Sudah masuk minggu ke empat bulan Januari nih teman, sampai sekarang belum juga ada kejelasan tentang kapan sekolah akan kembali seperti semula. Nggak bisa dipungkiri sih, kalau anak harus sekolah dari rumah orang tua khususnya ibu pasti dibuat puyeng karena harus ikut mendampingi anak belajar setiap hari.

 

Sebenarnya ada baiknya juga saat kita ikut mendampingi anak belajar di rumah, kita jadi bisa ikut mengingat-ingat kembali pelajaran yang dulu juga kita pelajari. Diawal-awal memang saya sering merasa pusing dan kebakaran jenggot saat mendampingi anak belajar tapi makin kesini sudah lebih enjoy sih, nah agar nggak bosan dan malah puyeng akhirnya saya mencari metode yang tepat saat mendampingi anak belajar dari rumah.

 

Tips mendampingi anak belajar dari rumah.

Sejak pandemi covid-19 ini kita harus lebih inovatif saat mendampingi anak, dan kita bisa ikuti tips berikut ini:

1. Berikan suasana belajar yang kondusif

Anak akan mudah saat belajar di rumah saat kita memberikan suasana yang kondusif, anak tidak harus selalu belajar di satu ruangan saja. Dengan begini cara mendampingi anak belajar di rumah akan lebih menyenangkan, Kita juga bisa mengajaknya belajar di luar ruangan misalkan di teras rumah dan usahakan jangan ada suara televisi, suara musik atau suara gaduh lainnya agar anak lebih mudah saat berkonsentrasi dan menyerap ilmu yang didapat.

 

2. Mengatur jadwal belajar harian

Biarpun anak belajar dari rumah tapi kita tetap harus mendisiplinkan mereka, seperti mengikuti jadwal harian seperti saat mereka sekolah seperti biasa mulai dari mandi, bangun pagi, sholat dhuha dan mengikuti pelajaran dengan baik. Selain itu jangan lupa memberi jeda beberapa waktu agar anak bisa istirahat atau sekedar makan cemilan lalu lanjut pelajaran lagi.

 

3. Mempersiapkan dana untuk kuota internet

Kalau anak belajar secara online tentu hal utama yang harus kita persiapkan adalah kuota internet atau wifi yang kencang. Karena tingkat penggunaan internet akan lebih banyak jadi kita harus mengalokasikan sebagian anggaran belanja untuk kuota internet atau wifi ini.

 

4. Pakai cara belajar yang menyenangkan

Cara mendampingi anak belajar di rumah selanjutnya ialah pakai cara belajar yang menyenangkan. Berbeda saat anak belajar di sekolah yang banyak teman, saat anak belajar di rumah akan cenderung mudah bosan karena belajar sendirian. Cara membuat anak nyaman belajar agar tidak mudah bosan, kita bisa menggunakan cara yang kreatif seperti menghitung menggunakan biji-bijian atau menggunakan mainan favorit mereka, kuncinya kitalah sebagai orang tua yang harus kreatif dalam membentuk metode belajar yang menyenangkan.

 

5. Gunakan materi dari situs pendidikan resmi secara gratis

Saat orang tua sudah kehabisan materi untuk diajarkan kepada anak, kita bisa memanfaatkan materi yang tersedia pada situs pendidikan resmi secara gratis. Karena pemerintah melalui Kemendikbud  sudah bekerjasama dengan situs pendidikan resmi dan kredibel untuk mendukung belajar mengajar anak secara daring selama pandemi ini.


Kelebihannya lagi, situs-situs ini bisa kita akses secara gratis, biarpun umumnya anak sudah mendapatkan arahan tentang bahan bacaan dan materi di buku pelajarannya tapi kita juga harus menyiapkan bahan diluar materi yang ada, agar anak lebih banyak mendapatkan pengetahuan baru. beberapa situs yang bisa kita gunakan sebagai acuan ialah Rumah Belajar, Ruang Guru dan Quipper School.

 

6. Memanfaatkan waktu

Sekolah dirumahkan bisa dianggap menjadi berkah tersendiri ya teman. Jadi jangan hanya melihat dari sisi yang kurang baik, kita bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda, contohnya kita bisa memiliki waktu lebih banyak dengan anak-anak. manfaatkan kebersamaan ini dengan belajar berbagai hal baru termasuk diluar jam pelajaran.Lebih banyak waktu dengan anak ini bisa kita manfaatkan dengan baik dengan mengajak mereka berdiskusi tentang keadaan yang ada, membuat kreasi bersama atau sekedar membuat camilan kesukaan anak.

baca juga: 

resep cireng bumbu rujak

resep donat anti gagal


Nah, itulah tadi tips mendampingi anak belajar dari rumah. Dengan menerapkan tips ini, mendampingi anak belajar akan lebih seru dan nggak kebakaran jenggot lagi ya..

Post a Comment