Corona belum juga pergi, tips anti bosan di rumah saat pandemi - Minggu pertama di awal tahun, belum ada kejelasan tentang kapan anak-anak bisa sekolah seperti sedia kala. By the way teman, kalian merasa kebosanan juga nggak? Tentu saja iya ya, biarpun kita sudah berada di era new normal tapi nggak bisa dipungkiri kita masih mengharap kehidupan bisa kembali seperti sebelum badai Corona menerpa.

 

Nggak bisa dipungkiri, hidup di desa lebih memudahkan saya beraktifitas ketimbang yang tinggal di perkotaan. Jadi saya masih (agak) bebas berkegiatan misal ke pasar, ke warung kelontong , atau sesekali mengunjungi tambak di area persawahan. 

 

Kalau anak sudah merasa bosan biasanya mereka akan berulah maksudnya ingin mencari perhatian, nah untuk membunuh kejenuhan, kali ini saya mau membagikan beberapa tips anti bosan di rumah saat pandemi. Tips ini bisa kita terapkan bersama keluarga biar makin seru ya.

 

Tips anti bosan di rumah saat pandemi.

Mulai berkreasi melalui seni

Saat sudah mengalami kebosanan kita bisa mengajari anak menggambar dan mewarnai, arahkan mereka untuk mengembangkan imajinasinya melalui warna dan bentuk yang mereka buat.

Selain menggambar, kita juga bisa ajak anak-anak untuk bermain musik dan bahkan untuk yang hobi ngedance juga menarik kalau bisa dikerjakan bareng keluarga. Berkreasi melalui seni seperti ini bisa meningkatkan motorik kasar anak juga kordinasi tangan dan matanya.

 

Mengajarkan anak berkebun.

Anak-anak biasanya suka mencoba hal baru, jadi kalau memiliki halaman yang bisa di tanami kita bisa mengajak mereka untuk belajar berkebun, tapi kalau nggak punya pekarangan kita tetap bisa menggunakan pot. Sebagai permulaan kita bisa mulai dengan menanam bunga atau bumbu dapur, sesekali ajak mereka memantau perkembangan tanamannya. Anak akna bahagia saat melihat tanamannya tumbuh subur, kegiatan ini juga bisa melatih kesabarannya lho. Setelah berkebun jangan lupa membersihkan diri dengan cuci tangan yang bersih ya.

 

Memasak dan mencoba resep baru.

selama lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, biasanya konsumsi makanan meningkat hampir 2 kali lipat. Jadi nggak ada salahnya nih kalau kita mengajak anggota keluarga memasak bersama juga mencoba resep-resep baru yang simpel.

Memasak bersama ini juga bertujuan agar anak-anak paham bagaimana perjuangan kita menyediakan makanan yang biasanya langsung mereka nikmati, agar anak lebih bersyukur dan tidak membuang-buang makanannya. Tapi perlu diperhatikan, saat memasak bersama pastikan anak-anak aman dari benda tajam ya.

 

Memancing.

Kegiatan seru yang bisa kita lakukan dengan keluarga berikutnya ialah memancing. Beruntungnya saya tinggal di desa yang masih berdekatan dengan tambak dan sawah jadi kalau mau memancing nggak perlu pergi jauh dari rumah. Ajarkan anak merakit kail, memasang umpan dan melemparkan joran. Kegiatan ini juga akan melatih kesabarannya saat menunggui umpan dimakan ikan dan saat mendapatkan ikan anak akan bahagia.

 

 

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan bersama keluarga untuk mengatasi kejenuhan selama pandemi corona ini melanda. Tapi kita tetap menerapkan tindakan pencegahan Corona selama melakukan aktifitas tersebut ya.


kegiatan positif lainnya sudah pernah saya tulis resep donat anti gagal untuk menemani wfh dan masakan mini, cara mengisi liburan sekolah


Sesekali ajak anggota keluarga termasuk anak untuk berdiskusi tentang hal sekitar termasuk tentang pandemi Corona ini agar nantinya anak akan paham mengapa semua orang harus melakukan physical distancing juga tindakan pencegahan lainnya. Diskusi seperti ini juga efektif mengurangi kecemasan anak dengan apa yang terjadi.

 

Jadi sampai sini dulu tips anti bosan di rumah saat pandemi. Ingat ya, tetap sehat, tetap semangat dan selalu jaga imunitas tubuh ya.


1 Komentar

  1. Mengajarkan anak berkebun itu asik sih kak. Ternyata gardening emang menyenangkan. AKu yang dulu sama sekali gak suka gardening, jadi menikmati melakukannya saat pandemi. Apalagi pas panen sawi organik yang ditanam sendiri. Bangga.

    BalasHapus

Posting Komentar