 WIB. down ini sendiri ternyata dialami hampir seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia saja tapi termasuk Malaysia, Jepang, AS, dan banyak negara Eropa seperti Inggris, Polandia, Hungaria, Italia, hingga Spanyol.


Akhirnya saat teman memberitahu di grup kalau Gform sudah bisa di akses, saya buru-buru mencoba dan Alhamdulillah sudah bisa diakses kembali, akhirnya kelar juga tugas saya. 


Dalam waktu 5 bulan ini memang raksasa Google sudah pernah mengalami down sebanyak 5kali, tapi semoga kedepannya nggak akan terulang lagi ya, karena mengingat hampir semua orang mengakses informasi melalui Google. 

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

2 komentar untuk "Sempat Panik, Google Down Secara Massal! "

Comment Author Avatar
Saya tahunya dari akun twitter
Sebenarnya saya senang dengan donwnya google ada harapan iklan saya bisa muncul sempurna di blog saya, eh ternyata sama saja setelah normal
Comment Author Avatar
Ini seperti berharap banyak kesempatan dalam kesempitan ya mas 🤭