Mengintip Keindahan Wisata Alam Setigi Gresik

 

Wisata setigi

Mengintip Keindahan Wisata Alam Setigi Gresik - Memanfaatkan momen libur sekolah kemarin, biar nggak mati gaya gegara frugal living yang lagi hits itu. Tepatnya tanggal 27 Juni 2023 saya dan keluarga berkunjung ke Wisata Alam Setigi yang letaknya di desa Sekapuk, Panceng, kab. Gresik, Jawa Timur. Kawasan wisata yang diresmikan pada awal Januari 2020 ini udah cukup hits di kalangan masyarakat, gimana nggak, karena disini menawarkan pemandangan bekas galian tambang batu kapur dengan luas sekitar 5 hektar.

Awalnya bekas tambang ini terlihat kumuh dan dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar, tapi setelah dikelola oleh BUMDES dan juga pemerintahan desa, lokasi ini kemudian dijadikan sebuah objek wisata yang konsepnya hampir seperti Tebing Breksi Jogja. Penamaan Setigi sendiri ialah kependekan dari Selo yang berarti batu, Tirto yang berarti air, dan Giri yang berarti bukit. Jadi Wisata Alam Setigi merupakan sebuah barisan bukit kapur masif dan panjang berwarna putih, serta banyak juga yang menyebutnya mirip kastil Yunani. Dan di blog Fiona ini saya mau menceritakan gimana keindahan Wisata setigi ini, yuk lanjut. 


Setigi


Keindahan Wisata Alam Setigi 

Tiba di gerbang masuk lokasi wisata Setigi, kita akan disuguhi rindangnya pepohonan hijau. Selanjutnya kita akan bertemu dengan jalan bercabang yang mengarahkan ke berbagai lokasi, diantaranya ada Goa Panca Warna, Nogo Giri Pancuran, Danau, Kolam Renang, Patung Semar, RM. Setigi, Pasar Kuliner, Candi Topeng Nusantara, Panggung Batu, dll.

Lokasi parkiran sangat luas berada tengah, karena berada diantara tebing batu kapur jadi sekeliling terlihat terang cenderung silau. Kalau datang kesini saya sarankan kalian bawa topi, atau pelindung sinar matahari seperti sunscreen dan lainnya. Tapi buat yang nggak bawa, kalian bisa beli di area pedagang cinderamata tak jauh dari lokasi parkiran. 

Geser sedikit dari area parkir, kita akan masuk ke Terowongan Bahagia, terowongan ini juga terbentuk dari bekas galian batu kapur. Keluar dari terowongan terdapat mini zoo yang isinya ada iguana, beberapa jenis burung, kelinci, dll. Area ini juga menyatu dengan area kuliner, toilet dan gazebo yang luas untuk bersantai. 


Wisata gresik

Setigi


Santai di Area Danau dengan Air Mancur Buatan

Lelah mengelilingi area batu kapur yang luas, kita bisa santai di tepi danau dengan view yang cantik plus air mancur buatan yang menambah cantik suasana. Kita bisa memberi makan ikan-ikan yang ada di danau ini dengan membeli pakan ikan dengan harga 3k aja.

Di danau ini juga terdapat jembatan yang berada tepat di tengah danau, di ujung jembatan ada beberapa rumah adat Papua. Lokasi danau ini sangat sejuk, di sekelilingnya banyak terdapat pohon dengan ukuran yang lumayan tinggi, dan terdapat gazebo-gazebo kecil yang tersebar di beberapa tempat. 

Pada sisi kanan danau terdapat patung Semar yang letaknya tak jauh dari air mancur, geser sedikit ke arah kanan lagi kita bisa menuju ke panggung batu dengan ukiran dengan aksara jawa. Tepat di sampingnya ada tangga batu menuju ke atas bukit, di atas sini kita bisa melihat view Setigi ini dari atas bukit dan kita juga bisa melihat gimana proses para pekerja menambang batu. Oh iya, di atas bukit ini juga terdapat spot-spot foto tematik seperti balon udara, kapal yang terbuat dari bambu, dan masih banyak lagi.


Wisata gresik


Mau Renang? di Setigi Juga Ada!

Datang ke Wisata Alam Setigi ini kalian nggak bakal kehabisan spot foto karena banyak spot-spot cantik selain yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Banyak pepohonan besar yang rindang diantara bebatuan kapur sudah pasti bikin latar yang cakep buat foto kamu. Ada banyak gazebo tersebar di setiap tempat, jadi kalau capek jalan kita tinggal santai di gazebo menikmati udara segar sambil makan yang udah kami siapkan dari rumah. Dan bisa dibilang kebersihannya lumayan terjaga, saat berkeliling saya hampir jarang bertemu sampah.

Buat yang suka renang, tenang aja Wisata Alam Setigi ini juga punya kolam renang. Sayangnya karena kolam renangnya ada di out door tanpa ada bangunan pendukung jadi terlihat panas, saya pun urung ajak anak berenang di sana. Di area kolam renang sendiri terdapat berbagai spot yang Instagramable seperti: Taman Desa, Gerbang Ghoib, Patung Gopala, Patung Duarapala, dll. Di sini saya cukup berjalan berkeliling sambil sesekali mengabadikan foto.


Selo tirto giri


Oh iya teman. Selain jalan-jalan menikmati keindahan alam seperti ini, kalo sedang ingin me time apa sih yang kalian lakukan? Baru-baru ini saya lagi pengen nonton Film Indonesia atau kalo nggak, saya pilih makan beberapa menu baru, referensinya dari kak Farida seorang blogger makanan

Wisata Setigi ini menawarkan panorama alam yang cantik dengan view bebatuan kapur yang dipahat dengan berbagai bentuk. Biarpun di beberapa lokasi terasa silau karena batuan kapur berwarna putih bersih terpapar sinar matahari, tapi kita bisa berteduh di area-area yang sudah disediakan oleh pengelola. 

Jadi siapa sangka, bekas tambang batu kapur yang terlihat kumuh bisa disulap jadi lokasi wisata dengan konsep yang cantik seperti ini. Warga Jatim, kalian udah kesini belum? 


Harga tiket setigi


Wisata Alam Setigi (Selo, Tirto, Giri) 

Alamat : Desa Area Sawah, Sekapuk, Kec. Panceng, Kab. Gresik Jawa Timur. 

Jam operasional : 08.00 - 17.00

Harga tiket : hari biasa, dewasa 20k dan anak-anak 10k. Hari libur, dewasa 30k dan anak-anak 10k.


Wisata gresik

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Mengintip Keindahan Wisata Alam Setigi Gresik"

Comment Author Avatar
Aku baru tahu ada tempat bernama setiap di Gresik. Boleh nih, kapan-kapan mampir