Sebaiknya Berjemur Sebelum Mandi Atau Sesudah Mandi?

 


Sebaiknya Berjemur Sebelum Mandi Atau Sesudah Mandi? - Nggak terasa sudah di penghujung bulan Juli nih teman, bagaimana dengan kabar teman semua? Semoga kalian dan keluarga selalu dalam keadaan sehat ya. Selama badai Covid-19 kedua yang melanda negara kita tercinta ini, banyak diantara kita yang mengalami kehilangan entah keluarga, saudara, tetangga, atau bahkan rekan kerja. kabar duka berdatangan baik dari sosial media ataupun dari toa masjid di sekitar tempat tinggal kita.


Mungkin saat virus ini pertama kali ada di tahun 2020 lalu, kami yang tinggal di kampung masih merasa aman. Tapi saat badai Covid-19 yang kedua ini akhirnya banyak orang meninggal tak peduli usia tua maupun muda, entah meninggal karena usia renta atau meninggal karena suatu penyakit, rasanya badan, hati dan pikiran selalu dibuat was-was olehnya.


Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus ini, diantaranya menghentikan sementara kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, hajatan, posyandu, dll. Selain melakukan phisical distancing, masyarakat juga lebih rajin berolah raga dan berjemur di pagi hari.


Manfaat berjemur sinar matahari pagi ini agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar ultraviolet (UV). Tubuh kita membutuhkan Vitamin D yang berguna untuk pembentukan tulang dan pencegahan penyakit. Pertanyaannya, kapan sih waktu yang tepat untuk berjemur sinar matahari pagi? Sebelum mandi atau sesudah mandi?

 

Sebaiknya Berjemur Sebelum Mandi Atau Sesudah Mandi?

Pernah suatu kali teman mencari saya ke rumah niatnya mau ngajak berjemur di samping rumah yang memang lokasinya lapang. Saat itu saya belum mandi, sedang membersihkan kebun pisang sambil bermandikan sinar matahari pagi.


Teman saya tanya “kamu berjemur kok belum mandi?”

Saya hanya jawab “menurut saya lebih baik berjemur dulu baru setelah itu mandi untuk membersihkan keringat dan debu yang menempel”.


Teman saya heran, menurut dia untuk mendapatkan manfaat yang optimal sebaiknya berjemur setelah mandi. Saya pun dibuat galau atas pernyataan teman saya tadi dan bertanya-tanya waktu yang tepat untuk berjemur itu sebaiknya sebelum mandi atau sesudah mandi ya?


Nah menurut beberapa artikel yang saya baca, memang belum ada penelitian medis yang mempelajari terkait manfaat mandi sebelum atau sesudah berjemur. Pada dasarnya mandi sebelum atau sesudah berjemur sinar matahari pagi memiliki manfaatnya masing-masing.


Mandi sebelum berjemur sinar matahari pagi membantu menyegarkan tubuh sebelum terpapar sinar ultraviolet (UV) dan menghilangkan sel kulit mati. Berikutnya, mandi (dengan air dingin) setelah berjemur dapat membantu membersihkan keringat yang dihasilkan setelah paparan sinar matahari dan membantu meringankan peradangan atau inflamasi saat kulit terbakar oleh panas matahari.

 

Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur Sinar Matahari Pagi.

Berjemur dibawah sinar matahari pagi memang sarat manfaat untuk kesehatan. Aktifitas mandi sinar ultraviolet  (UV) ini berguna untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D dari dalam tubuh, vitamin D ini berperan sebagai metabolisme kalsium, meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu fungsi otot dan syaraf.


Mandi sinar matahari pagi yang disarankan sebaiknya dilakukan pada pukul 10 pagi dan durasinya sekitar 15 menit untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan mengurangi resiko paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya.


Perlu diperhatikan ya teman, sebelum berjemur sinar matahari pagi sebaiknya gunakan produk pelindung sinar matahari salah satunya dengan menggunakan body lotion yang mengandung sun protection factor, agar terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi gelap.

 

Jadi sebaiknya berjemur sebelum mandi atau sesudah mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan kita ya teman. Sampai disini sharing kita kali ini, semoga bermanfaat dan mampu menghindarkan kita dari virus yang sedang melanda.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

38 komentar untuk "Sebaiknya Berjemur Sebelum Mandi Atau Sesudah Mandi?"

Comment Author Avatar
Kalau aku biasanya pas lagi di kantor karena matahari di kantor hadapnya bagus utk berjemur. Kalau di surabaya berjemur itu caring istilahnya, hehehe
Comment Author Avatar
Aku lebih suka berjemur sebelum mandi karena bisa langsung menyegarkan diri dengan mandi keramas sesudahnya, hehe
Comment Author Avatar
Sunscreen ya yang gak boleh ketinggalan kalau mau berjemur. Aku tim berjemur sebelum mandi. Kalau udah mandi gerah lagi soalnya
Comment Author Avatar
Saya dan anak saya biasanya mandi dulu, batu berjemur. Hehehe ...
Emang sih menyesuaikan aja dengan kebutuhan ya.
Kalua pas sakit saya itu jemur langsung tanpa mandi dulu juga.
Comment Author Avatar
Ekh aku juga lebih seneng mandi dulu sebelum berjemur, rasanya lebih seger, fresh gtu,klo belum mandi malah ngantuk lagi kena hangatnya sinar matahari kalo aku, heheheh
Comment Author Avatar
Aku biasanya sebelum mandi sih hahaha biar ngga bau matahari lagi. cuman kalau anakku biasanya malah setelah mandi hahaha
Comment Author Avatar
Masya Allah gak kepikiran sih. Trnyata ada efeknya ya. Selama ini hematnya sih, mandi setelah berjemur hahaha..

Betul, membersihkan keringat sehingga lebih fresh.

Ilmunya oke Kak
Comment Author Avatar
Kalo aku sih biasanya berjemur sebelum mandi supaya sekalian gerahnya hahahahaha tapi lebih sering lagi berjemur sambil jemur baju beneran wkwkwk
Comment Author Avatar
Oalah tak kirain ada ketentuan khusus. Klo aku sih keknya lebih senang sebelum mandi, mbak.
Comment Author Avatar
hihi kalau aku tim berjemur sebelum mandi hehe yang penting udh pakai sunscreen ya :) karena bakal bau matahari jadi lebih baik mandinya belakangan ehehe
Comment Author Avatar
Wah masih belum bisa berjemur nih, lagi musim hujan di Bali, hihi.. tengqyu untuk tipsnya mbak. Kapan2 mau coba kalo musim panas kembali.
Comment Author Avatar
aku juga biasanya berjemur dulu baru mandi sih, hihi..
Comment Author Avatar
Tulisan dengan informasi yang bermanfaat. Tapi, saran saja, blog ini perlu pakai theme yang mobile friendly, soalnya di HP saya jadi melebar dan tidak pas di layar. Makasih..
Comment Author Avatar
Tulisan dengan informasi yang bermanfaat. Tapi, saran saja, blog ini perlu pakai theme yang mobile friendly, soalnya di HP saya jadi melebar dan tidak pas di layar. Makasih..
Comment Author Avatar
Jadi mandi sebelum atau sesudah berjemur sama-sama ada manfaatnya ya mba. Alhamdulillah. Saya seringnya jemur dulu baru mandi. Beda sama bayi-bayi saya, mandi dulu baru mereka dijemur. Hihihi.

Vitamin D sangat berperan untuk daya tahan tubuh kita dalam pandemi ini mba. Selain yang alami, kita pun masih disarankan konsumsi vitamin D dosis tinggi, minimal 5000 iu per hari. Kalo kurang dari itu, penelitian di luar negeri, sama juga bohong.

Alhamdulillah keluarga kami pun baru dapat kabar bahagia. Ayah ibu saya yang tadinya covid sudah dinyatakan negatif setelah isoman kurang lebih 3 minggu. Padahal mereka kategori lansia, usia di atas 63 tahun. Berjemur salah satu aktivitas wajib mereka di kampung. Alhamdulillah gak perlu isolasi di RS.
Comment Author Avatar
Saya pun kalau berjemur kadang sebelum mandi, tapi kadang setelah mandi disesuaikan waktu aja hehe
Comment Author Avatar
Aku biasanya sebelum mandi juga, sama kayak mba fiona berarti. cuma aku suka malas kasih sunscreen, karena kupikir sinar matahari pagi kan masih menyehatkan, apa gimana baiknya mbak?
Comment Author Avatar
Kalau aku tim berjemur sebelum mandi sih, kan kadang habis berjemur jadi keringatan ya. Tunggu sebentar sampai keringatnya kering, baru deh mandi, jadi seger.

Kalau mandi dulu baru berjemur, ntar keringatan lagi hehe.
Comment Author Avatar
Wah dari dulu gak pernah ribut mandi setelah atau sebelum berjemur, ternyata mempunyai manfaat masing masing ya. Dan baru tau jugaaaa mandi sebelum berjemu bisa menghilangkan sel kulit mati wawwwww harus dicobaaaa
Comment Author Avatar
Wah kalau saya berjemur dulu baru mandi alasannya supaya kulit ga cepat kering karena bolak balik mandi kena sabun hihihi
Comment Author Avatar
kalo aku suka jemur, tapi biasanya setelah mandi pagi subuh, lalu mandi bejemur dan mandi lagi saat jam 12, enak banget sih badan
Comment Author Avatar
Jadi sebelum atau sesudah tidak ada hal yang spesifik ya kak. Bergantung masing-masing sukanya seperti apa. Kira-kira kalau berjemur pakai sunscreen buat muka enggak ya, jadi kepikiran, hehe.
Comment Author Avatar
Tapi kalau setelah mandi jadi enak gitu bisa langsung berasa angetnya mba.. hehehe
Comment Author Avatar
Saya kalau berjemur pasti belum mandi. Soalnya kalau setelah mandi baru berjemur, bakalan lebih banyak keringatnya. Terus pasti mandi lagi. Jadi gak hemat air hehe
Comment Author Avatar
Aku seringnya sebelum mandi mba Fi hahahaha sempet degdegan ternyata bebaslah ya.
Comment Author Avatar
Teman saya pun berjemur pas di kantor jam 10an pagi. Dan dia lakukan pas setelah mandi pake baju kerja, hihii. semua tergantung selera aja sih
Comment Author Avatar
Saya lebih suka sebelum mandi sih, meskipun kapan aja oke, tergantung kapan sempatnya. Tapi kalau mau berjemur sekalian lari pagi, saya pilih mandi dulu biar semangat, tapi setelah olahraga ya mandi lagi. hehe
Comment Author Avatar
Ya mending keringetan dulu baru mandi mbak
Comment Author Avatar
Aku pun sepakat berjemur sebelum mandi mbak kalaupun keringat bau habis itu kan bisa mandi tapi ya tentu sesuai kebutuhan ya yang penting adalah berjemur.
Comment Author Avatar
Kalau aku pilih berjemur dulu, setelah keringat mulai mengering baru deh mandi. Pernah pagi-pagi udah mandi, terus jam 10 an berjemur, nggak enak banget di badan, gerah.
Comment Author Avatar
SAya kadang sebelum mandi tapi kadang juga sesudah mandi berjemurnya. Seluangnya waktu, karena kadang dah urus anak PJJ jadi belakangan mandinya. Kalau dari pagi sudah mandi ya jemuran setelahnya.
Comment Author Avatar
Mau sebelum atau sesudah bisa-bisa aja ya Mba.. disesuaikan dengan kebutuhan aja. Kalau kebiasaan di keluarga kami sebelum mandi sih, sambil baca-baca duduk di beranda rumah menikmati mentari pagi
Comment Author Avatar
kalau saya sesudah mandi lebih aman, karena kan perlu pake sunscreen. kalo pake suncreen sebelum mandi, sayang dong. nanti abis mandi pake suncreen lagi, wkwkkw. jadi biar irit suncreen. mending mandi dulu. abis itu berjemur dan kalo keringetan tinggal pake kipas aja sampe kering, hehehe.
Comment Author Avatar
Sejak PJJ saya lebih sering berjemur setelah mandi, soalnya mengajar dulu baru luangkan waktu untuk berjemur
Comment Author Avatar
jadi nggak ada rujukan yang paling bener, ya. aku juga kalau berjemur juga lihat sikon, sih. kadang sebelum mandi berjemur dulu, kadang habis mandi apalagi setelah keramas, lanjut berjemur supaya hangat...
Comment Author Avatar
Kalo aku pernah baca, yang penting sebenernya adalah UV Index, Mbak.
UV Index 0-3 itu tergolong aman meskipun tanpa proteksi apapun. Semakin tinggi UV Index nya, semakin bisa merusak kulit dan harus semakin berlipat proteksinya. Misalnya, tidak hanya pakai sunscreen, tapi juga pakai payung, baju lengan panjang, gitu.
Comment Author Avatar
Kalau saya biasanya memilih berjemur sebelum mandi sih. Biar segar setelah berjemur. Nggak kucel, kusam dan berasa nggak keurus.

Menurutku masalah feel aja sih. Iya kan? Hehehehe
Comment Author Avatar
Saya dulu berjemur sebelum mandi, Mbak. Nah, habis berjemur baru mandi, dan itu segar sekali.
Tapi setelah membaca kalau mandi dulu baru berjemur bagus manfaatnya, saya jadi berpikir. Lebih bagus, mandi dulu baru berjemur. Habis berjemur, mandi lagi. Jadi dapat semua manfaat berjemur hehehe.