Cara Mengembalikan Akun Instagram Diragukan

 

Cara mengembalikan akun ig

Cara Mengembalikan Akun Instagram Diragukan - Teman, kali ini saya mau share pengalaman saya mengalami masalah instagram akun diragukan, kejadiannya itu sekitar tanggal 15 Januari 2022 kemaren pas saya mengikuti support like Instagram pakai akun @fionazisza03. jadi waktu itu saya udah pelan-pelan saat ngelike, tetiba like saya mental sekali tapi karena saya pikir mental like karena sinyal makanya saya like lagi postingan tersebut dan ternyata akun saya kebanned plus langsung dapat surat sinta dari Instagram yang bertuliskan akun anda diragukan.


Akun instagram diragukan


Nah lho, panik nggak tuh? Panik lah, masa enggak!! Setelah cari-cari dimana letak kesalahan saya, ternyata bisa jadi saya ngelike lebih dari 60 kali dalam satu jam. Karena menurut beberapa sumber yang sudah saya baca, Instagram membatasi sekitar 30 sampai 60 like dalam 1 jam, jadi kalau melewati ketentuannya ya jelas dapat surat cinta.


Kabar buruknya, ternyata bukan hanya surat cinta aja yang saya dapatkan, akun saya juga otomatis log out dan nggak bisa log in lagi. Di laman ini hanya tersedia pilihan ubah kata sandi, lalu saya langsung coba ganti sandi tapi tetap nggak bisa. Opsi kedua ada pilihan lupa kata sandi lalu saat di klik ada pilihan masuk lewat sms, saya memang dapat sms berisi tautan masuk Instagram tapi pas saya klik masuk tetap nggak bisa dan tetap kembali ke laman aku diragukan.


Udah pasti saya auto panik, bingung, pusing campur aduk jadi satu, tanya-tanya teman kali aja ada yang pernah mengalami seperti saya tapi nggak ada yang pernah ngalamin. Sebelumnya Saya memang pernah kebanned Instagram karena terlalu cepat saat like, jadi dalam satu detik saya bisa like 2 kali. Kemudian saya dapat surat cinta tapi jeda satu jam sudah normal lagi. Makanya kemarin pas tau akun saya kebanned tapi langsung log out saya langsung pusing.

 

Cara Mengembalikan Akun Instagram Diragukan

Terhitung sejak tanggal 15 Januari sampai sekarang tanggal 1 Februari, berarti akun saya ke banned sudah 17 hari dan belum ada tanda-tanda akun ini akan normal sendiri. Sejak kemaren saya sudah mulai baca-baca artikel dan cari tutor di Youtube juga, akhirnya ada satu video yang permasalahannya mirip dengan yang saya alami. selanjutnya saya akan share langkah-langkah yang sudah saya terapkan.

 

Langkah pertama

Kalau kalian mengalami masalah akun diragukan, disini hanya ada satu pilihan yaitu ganti sandi. coba klik ganti sandi lama dengan sandi yang baru, siapa tau di langkah awal ini akun kalian bisa langsung normal lagi. Tapi di kasus saya kemaren saat ganti sandi pun tetap nggak bisa jadi saya klik opsi kedua yaitu klik lupa sandi. 


Setelah itu kita akan diarahkan untuk log in instagram melalui sms karena saya sudah melakukan autentifikasi dua faktor jadi pilihannya ialah sms. Saya memang mendapatkan sms berisi tautan untuk masuk ke Instagram tapi setelah saya klik tetap nggak bisa log in dan kembali ke laman awal yaitu akun anda diragukan.


Akun ig kebanned


Langkah kedua

Kalau sudah coba ganti sandi tapi tetap nggak bisa log in, kalian bisa coba langkah kedua.

  • Buka pengaturan smartphone
  • management aplikasi
  • instagram
  • klik hapus cache dan hapus data
  • klik paksa berhenti

Setelah itu kita kembali ke aplikasi instagram

  • klik masuk
  • klik dapatkan bantuan untuk masuk
  • cari akun anda (isi dengan nama pengguna atau email atau nomer telepon yang sudah ditautkan ke akun anda)
  • saat sudah muncul nama pengguna dan foto profil kemudian pilih salah satu bantuan menggunakan email atau sms atau masuk lewat facebook.


Instagram kena banned


Kalau kita memilih kirim sebuah email, kita akan mendapatkan sebuah email yang meminta untuk ganti sandi, setelah mengisi kata sandi baru otomatis kita akan masuk ke akun kita yang kebanned tersebut.

Awalnya saya memilih kirim sebuah email tapi setelah lama menunggu tapi email nya tak kunjung masuk, lalu saya coba klik kirim sebuah sms tapi ternyata nggak bisa disertai notif seperti ini


Instagram kebanned


Akhirnya pilihan terakhir saya klik masuk dengan facebook, saya kemudian dialihkan ke laman yang meminta untuk ganti kata sandi, setelah itu otomatis saya bisa masuk ke akun instagram tersebut, dan itu artinya akun saya sudah pulih kembali.

 


Kejadian kebanned ini beneran bikin saya harus hati-hati mengelola akun Instagram saya, kerena algoritma instagram yang berubah-ubah, hal ini dilakukan tentunya demi keamanan dan kenyamanan pengguna.


Sekedar flashback, setelah akun saya kebanned kemaren yang bikin saya bingung itu bagaimana dengan job instagram yang sedang running? Kalau yang belum posting, saya langsung bilang ke adminnya minta ijin untuk posting di akun cadangan, kalau boleh ya lanjut kalau nggak boleh ya minta mundur aja. Mau gimana lagi emang kejadiannya seperti ini.


Alhamdulillah Allah mempermudah jalan saya mencari rejeki, hampir semua job yang sudah running memperbolehkan saya posting di akun kedua. Tapi jujur dalam tempo akun utama kebanned kemaren saya nggak berani daftar campaign karena akun cadangan @fiona_zrh followersnya under 5k.


Oke teman, sekian ulasan dan curhat saya tentang cara mengembalikan akun instagram diragukan, semoga artikel kali ini bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan ya.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

31 komentar untuk "Cara Mengembalikan Akun Instagram Diragukan"

Comment Author Avatar
Ya Allah Mbak, nek kayak gitu yo bikin ndredeg yo. Iso auto ngelu aku nek ngalamin kayak gini...
Comment Author Avatar
Iya mbak dan aq pikir bakal bisa balik sendiri tapi ternyata nggak. Alhamdulillah sekarang udah normal lagi
Comment Author Avatar
Pelajaran juga buatku kalo likes postingan jangan terlalu cepat dan banyak 😄. Aku juga sering gitu, tapi sepertinya masih dlm tahap wajar, jadi belum pernah dibanned.

Kemarin itu aku pernah ada niat mau ganti pasword Ig, tapi ntah kenapa pas masukin pasword lama ditulis salah. Makanya aku cancel dulu deh. Suka gini , lupa pasword saking banyaknya yg diksh pasword 🤣

Thank you tips2 nya mba
Comment Author Avatar
Ada istilah diragukan juga ya Mbak... Ini bemanfaat banget buat jaga-jaga kalau IG ada apa2. Sejauh ini sih alhamdulillah aman.
Comment Author Avatar
Pasti lah panik banget itu Kak. Kebiasaan scroll terus smpet tap 2x emang bahya :D
Makasih tipsnya, Kak
Comment Author Avatar
saya sedang mengalami juga mba, akun IG saya kebanned sampai tanggal 9 Feb ini, untungnya job yang mengharuskan sharing di akun IG sudah selesai diupload sehari sebelumnya, dan saat ini ga berani dulu ambil tawaran job, karena takut ga selesai
Comment Author Avatar
terimakasih sharingnya. BTW kenapa bisa ke banned ya kak? saya belum pernah sih karena buka IG nya juga sekarang jarang
Comment Author Avatar
aku pernah begini nih, hehe.. akhirnya kudu nunggu sampai seminggu gak bisa ngapa-ngapain sama instagram, ampun deh hehe.. jadi kudu banyak yang komen balik juga ke ig kita biar keliatan ada aktivitas dari orang lain ya, jadi gak mencurigakan hihi
Comment Author Avatar
dua minggu lalu saya juga kena banned tuh Mbak, syukurnya sih setelah ditinggal tidur bisa pulih kembali.
tapi baru baca nih case yang akun yang diragukan, Alhamdulillah ya udah pulih kembali, ikut support like itu emang bikin sport jantung deh tapi ya butuh mau apalagi coba ya :D
Comment Author Avatar
Bikin deg-degan ya kalo udah kebanned gitu. Untung bisa balik lagi. Sayang banget followernya kalo ilang.
Comment Author Avatar
Aku pernah kebanned tapi untungnya gak sampe ilang akunku. Aku kudu save nih postingan ini buat jaga2. Makasih ya mbak
Comment Author Avatar
Ini kenapa saya ga pernah lagi ikutan support like ribuan, karena likenya sering mental dan akun kena tegur IG hehe. Ikut support yang dikit-dikit aja.
Comment Author Avatar
Pernah akun saya diperingati begitu. Udah ketakutan duluan. Lalu saya biarkan beberapa hari. Alhamdulillah norma lagi. Ternyata ga usah panik, cukup ikuti tipsnya ini aja ya...
Comment Author Avatar
Terima kasih sharingnya. Jadi aware sekarang tentang akun yang suka like banyak. Saya juga suka like banyak soalnya.
Comment Author Avatar
Wahh.. Ternyata kalau mau like ada batasnya, ya. Selama ini aku support like di IG, gak ada masalah apa-apa kak. Pernah sih mental likenya. Tapi nggak sampe dapat surat cinta lagi. Beberapa jam kemudian udah bisa like lagi. Hehe
Comment Author Avatar
Aku baru dapat warning IG gak bisa ngelike. Untungnya dalam 24 jam bisa berfungsi lagi. Kudu hati-hati banget ya sekarang kalau mau ngelike postingan di IG, jangan kecepatan, juga jangan terlalu banyak.
Comment Author Avatar
terima kasih mba tipsnya,ngeri ya kalau sampai gak bisa dibuka. Lumayan lama juga ya pemulihannya sampai 17 hari
Comment Author Avatar
Akun saya sempat beberapa kali diragukan, alhamdulillah masih sempat dipulihkan
Comment Author Avatar
memang sejak dulu IG itu punya aturan soal berapa banyak bisa like-follow-unfollow dalam satu waktu. mereka sering juga mengupdate perubahan, tapi sayangnya kita engga ada yang tau persisnya :D
Comment Author Avatar
Akun saya juga dulu pernah kebanned, padahal baru sehari bikin (akun portofolio anak)
entah mungkin karena saya sempet follow banyak orang dalam waktu singkat

Saya protes dong ke IG terus ngirim email kenapa dibanned, terus pihak IG nyuruh saya kirim foto yang berisi saya megang tulisan angka (angkanya dikirim via email) dan akun yang mau dipulihkan
Katanya untuk make sure itu akun saya

Setelah 1 hari nunggu, akhirnya bisa diakses lagi deh akun saya
Comment Author Avatar
Emang harus hati2 ya main sosmed sekarang. Demi sebuah tugas, kadang kita melampaui batas aturan yang sudah ditetapkan sosmed, terutama instagram.

Kalo aku seringnya sih Twitter. Kesalahannya ya mirip karena saling follow akun yang melebihi batas. Untungnya verifikasi berhasil dan akun bisa kembali lagi.

Ntar jangan ngelike banyak2 ya kak. Hehe..
Comment Author Avatar
Biasanya aku juga by facebook untuk login ke instagram.. Btw interaksi di media sosial sekarang memang suka bikin deg-degan alias kadang bikin akun kita jadi ke banned.
Harus lebih hati-hati ya kak
Comment Author Avatar
Kalau aku belum pernah sih mengalami masalah seperti ini, cuma kadang ada tuh teman-teman yang nannya. Oohhh ternyata bisa diatasi loh yaa, ilmu baru juga mampir di artikel ini
Comment Author Avatar
Untung masih bisa diselamatkan dan kembali lagi akunnya ya mba...Jadi pelajaran nih, kalau mo ngelike di instagram ga boleh cepat2 dan terlalu banyak, harus dikasih jeda biar ga ke banned.
Comment Author Avatar
aku biasanya ikut supprt like pakai akun yang lain, tapi kadang lupa juga pakai akun utama.Emamg kudu punya waktu khusus sih kalau mau support like biar enggak keburu-buru dan mental...
Btw, dengan baca ini jadi tau musti ngapain kalo sampe kejadian, tapi semiga aja enggak yaa..
Comment Author Avatar
Ngeri deh ngebayangin akun Instagram kena banned diragukan, ribet juga kan jadinya harus ngurus ngurus. Tapi Alhamdulillah ya bisa balik lagi. Lha saya malah lagi kena masalah karena pernah log in pake Facebook, terus email lama udah gak Atif. Sampai sekarang jadi gak bisa mengakses. Di benerin juga susah.
Comment Author Avatar
Saya biasa like sampai lebih seratusan post dalam sejam tapi gak sampai kena teguran kayak gini sih. Cuma emang likenya pake ritme gitu biar nggak dianggap bot. Eh tapi udah lama juga sih gak ikut support likes, mungkin algoritmanya sekarang sudah beda lagi ya. Yag semoga akun IGnya cepat pulih kembali ya dan jadi pelajaran juga biar lebih berhati2.
Comment Author Avatar
wah makasih kak. aku gak pernah ngalamin gini tapi jadi tau kalau ada kejadian kayak gini ya. makasih kak jadi bisa waspada nih
Comment Author Avatar
Emang rentan banget ya Mak kalau ikut support like. apalagi yang pakai hestek dan yang ikutan banyaakk.. Ada juga yang pakai alter akun buat support like, biar akun utama aman.
Comment Author Avatar
Noted nih, kalau aku ig itu yang pernah ya gg bisa kokom tapi enggak sampai loh out. buat aku yang suka ikut support, wajib banget berhati-hati dan menggunakan akun cadangan.
Comment Author Avatar
Emang nih, IG tuh suka bikin bingung. Berubah2 terus apa mau nya. Emang harus hati2 bangett kalau lagi ikutan support like tuh, mesti dicicil, apalagi ikutan yang 700++. Makasih sharingnya yaa.