Tips Cerdas Menabung saat Kebutuhan Hidup sedang Tinggi

 

Rekening online

Manusia terus memutar otak demi memenuhi kebutuhan hidup. Saat pemasukan berada di angka tinggi, desakan kebutuhan tidak terlalu terasa. Namun, ada saatnya kebutuhan hidup melambung sehingga perencanaan keuangan harus diatur kembali. Beberapa rencana pun terpaksa dicoret dari daftar pengeluaran, termasuk jatah uang yang ditabung. 

Menabung jadi langkah yang umum dilakukan oleh manusia untuk menghadapi kebutuhan di waktu yang akan datang. Kebutuhan yang tinggi kadang membuat hal ini terhambat atau terganggu. Banyak orang biasanya akan memilih menggunakan uang untuk memenuhi keinginan dibandingkan harus menabungnya. 

Anda tak perlu khawatir tak bisa menabung saat kondisi kebutuhan hidup sedang melambung. Ada jalan agar Anda tetap menabung tanpa mengabaikan kebutuhan. Beberapa tips berikut ini bisa Anda gunakan agar tabungan tetap meningkat dan kebutuhan terpenuhi, misalnya beli barang yang dibutuhkan dan pemaksimalan rekening online. Untuk informasi lebih lengkap simak penjelasan berikut.


Tips Menabung meski Kebutuhan Sedang Tinggi

  • Memenuhi Kebutuhan yang Bersifat Prioritas

Salah satu strategi utama untuk menjaga kemampuan menabung saat menghadapi kebutuhan yang tinggi adalah memenuhi terlebih dahulu kebutuhan yang memiliki tingkat prioritas tinggi. Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, seperti makanan, pakaian, biaya air, listrik, dan kebutuhan rumah tangga lainnya, Anda sudah berada di titik aman. 

Hindari keinginan untuk berbelanja barang-barang yang kurang esensial. Jangan pula Anda tergoda oleh promosi yang bertebaran di mana-mana. Kita kadang sudah memiliki target atau keinginan tertentu terkait penggunaan uang, tetapi hal itu tergoyahkan oleh diskon di mal yang menampilkan angka besar. 

Tahanlah diri Anda untuk tidak mudah tergoda. Jika pada masa awal masih kesulitan, hindari tempat atau aplikasi yang memungkinkan Anda melihat promo-promo menggiurkan. Dengan cara tersebut, pengeluaran bisa dikendalikan dan sisa dana yang tersedia bisa diarahkan ke tabungan Anda.


PermataME

  • Lakukan Perencanaan Keuangan yang Bijak

Melakukan perencanaan keuangan secara teratur dan terstruktur juga merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan. Perencanaan keuangan memiliki potensi untuk membantu dalam mengevaluasi kapasitas finansial yang dimiliki. Perencanaan finansial juga berperan dalam mengelompokkan kebutuhan-kebutuhan, menentukan mana yang harus dipenuhi dan mana yang tidak perlu.

Langkah melakukan perencanaan keuangan bisa dijalankan dengan mencatat setiap arus kas yang masuk dan keluar. Dari catatan tersebut, akan terlihat mana kebutuhan yang punya nilai signifikan dan mana kebutuhan yang punya nilai lebih rendah. Hal ini membuka peluang untuk mengurangi, menunda, atau bahkan menghapus beberapa pengeluaran yang tidak perlu.

Walaupun prosesnya mungkin agak rumit, perlu diingat bahwa melakukan perencanaan keuangan bisa membuat Anda menghindari perilaku boros yang merugikan. Pengeluaran bisa ditekan dan nominal tabungan terus bertambah.

  • Batasi Reward agar Tidak Berlebihan

Walaupun kebutuhan sedang tinggi-tingginya, jangan lupa untuk memberi perhatian kepada diri sendiri dengan menghadirkan momen-momen kecil yang penuh kasih. Namun, muncul pertanyaan apakah hal ini tidak menambah pengeluaran? 

Jangan khawatir, memberikan hadiah pada diri sendiri termasuk dalam usaha menabung. Maksud menabung di sini tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga kenangan indah dan kebahagiaan batin. Kedua elemen ini sangat penting untuk menjaga kebahagiaan dan kesejahteraan, baik mental maupun fisik. 

Kondisi jiwa dan tubuh yang sehat membuat seseorang lebih mudah melanjutkan aktivitas. Tubuh yang sehat dan bahagia bisa digunakan untuk mendapatkan lebih banyak pemasukan. Namun perlu diingat jangan berlebihan dalam memberi hadiah kepada diri sendiri! Ada batas-batas yang perlu Anda patuhi agar tagihan tidak bengkak. Dengan cara ini, uang tetap bisa ditabung selama hal ini terkendali.

  • Tetap Konsisten Menabung

Mengalokasikan sebagian penghasilan untuk ditabung merupakan tindakan yang sangat penting untuk dilakukan sesegera mungkin. Anda tak perlu menunggu ada uang dalam jumlah besar untuk mulai menabung. Walaupun jumlahnya kecil, selama dilakukan secara konsisten bisa memberikan hasil yang optimal.

Jadikan kegiatan menabung sebagai prioritas utama yang tidak boleh ditinggalkan. Pada masa awal mungkin akan terasa berat, tetapi perlahan-lahan Anda akan terbiasa, bahkan menikmatinya. Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih tenang menghadapi masa depan, bahkan saat kebutuhan sedang berada pada puncaknya. 

  • Memilih Rekening Tabungan yang Tepat

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk menyimpan uang (menabung) secara mandiri? Lebih baik pertimbangkan untuk menyimpan tabungan Anda dengan produk tabungan yang punya reputasi baik. Cara ini dapat menghindarkan Anda dari godaan menggunakan dana tabungan yang telah diakumulasi, terutama dalam situasi ketika harga semua kebutuhan cenderung mahal.

Anda tak perlu merasa cemas soal kebiasaan yang terjadi tanpa sadar menggunakan uang tabungan sebab dana tabungan Anda tetap aman di rekening yang tepat. Pastikan untuk memilih produk tabungan yang terpercaya dan sesuai kebutuhan. 

Salah satu produk yang bisa Anda coba adalah tabungan online. Ada beberapa keunggulan tabungan online dibandingkan tabungan konvensional yang bisa membuat keuangan Anda tetap sehat.


Menggunakan Rekening Online untuk Menabung

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa menabung meski kebutuhan sedang tinggi. Mungkin Anda sedang kalut dan tertekan soal finansial, tetapi sikap bijak dan disiplin bisa membuat Anda tetap menabung secara konsisten. Supaya program menabung bisa berjalan dengan maksimal, Anda perlu membuka rekening online khusus untuk tabungan.

Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. 

Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Informasi lebih lengkap mengenai cara buka rekening online PermataME dan persyaratannya bisa Anda baca di sini.


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Tips Cerdas Menabung saat Kebutuhan Hidup sedang Tinggi"

Comment Author Avatar
Konsisten awalnya mungkin akan terasa berat, tapi kalau udah jadi kebiasaan, mau nggak mau akan merasa "berdosa" kalau bolos nabung.
Bener kata mba Fionaz, kalau mulai menabung nggak harus dari nominal yang gede
sedikit pun lama lama akan jadi bukit