Tips jalani work life balance

Work Life Balance, Apa Itu? - Suatu kali saya pernah seperti kehabisan energi untuk menghadapi beberapa hal yang terjadi dalam waktu yang berbarengan. Dan sejak jadi blogger saya udah jarang banget curhat dengan orang lain, ya paling mentok sih curhat ke suami aja. Tapi kalau lagi nggak pengen curhat sama siapapun pilihannya saya nyampah di Twitter.


Menurut saya Twitter ialah tempat nyampah paling nyaman karena tetangga dan saudara saya jarang ada yang pakai aplikasi ini. Jadi beneran berasa nyaman banget mau ngetwit apapun berasa jadi diri sendiri.


Jadi waktu itu, saya lagi ngetwit tentang apa yang saya rasakan. Nah ada seorang teman yang reply tweet saya, beliau bilang “selama ini nulis tentang work life balance”. Seketika saya kaget, ternyata biarpun nggak dekat tapi ada teman yang memperhatikan kita. Jujur saya terharu waktu itu, makanya saya sekarang cerita. hehe

 

Apa itu Work Life Balance?

Work life balance itu sendiri punya pengertian suatu keadaan di mana seseorang mampu mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan tanggung jawab lainnya. Jadi kondisi ini membantu agar terjadi keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.


Jadi dengan menerapkan work life balance ini harapannya kita bisa jadi lebih produktif dalam bekerja, memiliki keuangan yang stabil, adanya keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan keluarga, dan juga hidup kita jadi lebih tentram dan bahagia dengan tubuh yang sehat.


Dulu sebelum menikah saya pernah bekerja di luar kota, sayangnya ada satu kondisi di mana saya harus pulang ke kampung halaman dan harus berhenti bekerja. Tapi karena saya termasuk tipe orang yang nggak bisa diam jadi saya mencoba bisnis ini dan itu sampai punya 2 orang anak, saat hamil anak ke 3 saya harus bed rest jadi bisnis saya juga harus berhenti, makin stress dengan kondisi yang saya alami lalu saya putar otak, apa yang bisa saya kerjakan kedepannya?


Dan Alhamdulillah berbekal hobi nulis yang saya miliki selama ini, ketemulah saya dengan dunia blogging yang saya geluti selama ini dan yang bikin saya happy karena tetap bisa dapat penghasilan biarpun dari rumah. Ya biarpun sebenarnya tantangannya lumayan besar antara mengurus rumah, mengurus 3 orang anak, dan juga kerja tapi ya tetap harus disyukuri.

 

Tips Menjalani Work Life Balance Agar Tetap Happy

1. Rajin Bersyukur

Selalu bersyukur dan ikhlas apapun situasinya, bersyukur mulai dari hal-hal kecil yang kita rasakan dalam hidup kita. Ketika bangun tidur jangan lupa bersyukur atas badan yang sehat dan juga oksigen yang kita hirup, sebelum tidur juga jangan lupa sempatkan bersyukur atas rizki yang sudah kita dapatkan seharian ini.


Melihat ke atas memang baik sebagai motivasi, tapi kita juga harus sering melihat ke bawah agar lebih banyak bersyukur. Tau sendiri kan di musim pandemi kemarin banyak yang kehilangan pekerjaan, kondisi jadi nggak menentu. Jadi saya sendiri harus banyak-banyak bersyukur karena bisa tetap dapat penghasilan biarpun hanya dari rumah.

 

2. Pembagian Waktu yang Seimbang

Membagi waktu ini yang seringnya masih sulit saya lakukan, salah satu alasannya karena jam tidur baby Hazel yang nggak teratur. tapi biarpun begitu, sebisa mungkin saya selalu berusaha untuk menyeimbangkan waktu antara mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus 3 orang anak, dan juga menjalani pekerjaan saya di dunia digital yang nggak semudah seperti apa yang orang pikirkan.


Karena anak saya yang paling kecil masih belum sekolah jadi saya harus bagi waktu antara mendampingi anak main dan belajar di rumah dan juga sambil mengerjakan pekerjaan digital saya. pastinya saya harus seimbang untuk bagi waktunya, jangan sampai anak saya jadi kurang perhatian gegara saya lebih sering menatap layar laptop dan juga gadget.


 

3. Jaga Pola Makan dan Olah Raga

Semakin bertambah usia kita harus hati-hati dalam menjaga pola makan, selalu makan makanan yang bergizi seimbang, lengkapi dengan sayur dan juga buah-buahan. Sebagai reward untuk kerja keras selama ini, sesekali kita bisa ajak keluarga makan di luar, biar keluarga juga happy.


Sempatkan olah raga ringan di sela menjalani kesibukan harian, nggak perlu olah raga yang berat kok karena kita juga bisa melakukan olah raga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah seperti senam, naik turun tangga, dll.

 

4. Sempatkan Me Time atau Liburan Bareng Keluarga

Demi menjaga kewarasan, beberapa waktu belakangan saya suka pamitan ke pak su untuk melipir sejenak buat me time, seperti naik motor sambil menghirup udara segar, ngopi di kafe, atau sekedar nonton film di rumah sambil ngopi-ngopi cantik. Saya merasa ada kalanya saya butuh waktu sendirian untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran yang sudah bekerja keras.


Liburan bareng keluarga juga bisa jadi pilihan buat menyegarkan pikiran, nggak harus ke tempat yang jauh kok. Kita bisa pilih tempat yang dekat dari rumah, santai sambil piknik jadi kegiatan yang menyenangkan lho. Beberapa rekomendasi Wisata menarik juga saya dapatkan dari kak Siti Nurjanah seorang Lifestyle blogger yang juga suka membagikan pengalaman travelingnya ke berbagai kota.

 

Jadi, kalian juga bisa menerapkan work life balance ya. Gampang kan!

 


16 Komentar

  1. Intinya semua harus seimbang ya, Mbak. Dan semua itu bisa kita atur sendiri, karena yang paling tahu tentang diri kita, ya kita sendiri. Dan tipsnya bagus sekali, Mbak, dengan kunci utama bersyukur diri. Karena kalau sudah bersyukur, maka akan bisa menjalani tahap-tahap selanjutnya.

    BalasHapus
  2. nah iniiii yang lagi jadi PR banget buat aku sih, keterbatasan waktu luang bikin stres, haha. Mau jalan-jalan ke tempat yang deket aja, ga jadi-jadi mulu huhu

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, menjalani hidup harus seimbang ya supaya tidak gampang bosan atau jenuh. Jujur rutinitas menjadi ibu rumah tangga kadang terasa membosankan kalau tidak diselingi dengan me time atau mensyukuri atas apa yang kita dapatkan ya. Dan intinya bahagia itu didapat bila kita bisa menyeimbangkan hidup kita.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah selalu cukup dan bersyukur jadi kunci hidup bahagia ya kak. Jika hidup tidak seimbang, maka ketenangan batin pun sulit di dapat. Kerja boleh, tapi jangan lupa hal lain yang bisa bikin hati dan pikiran relax

    BalasHapus
  5. ini yang kuterapkan sekarang sih kak, berusaha untuk working with balance life. Menjaga tetep waras dan membuat hidup lebih happy dan bersemangat. semua sesuai target

    BalasHapus
  6. Keseimbangan memang perlu terjaga, agar senantiasa bersyukur dan bahagia.
    Daku pun sama seperti kak Fio, demen nge-tweet soalnya lebih lepas aja walau cuma beberapa karakter haha

    BalasHapus
  7. Memang kalau nggak balance. bawaannya ada yang hilang yaa.. terus jadi uring-uringan. Beda kalau bisa berupaya work life balance, hari-hari terasa lebih ringan dan cerah ceria :)

    BalasHapus
  8. Ah iya
    Harus balance
    Penting juga untuk jaga pola hidup sehat
    Yang masih PR Tu olahraga teratur

    BalasHapus
  9. Aku pernah baca tulisan SEO salah sayu startup mbak, dia bilang kalau wlb ini akan susah terwujud kalau kita mengejar goals (dalam satu pekerjaan tertentu). Memang benar ya apa yg dibilang, kalau kerja lagi padet memang terasa banget ngos-ngosannya

    BalasHapus
  10. me time penting sih. kalau aku walau me time cuma nonton bioskop dan sendirian, tetapi tetep wajib dilakuin haha.

    BalasHapus
  11. work life balance susah banget kita capai dimasa sekarang ini, apalagi kalau punya sifat gak enakan, disuruh ngerjain tugas langsung gass padahal sebenarnya lagi keteteran banyak DL.. dasar akuu

    BalasHapus
  12. Yuppp harus imbang dan pastinya rasa bersyukur, ikhlas, tidak memiliki dendam bikin hidup sehat karena sehat itu sangat berpengaruh dg fikiran.

    BalasHapus
  13. Work Life Balance ini menurut saya memang penting banget untuk disosialisasikan atau diedukasikan kepada orang banyak, agar lebih cerdas lagi dalam membagi waktu antara pekerjaan, kelaurga, dan tanggung jawab lainnya.

    BalasHapus
  14. Bener sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, semua harus seimbang. Tak terkecuali dengan pekerjaan

    BalasHapus
  15. Kunci dari segala kebahagiaan adalah di rasa syukur yaa, kak..
    Alhamdulillah, meski ada yang terhenti (aktivitas bisnis) tetap Allah mudahkan dengan aktivitas menulis dan sumber-sumber rejeki lain yang bikin Work life balance tetap terjaga.

    BalasHapus
  16. menurut saya sih kalo soal work life balance tuh kuncinya ada pada manajemen waktu dan kedisiplinan yaa mba.. jadi semuanya bisa berjalan lancar srta beriringan

    BalasHapus

Posting Komentar