Yuk Cari Tahu Tentang Set Top Box, dan Bagaimana Cara Memasang STB di TV Analog

cara memasang set top box

 

Kalau kita amati iklan di TV maupun di sosial media, sudah sejak beberapa waktu belakangan pemerintah gencar mengkampanyekan peralihan siaran TV Analog ke siaran TV Digital. Awalnya saya sendiri juga ikutan galau kenapa kita harus migrasi ke TV Digital? Sedangkan 2 buah TV yang saya punya di rumah, masih TV tabung jadul (analog). Apa nantinya TV saya masih bisa digunakan?

Jujur saja, kami sekeluarga jarang nonton TV, sesekali nonton TV paling pas ada acara bola, dan acara yang menayangkan info-info menarik, yang jelas saya dan suami sepakat untuk melarang anak-anak nonton sinetron. Makanya sampai saat ini saya juga belum berminat untuk beli TV Digital karena masih sayang dengan TV yang lama. 


Tapi setelah tau di tanggal 25 Agustus 2022 nanti siaran TV Analog sudah nggak bisa beroperasi lagi di kota tempat tinggal saya Lamongan Jawa Timur dan beberapa kota sekitar, makanya saya harus cepat-cepat beli Set Top Box agar TV saya tetap bisa digunakan.

 

Mengenal Apa itu Set Top Box?

Set Top Box atau yang biasa juga disingkat STB ialah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara kemudian ditampilkan ke TV Analog atau TV tabung. STB ini juga memiliki beberapa sebutan yaitu converter, decoder, dan receiver.


Set Top Box sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) yang merupakan standar TV Digital di Indonesia.


Set Top Box juga masih membutuhkan antena UHF untuk bisa menangkap sinyal digital yang kemudian diubah menjadi suara dan gambar melalui Set Top Box lalu dimunculkan ke TV Analog. Dan hasilnya gambar jadi lebih bersih tanpa semut dan suaranya juga lebih jernih biarpun masih menggunakan TV jadul.


Sekarang ini Set Top Box sudah banyak dijual di pasaran baik online maupun offline, tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan kita membeli Set Top Box yang bersertifikat kominfo, agar semua fitur siarannya bisa berfungsi dengan maksimal.

 

Ciri-Ciri Set Top Box yang Bersertifikat Kominfo

  • Terdapat keterangan “siap digital” gambar pada kemasan Set Top Box
  • Terdapat gambar Moodi di kemasan
  • Terdapat keterangan DVB-T2 di kemasan Set Top Box

 

Cara Mudah Memasang Set Top Box di TV Analog

  1. Pertama siapkan TV analog dan STB
  2. Pastikan STB berjenis DVB-T2 yang sudah didukung sambungan antena pada TV analog
  3. TV analog harus dalam keadaan power off dan cabut kebel antena yang sudah terpasang
  4. Sambungkan kebel antena ke port “ANT IN” biasanya tersedia di bagian punggung STB
  5. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog
  6. Jika TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya punya 3 ujung konektor berwarna kuning, putih, dan merah
  7. Pastikan STB sudah terhubung dengan daya listrik kemudian nyalakan STB dan TV analog
  8. Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV
  9. Setelah menu STB muncul, selanjutnya pilih pencarian saluran
  10. Kalau daftar saluran siaran digital sudah muncul, pilih klik simpan dan kita pun sudah bisa menikmati siaran tv digital di tv analog.

 

Perlu diingat, cara pasang STB di TV Analog bisa jadi berbeda tergantung dari jenis TV yang kita miliki dan juga STB yang dipakai. Jadi menurut saya penting untuk membaca buku panduan STB yang dibeli sebelum pemasangan ya.


Jadi teman sampai sini dulu pembahasan kita tentang apa itu Set Top Box, dan cara memasang Set Top Box di TV Analog yang ternyata sangat mudah. Dan semoga artikel ini membantu buat kalian yang ingin segera migrasi ke siaran TV Digital.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

31 komentar untuk "Yuk Cari Tahu Tentang Set Top Box, dan Bagaimana Cara Memasang STB di TV Analog"

Comment Author Avatar
Kalau TV yang tidak sepenuhnya analog, yang keberadaannya kira-kira 5-6 tahunan bisa pakai STB berjenis DVB-T2, nggak ya? Saya masih mencari tahu, Mbak.
Comment Author Avatar
Baru tahu saya tentang Set Top Box, ternyata nggak susah-susah amat ya masangnya.
Yang pasti jangan lupa pilih yang udah bersertifikat kominfo, biar nggak zonk :)
Comment Author Avatar
Dennise Sihombing 29 Mei 2022 pukul 07.45
Kebetulan TV ku analog, jujurly aku gak paham cara penggunaan set top analog untuk tv. Thanks ya kak tutorialnya
Comment Author Avatar
Terima kasih panduan menggunakan set box untuk tv digital tampil lebih jernih.
Comment Author Avatar
Mamang aku tipinya masih analog pengen beli Set Top Box juga supaya bisa digital dan gambarnya bersih. Kira-kira beli online ada gak ya yang bersertifikat kominfo?
Comment Author Avatar
Tetangga saya beli STB untuk dipasang TV digital, tapi kata dia masih belum bisa menangkap siaran digital. Entah karena sinyal di kampung kurang bagus atau gimana ya. Nggak ngerti sayanya. Nanti gimana kalo siaran analog dihapus, sementara siaran digital belum bisa di kampung tempat tinggal saya....
Comment Author Avatar
Iya nih, sudah mulai migrasi TV analog ke TV digital, ada tulisan seperti ini membantu banget buat yang masih awam soal TV digital. Mantap, kakak tulisannya
Comment Author Avatar
Sekarang mah udah serba digital, Alhamdulillah nya sekarang televisi juga akan segera digital, semoga manfaat ya untuk bangsa ini.
Comment Author Avatar
Makasih mbak infonya. Spill dong merk STB yang bagus apa...
Di rumah ada 1 TV analog yang dari dulu pingin nya STB, gak sempat-sempat
Comment Author Avatar
wah ini yang saya cari
udah lama tetangga depan, seorang ibu sepuh, kesulitan menonton TV
padahal itu satu2nya hiburan dia
rupanya cukup beli set top box ya?
terimakasih untuk tulisan nya yang bermanfaat
Comment Author Avatar
Yang masih pakai TV tabung jadi ga usah khawatir ya kalau mau dapat siaran TV Digital, tinggal pasang Set Top Box.
Comment Author Avatar
Ada 3 hal yang perlu diperhatikan nih ya apakah STB nya itu bersertifikasi Kominfo atau nggak nya. Antisipasi tiruan juga ya kak
Comment Author Avatar
Yeayy, ini info yg sangat berfaedah banget mba
karena ga semua paham kan serba/i set top box.
Comment Author Avatar
Terima kasih infonya. Kebetulan TV di rumah belum punya set box. Budget pasang set box TV ini kira-kira berapa, ya?
Comment Author Avatar
Keresahan yang mulai dirasakan kaum emak-emak buat nonton sinetron malam hehehe
Di daerahku sepertinya belum ada niih Set Top Box..
Semoga segera ada deh ya, kasihan emak ku kalau sinetronnya gk kelihatan lagi efek belum tv digital :D
Comment Author Avatar
Migrasi TV analog ke TV digital ini sedang digaungkan sekali dan masih banyak yang belum tahu soal set top box. Makasih kakak, soal pengetahuannya ini, bisa jadi rekomendasi untuk teman yang belum tahu
Comment Author Avatar
Owalah. TV analog bisa jadi seperti TV digital asal punya Set Top Box. Jadi nggak perlu upgrade TV kalau misalkan belum cukup dananya ya Kak. Apalagi TVnya juga belum rusak.
Comment Author Avatar
Aku juga masih pakaintv analog. Dan sampe sekarang belum tau tentang set top analog untuk tv.
Comment Author Avatar
Mbaa kebetulan bangett TVku masih blm analog dan ada rencana untuk ganti TV juga. terimakasih yaahh tutorial sederhananya untuk set top box ini
Comment Author Avatar
Karena enggak punya TV, alat ini jadi asing buat saya
Info ini aku langsung share ke kakak ipar karena pekan lalu sepertinya ngomong kalau butuh
Comment Author Avatar
Sudah harus siap-siap sih ya, soalnya sudah mau migrasi dengan layanan digital. Jadi persiapkan dari sekarang biar tayangan kesukaan gak kelewat
Comment Author Avatar
Program peralihan ke TVanalog ke TV Digital memerlukan Set Top Box baiknya pilih yg memiliki sertifikasi agar tangkapan sinyalnya pun bagus dan lebih awet dlm penggunaan
Comment Author Avatar
Was pas banget, aku baru mau pasang set top box
Baca ini jadi tahu bagaimana cara memasang STB di TV analog
Thx ya mbak
Comment Author Avatar
Nah yang galau mau ganti TV digital, boleh coba STB aja langsung ya kak. Alhamdulillah kami baru juga ada tv di rumah setelah 2 tahunan nggak make tv. Hehe.. Dan udah digital juga. Aku juga liat iklannya gencer banget tentang peralihan dari tv analog ke tv digital.
Comment Author Avatar
Kabarnya saat ini sedang digalakkan program TV Digital ini yaa..
Dan lebih baik juga praktis menggunakan Set Top Box. Siaran juga jernih dan jaringan luas.
Comment Author Avatar
wah tvku masih tv tabung nih, belum punya STB. kayaknya mesti cari-cari STB yang bagus nih.
Comment Author Avatar
eh iya nih, kemarin kemarin pemerintah sempet menyarankan beralih ke TV digital ya. sempet kepikiran sih pengen ganti. tapi gak tahu caranya, sekarang udah tahu. well noted banget nih kak
Comment Author Avatar
harus segera niih karena kayaknya sudah mulai banyak switch off analog yaa di berbagai daerah, meski baru bertahap aja. lebih enak juga pakai tv digital dan bermigrasi digital..
Comment Author Avatar
Oiyaaa sebentar lagi semuanya bakal jadi TV digital ya. Harus diperhatikan banget nih cara-cara set up top box seperti ini
Comment Author Avatar
Pertama kali dengan saya juga merasa asing sih, dan sempat googling gitu. Wah ternyata disini sudah diulas cukup lengkap ya mbak.
Comment Author Avatar
Nah ini diaaa, perlu diedukasi nih utk memasang perangkat baru yg mendukung TV digital. Izin share ya mba, siapa tau ada yg butuh info bermanfaat ini.