Sensus SDGs Desa, Pengertian, Tujuan dan Sasaran.


Sensus SDGs Desa, Pengertian, Tujuan dan Sasaran - Selama bulan Mei kemarin saya hanya update blog sekali dalam satu bulan, ini karena saya disibukkan dengan tugas dari balai desa. Jadi pertengahan Ramadhan kemarin saya dan teman-teman kader Posbindu mendapat undangan rapat ke balai desa sehabis tarawih, kami awalnya nggak tau rapat ini membahas tentang apa. Setelah menunggu beberapa waktu barulah kami paham kalau kami bakal ditunjuk sebagai enumerator program SDGs Desa.


Dalam kegiatan ini saya dan kader Posbindu sebanyak 6 orang lalu bekerjasama dengan teman-teman karang taruna sebanyak 8 orang. Di rapat kali ini bapak kepala desa (kades) hanya menjelaskan secara sederhana gambaran program SDGs yang masih terasa awam untuk kami.


Beberapa hari kemudian kami rapat bimtek program kerja bersama pendamping dari kecamatan. Disini kami dijelaskan secara menyeluruh apa itu program SDGs Desa dan bagaimana mekanisme pelaksanaannya.

 

Apa Itu SDGs Desa?

SDGs (Sustainable Development Goals disingkat SDGs) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Tujuan Dan Sasaran SDGs Desa?

Merujuk dari peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomer 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021. Setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs tersebut, yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa tanpa kesenjangan
  4. Desa sehat dan sejahtera
  5. Desa damai dan berkeadilan
  6. Pendidikan desa berkualitas
  7. Desa berkesataraan gender
  8. Desa layak air bersih dan sanitasi
  9. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  10. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  11. Inovasi dan infrastruktur desa
  12. Lawasan pemukiman desa berkelanjutan
  13. Konsumsi dan produksi desa yang ramah lingkungan
  14. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  15. Ekosistem laut desa
  16. Ekosistem darat desa
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

 

Nah menurut situs resminya, bisa diartikan pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs desa ialah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga dan warga.


Dalam konteks pembangunan desa, dibutuhkan arah pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapanagan. Yaitu yang lebih detil atau mikro, tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaatan keluarga atau individu, mencakup segala aspek metode, substansi, dan tujuan akhir.


Jadi Sustainable Development Goals atau tujuan pembangunan berkelanjutan berposisi mengisi segenap kebutuhan tersebut. Dan Indonesia saat ini menterjemahkan sampai pada level desa menjadi SDGs Desa.

 


Mekanisme Pelaksanaan Sensus SDGs Desa.

  • Pertama-tama kami para relawan kelompok kerja (enumerator) program SDGs mengikuti bimtek, kemudian para enumerator ini dibagi tugas diarea masing-masing seperti kami 14 orang yang bertugas di 14 RT jadi tiap orang menghandle 1 RT yang rata-rata penduduk disini sekitar 45-50 rumah.
  • Selanjutnya para enumerator mendownload aplikasi SDGs Desa di Playstore, log in menggunakan no KK dan no hape yang sudah didaftarkan oleh pihak pendamping.
  • Setelah itu kami mendata by name by address dengan mengisi kuisioner survey yang ada di aplikasi. Data yang diinput tim enumerator akan langsung terhubung dengan pendamping desa, kecamatan juga kabupaten.


Kesan-Kesan Dalam Pelaksanaan

Saat bertugas dilapangan kami memang menemukan beberapa kendala seperti sulitnya mencari nama yang terdaftar di desa tapi orangnya jarang pulang karena merantau keluar kota, tapi Alhamdulillah keluarganya mau memberi kami kontak beliau jadi urusan seperti ini sudah bisa teratasi. ada juga yang mengatakan kartu KK nya hilang, nah dari sini kami juga menghimbau mereka ini untuk segera mengurus KK baru agar saat dibutuhkan sewaktu-waktu sudah siap.

 

Pelaksanaan program kerja SDGs ini sendiri mulai tanggal 1 Maret 2021 sampai 31 Mei 2021, tapi diberbagai desa sekitar tempat tinggal saya sampai hari ini masih melaksanakan program ini. Akhirnya Pertanggal 20 Mei 2021 kami sudah menyelesaikan pendataan sensus SDGs ini dan data yang kami kumpulkan nantinya akan digunakan untuk keperluan beragam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

29 komentar untuk "Sensus SDGs Desa, Pengertian, Tujuan dan Sasaran."

Comment Author Avatar
Pertanggal 20 Mei 2021 kami sudah menyelesaikan pendataan sensus SDGs ini dan data yang kami kumpulkan nantinya akan digunakan untuk keperluan beragam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

MANTAB, mba Fiona!
BarokALLAH untuk dirimu dan all team ya.
Keren sangat ini mah
Comment Author Avatar
Makasih banyak ya mbak 🤭
Comment Author Avatar
Bagus banget visi misi programnya. Semoga kedepannya desa-desa di Indonesia makin maju dan lebih baik ya, dan merata di semua desa. Kalo untuk kebaikan, pasti diberi kemudahan sama Allah. Sukses selalu!
Comment Author Avatar
Ada 18 tujuan dan sasaran dalam Sensus SDGs Desa ini ya mbak. Semoga program yang dijalankan dapat berkesinambungan sehingga tercapai seluruh tujuan. Kasihan kalau masih banyak saudara2 kita di berbagai penjuru desa masih banyak kekurangan fasilitas yang menjadi hak mereka juga. Pendidikan, pekerjaan, dan lainnya semoga semakin merata dinikmati dan meraih kesejahteraan.
Comment Author Avatar
wah keren Mbak Fiona jadi Posbindu, barakallah

Baca tulisan ini saya jadi paham darimana pemerintah pusat dapat data SDGs

thanks berat ya
Comment Author Avatar
Wah keren banget ada program SDGs ini ya? Jadi seperti memajukan kesejahteraan lahir batin Desa. Semoga bisa berjalan lancar dan berkesinambungan ya Mbak.
Comment Author Avatar
MashaAllah. Melihat ke-18 tujuan dan sasaran dari SDG2, program ini sungguh berkualitas dan jika berhasil akan memberikan efek luar biasa bagi perkembangan ekonomi negara kita. Jika masyarakat di lingkungan terkecil seperti desa/kelurahan sudah sejahtera, konsep kemakmuran merata pun akan mudah dicapai.

Sangat berharap agar program seperti ini dapat menyebar merata di seluruh provinsi di Indonesia.
Comment Author Avatar
Wah kak Fionaz pastinya berat juga ya tuntutan kerja di SDGs Desa. Manfaat dan sasarannya juga jelas tuh dan mudah2an bisa benar2 mengcover masyarakat di sekitarnya.

Btw, cair-cair nih dapet duit banyak dari proyek SDGs desanya :D uhui traktir siomay or bakso tusuknya dong haha :D
Comment Author Avatar
Alhamdulillah Sensus SDGs Desa sudah dapat diselesaikan bersama tim ya, mba.
Semoga tujuan dr kegiatan ini tercapai, masyarakat diberdayakan dgn baik, sehingga kesejahteraan meningkat.
Comment Author Avatar
Sustainable Development Goals atau SDGs sudah dilevel desa. Itu bagus sekali, karena sudah menyentuh grassroot. Bulan Mei lalu memang ada tetangga saya yang aktif di posbindu melakukan survei kecil. Bahasa sederhana yang ia katakan adalah pembaharuan data, agar warga lebih cepat paham.
Comment Author Avatar
wah keren mbak Fiona.
memang dgn SDGs ini, desa bisa berkembang lebih maju ya mbak. lepas dari bayang bayang kemiskinan
Comment Author Avatar
Sensus sdgs juga sudah sampai di tempat saya tinggal. Sensus berkualitas hasilkan data maksimal.
Comment Author Avatar
sensus SDGs desa ini berguna untuk menentukan program apa yg akan dibuat selanjutnya ya mbak
Comment Author Avatar
Dua minggu lalu aku nemenin ibuku nih mbak ngedata SDGs ini, allhamdulillah lega sudah laporan
Comment Author Avatar
Kontribusi Kak Fio menginspirasi untuk turut terjun sebagai enumerator dalam program SDGs Desa. Semoga desa-desa di negeri kita dapat terus berkembang dan maju
Comment Author Avatar
Waah MasyaAllah luar biasa sih. Harapannya ngga ada lagi ketimpangan ekonomi di indonesia ya mba. Anak desa yang pindah ke kota juga akhirnya pikir2 lagii, biar mengabdi di desa masing-masing
Comment Author Avatar
Mantap deh kalau ada sensus detil dari tingkat terkecil begini. Moga
menjadi sumbangsih besar bagi bangsa, ya
Comment Author Avatar
Wah ternyata ada sensus SDGs ya.. semoga dilancarkan semuanya di seluerh wilayah indonesia supaya negara kita punya data yang baik dan benar untuk digunakan sebagai pacuan pensejahteraan masyarakat :)
Comment Author Avatar
SDGs ini konsepnya keren sekali ya Mba. Semoga dengan program ini, tidak ada lagi desa yang tertinggal, karena alasan kurangnya pembangunan yang merata. Mantap nih harus didukung banyak pihak.
Comment Author Avatar
Semoga programnya lancar ya mbak. Kadernya juga semangat terus biar tercapai tujuan dari SDGs nya ^^
Comment Author Avatar
Mantap program SDGs ini ya mba. Semoga lancar dan semoga merata di seluruh wilayah Indonesia.
Comment Author Avatar
Mantap mbak, semoga desa2 tersebut dapat berkembang dan masyarakatnya sejahtera, semoga lancar yaa untuk kegiatannya. Selamat menjalankan tugas!
Comment Author Avatar
jadi klo orang nya merantau ke kota pun akan tetep di survey ya mba? sejauh ini aku belum dapet kabar survey SDGs di kampung nih
Comment Author Avatar
Biasanya sensus hanya sebulan ya kak.. tapi sensus SDGs ini sampe 2 bulan ya kak. berarti cukup padat nih beban kerjanya.
Semoga dengan adanya sensus SDGs, semakin berkembang desa di Nusantara
Comment Author Avatar
SDGs ini sangat bagus program yaitu ingin menuntaskan kemiskinan yg terjadi di desa yg tidak tersentuh oleh pemerintah, makanya perlu di lirik juga di desa" lainnya
Comment Author Avatar
Mba, program nya ini bagus banget. Kalau bisa kolaborasi sama yayasan2 non profit non pemerintah kayaknya bisa nih bersinergi. Oh ya, kalau boleh tahu kenapa harus ketemu kepala keluarganya yg sedang merantau? Apa ga bisa dg keluarga yg ada di lokasi saja?
Comment Author Avatar
bagus ini mbaa sensusnya yaa.. sekarang memang perlu pendataan yang lebih baik agar desa bisa lebih optimal lagi dalam menggarap potensi desanya
Comment Author Avatar
Oh ya, kemarin saat pulang ke rumah mertua pun Kaka ipar lagi sibuk sensus katanya. Berarti SDGs sensus ini yaa yang dimaksud. Karena beliau ketua RT maka jadi makin sibuk bersama relawan yang lain. Sukses terus yaa pelaksanaan nya
Comment Author Avatar
Program SDGs ini keren dan bermanfaat banget mba, apalagi untuk desa desa terpencil yang kesejahteraannya masih belum merata. Lancar lancar semua nya ya Mba