Cara Membuat Pisang Goreng Agar Tidak Keras

Cara membuat pisang goreng agar tidak keras


Cara Membuat Pisang Goreng Agar Tidak KerasTanaman pisang adalah tanaman yang mudah dijumpai di daerah tropis seperti Indonesia, tanaman pisang juga mudah tumbuh dimana-mana baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, dan mudah berbuah tanpa mengenal musim. Jadi kita bisa menikmati buah pisang kapan aja, makanya nggak heran kalau dimana-mana kita bakal mudah menjumpai makanan olahan pisang seperti bolu pisang, sale pisang, atau yang paling mudah cara bikinnya ialah pisang goreng.


Nah kalau makan pisang goreng, kalian suka yang versi garing kriuk atau versi yang empuk? kalau saya sendiri lebih suka yang bagian luar sedikit garing tapi bagian luar empuk dan yummy jadi nggak bikin capek ngunyah.


Sebenernya bukan hanya saya aja yang suka makan pisang goreng empuk seperti ini, kakak Rere juga suka dan kalau saya sedang bikin pisang goreng dia juga suka minta buatkan gorengan tepungnya aja tanpa diberi isian pisang, dia bilang katanya adonan tepungnya enak.


Dan kali ini saya mau berbagi cara membuat pisang goreng agar tidak keras, yuk kita langsung aja siapkan bahannya.

 

Resep Pisang Goreng Empuk

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 4-5 sendok makan gula pasir
  • 2-3 sendok makan margarin / mentega
  • Air secukupnya

 

Cara membuat:

  • Lelehkan mentega / margarin dalam wajan
  • Campurkan tepung terigu, gula, dan margarin yang sudah dilelehkan lalu beri air secukupnya
  • Kemudian aduk sampai gula larut dan kekentalan adonan dirasa sudah pas
  • Masukkan pisang, lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning keemasan

 

Tips yang perlu diperhatikan saat menggoreng, jangan gunakan api yang terlalu besar agar adonan bisa matang merata sampai di bagian dalam, jadi gorengan pisang akan tetap empuk di bagian dalam dan agak kering di bagian luar.

 

Penggunaan mentega / margarin yang sudah dicairkan ini bisa membuat gorengan lebih mekar, rasanya jadi lebih gurih karena rasa mentega yang cenderung sedikit asin, dan hasil gorengan pisang pun aromanya lebih menggugah selera.


Jadi sampai disini dulu tips dan cara membuat pisang goreng agar tidak keras kali ini, kalau kalian punya tips pisang goreng lainnya, boleh share di kolom komen ya, saya pengen praktekkan juga..

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Cara Membuat Pisang Goreng Agar Tidak Keras"

Comment Author Avatar
Naah aku juga suka tipe pisgor yg begitu mba. Crunchy luarnya, tapi dalam tetep lembut, dan pisang juga berasa maniiiis. Jujur memang jarang bikin sendiri. Kalo pengen pisgor LBH sering beli 😄. Suka kurang pas .. kaoan2 aku coba tes deh pake resep di atas :)