Pentingnya Peran Makanan Antioksidan Dalam Tumbuh Kembang Anak

 


Pentingnya Peran Makanan Antioksidan Dalam Tumbuh Kembang Anak - Dalam masa pertumbuhan umumnya anak-anak membutuhkan zat gizi yang baik untuk tumbuh kembang yang optimal. Asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak-anak jelas porsinya lebih banyak dari pada orang dewasa.


Di masa tumbuh dan kembang ini anak membutuhkan asupan antioksidan vitamin C yang berguna untuk membantu mereka mengekstrak energi dari makanan yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar yang tepat untuk tumbuh, bermain dan belajar.


Antioksidan vitamin C juga berguna untuk mencegah infeksi, sebagai penyerap zat besi yang sangat baik untuk anak. karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan daya konsentrasi. Anak-anak tentunya membutuhkan konsentrasi yang baik saat belajar.


Selain itu anak-anak juga memerlukan antioksidan vitamin D yang bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah rakhitis. Dari sini kita bisa memahami pentingnya peran antioksidan untuk anak kan, tapi sudah paham kah kita tentang antioksidan itu sendiri?

 

Pengertian Antioksidan.

Antioksidan adalah zat alami yang dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, nah biasanya radikal bebas ini disebabkan karena polusi hingga paparan sinar ultraviolet.


Radikal bebas itu sendiri ialah zat yang terbentuk dari dalam tubuh saat proses metabolisme, selain itu zat ini juga bisa berasal dari luar tubuh misalnya polusi, pestisida pada tumbuhan, atau obat-obatan. Paparan radikal bebas bisa merusak susunan DNA sel, menyebabkan peradangan hingga melemahkan daya tahan tubuh.


Karenanya bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan zat yang bersifat antioksidan diantaranya flavonoid, polifenol, beta karoten, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zink, selenium, likopen, lutein dan antosianin (zat warna pada buah dan sayur)


Kalau bicara tentang makanan antioksidan kita mungkin berfikir sebuah makanan sumber vitamin yang harganya relatif mahal, padahal antioksidan secara alami dapat diperoleh dari makanan seperti buah atau sayur, dan harganya pun relatif terjangkau.

 

Makanan antioksidan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Wortel

Wortel memiliki kandungan antioksidan beta karoten yang tinggi yang terdapat pada warna orange dari sayur ini, selain itu wortel juga mengandung vitamin C dan kombinasi kedua nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan manfaat dari wortel, kita bisa memberikan anak-anak sayur wortel ini untuk dimakan secara mentah, dibuat jus atau bisa juga dijadikan kreasi menu masakan seperti sup atau juga tumis.

 

Pepaya

Makanan antioksidan selanjutnya ialah pepaya, buah yang mudah didapat juga murah ini banyak mengandung sumber antioksidan seperti karotenoid, vitamin C, dan flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Rasa manis dan segar pada pepaya pasti disukai anak-anak. selain dimakan secara langsung kita juga bisa mencampurkan buah ini pada sop buah atau jus.

 

Bayam.

Bukan hanya pada buah saja ya teman, sumber antioksidan selanjutnya bisa kita peroleh dari sayuran hijau seperti bayam. Bayam merupakan sumber antioksidan yang baik karena mengandung karotenoid, vitamin C, vitamin E, dan zink. Semua nutrisi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan mata.

Agar proteksi kita lebih optimal, Kita bisa memberikan anak-anak manfaat dari bayam ini untuk dijadikan menu makanan harian seperti sayur bening bayam, tumis bayam, atau kalau anak-anak suka kita juga bisa memberikan mereka jus bayam yang dikombinasikan dengan sayuran atau buah lainnya.

 

Penutup.

Nah teman, ternyata mudah kan memenuhi nutrisi harian anak melalui makanan antioksidan seperti yang sudah kita ulas di atas tadi. Jadi selalu pastikan nutrisi harian anak tercukupi agar tumbuh kembangnya optimal ya.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

13 komentar untuk "Pentingnya Peran Makanan Antioksidan Dalam Tumbuh Kembang Anak"

Comment Author Avatar
Noted banget nih, mudah dan murah juga sih ya apalagi bisa tumbuh di segala musim, tfs kak
Comment Author Avatar
Sayangnya anak - anak gak suka sayur ya, anak - anak ku juga begitu harus putar otak biar mau makan, jadilah SOP ceker ayam paki wortel. Kalau bayam udah pasti gak dimakan, at least kalo pepaya mau sih. Karena manis mungkin ya.
Comment Author Avatar
Pentingnya membiasakan anak sedari dini untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan. Kalau udah terbiasa pastinya gak pilih menu sehat yang kita kasih ya mba.
Biasanya kan ada beberapa tipe anak yang malas makan sayuran.
Comment Author Avatar
Anakku suka sama wortel tapi kalo dibuat sop, bayam juga begitu. Kalo makan buah dia agak moody.
Comment Author Avatar
Waa.. Wortel, Pepaya dan Bayam termasuk sayur dan buah kesukaanku nih.. Ternyata kandungan antioksidannya jempol ya.. Terima kasih infonya Kak..
Comment Author Avatar
Wahh thank you mba informasinya, saya lagi punya keponakan yang umurnya bentar lagi 1 tahun. Sekarang lagi MPASI, mamanya juga sering buatin bubur dengan campuran bahan-bahan sehat kaya antikosidan seperti wortel, pepaya, dan bayam. Memang tumbuh kembang anak harus diawasi sejak dini agar ia tumbuh sehat dan kuat
Comment Author Avatar
Wah makasiih Kak infonya. Anakku susah banget makan sejak masa mpasi, sampe harus berantem terus tiap makan. Tapi pas udah masuk umur 3 tahun dia mulai bagus makannya, sering minta sayur, aku seneng bgt :") takutnya kalau asupannya gak lengkap kan gizinya jadi gak seimbang
Comment Author Avatar
Betul sekali mba. Makanan antioksidan dan juga kaya akan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan anak. Biasanya aku mencontohkan dengan aku yang makan lahap makan sayur biar anakku juga doyan, hehe
Comment Author Avatar
wah iya anak anak juga butuh makanan yang mengandung antioksidan ya kak biar selalu sehat
anak anakku sih sukanya wort
Comment Author Avatar
Aku suka banget pepaya mbak.
Tapi kadang salah pilih pepaya yang nggak manis. Hiks. Wortel sukanya disayur kalo makan langsung ga berani
Comment Author Avatar
untung sih aku sendiri penggemar sayuran yang notabene mengandung banyak antioksidan. nah prnya emang anak-anak kalau dari kecil gak suka sayuran tuh ke sananya susah buat diajak konsumsi ya kak 😂
Comment Author Avatar
Menarik menarik..di situsasi seperti sekarang memperhatikan asupan untuk keluarga cukup penting.

Bayam aku suka. Seger.
Comment Author Avatar
Ternyata bahan makanan sehari hari seperti bayam dan pepaya juga mengandung oksidan.thanks infonya