Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Ngeblog

 

Mengatasi malas ngeblog

Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Ngeblog - Baca dari judulnya, kayaknya sok iye banget ya saya ini. hehehe. Padahal sebenarnya yang terjadi, saya sendiri suka kedatangan rasa malas dan bosan ngeblog. Nah lho, kok bisa? Tentu aja bisa teman. Selain alasan bosan karena mood sedang nggak baik-baik aja, sebagai seseorang yang tiap hari bermain dengan kata-kata, saya juga sering kehabisan ide buat nulis. Sudah dipaksakan buat duduk di depan laptop beberapa waktu tapi otak lagi ngadat dan nggak mau diajak kerja sama padahal sudah mendekati deadline. 

Kalau sudah begini, ada beberapa cara yang saya lakukan agar semangat menulis kembali pulih. Apa aja sih, hal yang biasa saya lakukan? yuk simak selengkapnya.

Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Konten Blog

Beberapa cara yang bakal saya tulis ini bisa diterapkan bukan hanya untuk konten blog aja lho teman, kita bisa terapkan untuk buat konten-konten lainnya. Nggak usah berlama-lama lagi, skuy kita lanjut.

1. Tujuan Ngeblog

Saat pikiran kita stuck yang berakibat malas buat update blog, langkah pertama yang harus kita ingat kembali ialah apa tujuan kita ngeblog di awal. Banyak dari kita membuat blog karena memang suka menulis, memang sih di awal-awal punya blog bawaannya setiap hari ingin update tylisan di blog, lama kelamaan ada rasa capek dan bosan. Nah disitulah kita mesti ingat tujuan awal kita karena kita punya passion di bidang menulis, jadi tulis apa aja yang buat kita happy.

2. Tulis Apa yang Kalian Suka

Biar semangat nulis tetap terjaga, kalian bisa tulis apapun yang kalian suka. Kalian bisa mulai tulis hal-hal random yang sudah kamu lalui belakangan atau kalian bisa tulis hal-hal yang sedang tren saat ini seperti tentang tren tiktok, tentang cuaca, cerita perjalanan, dan banyak hal lainnya.

3. Cari Tempat Nulis yang Nyaman

Suka bosan nggak sih kalau kamu duduk berjam-jam di tempat yang sama setiap harinya? Nah karena kita kerjanya bukan di kantor jadi nggak ada salahnya kalau kita cari tempat nulis yang nyaman. Sesekali kamu bisa pergi ke koffee shop atau ke taman, tapi kalau sedang nggak ada waktu, kalian bisa coba pindah ke teras depan sambil menikmati langit biru juga sudah membantu. 

4. Segelas Kopi atau Es Krim untuk Membangkitkan Mood

Ada kalanya mood kita jungkir balik pas mau memulai sesuatu termasuk buat nulis, tetiba ngantuk atau ide ambyar sering juga saya alami. Solusinya tentu segelas kopi panas atau dingin biar mata segar kembali. Selain kopi, saya juga kadang konsumsi satu cup kecil es krim. Berikutnya, terkadang saya juga selingi dengan secangkir cokelat panas. Es krim dan coklat panas bisa bantu mood kembali baik. 

5. Beri Reward Pada Diri Sendiri

Kapan terakhir kali kamu memberi hadiah pada diri sendiri? Coba pikir lagi, kita juga perlu menghargai diri sendiri atas apa yang sudah kita lakukan sampai detik ini. 

Beri afirmasi positif kepada diri sendiri, banyak-banyak berterima kasih karena sudah kuat sampai detik ini, dan sesekali beli reward pada diri sendiri. Bentuk rewardnya nggak harus sesuatu yang mahal, kita bisa beli jajanan yang sedang diinginkan, motoran santai sambil menghirup udara segar, ngopi-ngopi cantik di kafe favorit, ke mall sekedar buat nonton film, atau di rumah aja sambil nonton drama Korea terbaru. Nah buat pecinta KPOP, nulis sambil dengerin lagu-lagu boy band Korea yang cakep-cakep itu udah pasti mood banget ya. 

Dengan memberi reward kecil pada diri sendiri, harapannya mood kita bisa kembali meningkat, dan ide-ide bisa bermunculan. Jadi kita bisa lebih produktif lagi kedepannya. 


Nah itulah tadi teman, 5 cara mengatasi rasa malas menulis konten blog. Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas, bisa bantu kita lebih produktif lagi dalam membuat konten. 

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Ngeblog"

Comment Author Avatar
Sadar banget kalo ternyata suasana baru bikin kita lebih fresh dan jadi punya sudut pandang baru saat nulis.
Aku jadi amazing.
Oh iya juga sii.. timingnya pas yaa.. pas panas-panas gini, sambil minum es, sambil matengin ide buat nulis.