Gelap malam

Hari ke enam di bulan Januari, sebenarnya suasana hati sedang flat-flat aja, dan sedang di fase nggak ingin mikir yang berat. Tapi mumpung masih dalam minggu pertama tahun 2023, nggak ada salahnya kalau curhat-curhat dikit tentang apa aja yang sudah saya lewati di tahun lalu.


Sebenarnya saya itu tipe orang yang pelupa parah, contoh kecilnya abis pakai dompet aja besoknya udah nggak ingat tadi disimpan dimana, termasuk kunci motor yang suka diletakkan di sembarang tempat. Makanya saya menulis untuk mengingat beberapa momen yang sudah saya lalui.  

 

Akhirnya Ngevent Lagi Setelah Sekian Lama Hiatus

Akhirnya pertengahan bulan September 2022 saya mulai ikut ngevent lagi setelah hampir 2 tahun lebih hiatus karena pandemic dan juga karena usia baby Hazel yang masih kecil. Sebenarnya awal Desember 2019 saat usia baby Hazel sekitar 5 bulan saya pernah ngajak doi ngevent di luar kota, tapi belum banyak event yang saya ikuti, kemudian harus benar-benar hiatus karena pandemic melanda negeri sejak Maret 2020.


Lalu akhir Oktober 2022 saya berkesempatan ngevent bareng anak-anak ke Kidzania Surabaya, seneng sih bisa ngajak mereka jalan rame-rame. Biarpun agak ribet juga diperjalanan tapi kami seneng bisa ngevent sambil ajak anak main sepuasnya di sana.

 

Lebih Produktif Dalam Menghasilkan Karya

Setelah saya hitung-hitung, di tahun 2022 kemarin saya menghasilkan 59 tulisan di blog. Diantara tulisan-tulisan yang sudah saya buat ada yang bertema organic, ada juga yang sponsor post. Tapi jumlah artikel di tahun 2022 masih kalah jauh dengan tahun 2021 yang berjumlah 74 artikel, itu artinya tahun ini saya harus lebih rajin lagi nulis di blog.


Untuk Instagram saya tahun lalu ada beberapa peningkatan, saya jadi rajin post Reels (beberapa karena tuntutan kerjaan) awalnya emang sedikit kesulitan soal edit mengedit video, memberi teks keterangan, sampai mengisi suara. Tapi lama kelamaan saya jadi terbiasa, ya biarpun video yang saya hasilkan belum bisa sebagus milik teman-teman lainnya.


selain bikin video Reels Instagram, saya juga lumayan aktif bikin video pendek untuk di post di Tiktok. Video yang saya buat sangat random mulai dari konten masak, anak senja, jalan-jalan, review skincare, review beberapa produk, dll. Kalau di Twitter saya emang suka menumpahkan semua isi kepala di sana, makanya saat pertengahan Desember kemarin Twitter saya eror rasanya seperti “separuh jiwa ku pergi” udah kaya lagunya Anang aja ya. Hehe

 

Cobaan yang Datang Tanpa Diundang

Usia yang semakin bertambah menyadarkan saya artinya berbuat baik dengan sesame, berbuat baik dengan sesame pengertiannya bukan hanya memberi barang atau jasa aja, tapi juga termasuk berusaha untuk nggak bikin salah sama orang lain.


Belakangan saya juga suka mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk hal yang penting, saya lebih memilih menyibukkan diri di rumah, seperti mengurus kerjaan rumah dan juga mengerjakan kerjaan digital. Kalau keluar rumah biasanya hanya untuk ke pasar, antar jemput sekolah, kerja, atau hal-hal lain yang memang sifatnya penting.


Tapi yang namanya cobaan nyatanya datang tanpa diundang, saya ingat betul tanggal 23 Oktober 2022 malam ujian itu datang tanpa saya bayangkan sebelumnya, saya bisa menerima semua bentuk ujian, tapi tidak dengan fitnah apalagi dilakukan oleh orang-orang terdekat. Beberapa hari setelah kejadian itu, saya nggak bisa ngapa-ngapain, hari-hari hanya diisi dengan merenung, nangis, sakit kepala karena terlalu banyak berfikir, dan ujung-ujungnya tidur berharap kalau bangun tidur nanti semua akan kembali seperti tak terjadi apa-apa.


Tapi nyatanya saya salah, ujian yang saya dapatkan nggak bisa hilang hanya dengan tidur, bahkan sampai saat ini pun belum ada penyelesaiannya. Nggak apa-apa, saya ikhlas dengan apa yang terjadi, ini memang sesuatu yang rumit tapi saya yakin Allah akan menunjukkan titik terang. Beruntung setelah kejadian itu, kerjaan datang lebih banyak, jadi saya bisa menyingkirkannya dari kepala dan memilih fokus dengan kerjaan saya.

 

Penutup

Akhirnya, apapun yang terjadi selama tahun 2022 mulai dari hal-hal yang bikin bahagia sampai cobaan yang datang menguras air mata, saya ikhlas menjalaninya. saya percaya, semesta akan menuntun saya ke jalan yang indah di depan. Sebagai Mom Blogger saya ingin menulis perjalanan saya di tahun lalu sebagai bekal Home Education untuk anak-anak saya saat besar nantinya.

Salam hangat.

Post a Comment