Mengeksplore Pantai Sowan Tuban

Mengeksplore Pantai Sowan Tuban - Rasanya Tuban selalu memanggil saya untuk kembali menjelajah pantai-pantai eksotisnya, saya memang suka wisata alam apalagi kalau alamnya masih benar-benar terjaga keasriannya. Karena letaknya yang berada di sebelah utara pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan laut jadi sudah nggak diragukan lagi kalau Tuban memang memiliki banyak pantai seperti Pantai Kelapa, Pantai Cemara, Pantai Sowan, Pantai Remen, Pantai Boom, Pantai Depan Klenteng, Pantai Mangrove Center, dll.

Nah untuk mengisi libur akhir tahun kali ini saya beserta keluarga dan teman-teman mengunjungi Pantai Sowan untuk ke tiga kalinya. Tanggal 30 Desember 2021 kemarin pagi-pagi sekali saya bangun masak untuk bekal piknik kali ini, setelah semua siap sekitar jam 9 kami berangkat dari rumah dan sampai di Pantai Sowan sudah hampir jam 11 siang.

Pantai Sowan, Wisata Alam yang Lengkap

Biarpun sudah tiga kali berkunjung kesini tapi rasanya kami nggak pernah bosan karena lokasi pantai ini sangat luas dan menawarkan wisata yang lumayan lengkap. mulai dari pantai pasir putih, pantai karang, taman bermain, dan hutan. Jadi dalam sekali trip kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman sekaligus.

Pantai pasir putih

Jujugan pertama kami langsung tertuju pada pantai berpasir putih yang membentang disebelah timur, pasirnya sangat lembut dengan ombak yang nggak begitu besar. saya mencari tempat yang teduh di bawah pohon cemara yang rindang untuk menggelar tikar dan anak-anak langsung excited ganti baju dan langsung main air. Jangan ditanya ekspresi baby Hazel seperti apa, jelas dia girang lari-lari mengejar ombak.

Pertama kali saya datang ke pantai ini saat masih hamil baby Hazel, tahun berikutnya saya liburan ke pantai ini lagi tapi saat baby Hazel belum usia 1 tahun jadi saya masih gendong terus si baby. Libur akhir tahun berikutnya kami memutuskan ke Santerra dDe Laponte, dan tahun ini kami datang lagi kesini.

Sebenarnya alasan kesekian kami liburan kesini ialah untuk hunting foto prewedding sodara saya, setelah mencari beberapa konsep akhirnya kami memutuskan disinilah tempat yang pas. Jadi setelah memastikan anak-anak aman dengan penjagaan kakak-kakaknya, saya kemudian membantu foto season sodara saya.

Hutan yang dikelola dengan baik

Letak pantai Sowan ini berada di lokasi yang dikelola oleh Perhutani Tuban, banyak tumbuhan-tumbuhan besar yang tumbuh di sekitar sini, seperti pohon trembesi, pohon klampis, juga ada pohon mahoni yang membantu menghijaukan pemandangan.

Setelah puas berfoto di area pantai pasir putih, lokasi foto kami berpindah ke area pepohonan hijau. Selain menikmati pemandangan hijau kalian juga bisa hunting foto di spot-spot foto yang banyak tersedia disini. Kemudian kami pindah tempat lagi ke area sekitar pantai karang, tapi sebelumnya kami mencari tempat yang lapang di bawah pohon untuk makan siang. Menggelar tikar kembali sambil santai menikmati perbekalan, jangan khawatir kalau kalian nggak bawa bekal dari rumah karena di beberapa lokasi banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan juga minuman.

Pantai karang

Setelah kenyang kami lanjut turun ke area pantai karang yang berada disebelah barat, saat menjelang senja di spot ini kita bisa melihat sunset dengan sempurna tanpa terhalang apapun. Sayangnya waktu itu hari masih siang tapi bersyukur karena cuaca agak mendung jadi udara nggak begitu panas, matahari yang tadinya gencar menyengat kulit saat di pantai pasir putih, sekarang sudah lebih ramah.

Di area pantai karang banyak terdapat karang-karang dengan ukuran yang besar dan kecil, tapi hati-hati kalau menginjak karang tanpa alas kaki karena beberapa ada yang cukup tajam. Sebenarnya secara keseluruhan saya suka dengan pemandangan di pantai karang ini, karena pemandangan sekitar sangat cantik, perpaduan tebing hijau dan lautnya sangat eksotis.

Tapi yang bikin saya kurang nyaman itu karena banyak sampah yang terbawa dari laut dan terjebak diantara karang, sampah ini meliputi sampah plastik, diapers, baju, dll. Mungkin pihak pengelola harus lebih memperhatikan lagi permasalahan sampah ini.

Taman bermain dan outbound

Lokasi taman bermain berada disebelah barat dekat dengan mushola dan toilet. Ada beberapa gazebo yang bisa kita gunakan untuk berteduh, disebelahnya juga ada pantai dengan pasir putih lagi tapi nggak seluas yang disebelah timur tadi. Terdapat beberapa hewan yang dipelihara disini, ada sekumpulan monyet, burung, dan kura-kura.

Area permainan berada di atas jadi kita harus naik sedikit, kita bisa menyewa ATV, panahan, mandi bola, dll. Outbound dan panjat tebing biasanya tersedia pada weekend aja. Sayangnya saat kami mau ke sana gerimis mulai turun, anak-anak memang sedikit kecewa tapi gak apa-apa lah kan dua tahun yang lalu sudah pernah ke area bermain ini, jadi kami langsung keluar dari area pantai Sowan.

Dalam perjalanan pulang kami menyempatkan mampir ke area belanja oleh-oleh di sekitar makam sunan Bonang, niatnya mau santai-santai dulu menikmati sore hari di alun-alun Tuban, tapi lagi-lagi gerimis mulai menyapa jadi setelah membeli jajanan, kami langsung pulang.

Kalau ditanya apa saya bisa menikmati traveling kali ini? jawabannya belum sepenuhnya karena saya sibuk sendiri mengurus ini dan itu. Kalau ada ungkapan traveling is healing, saya belum bisa merasakan healing yang sebenarnya karena malah nggak ada waktu untuk me time. Kalau sudah begini sepertinya perlu direncanakan lagi untuk traveling berikutnya ya..

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com